Mata Pelajaran: Matematika
No | SKL | Tkt Ranah | STANDAR KOMPETESI | KOMPETENSI DASAR | Kelas | |||||
X | XI | XII | ||||||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | |||||
| 1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah | C3 | 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat | 1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma 1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma 2.1 Memahami konsep fungsi 2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat 2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 2.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat 2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya | V v | | | | | |
ANALISIS STANDAR ISI
(KERANGKA DASAR, STRUKRTUR, BEBAN BELAJAR DAN KALENDER PEN DIDIKANB)
SMA NEGERI 2 BANDUNG
Komponen | Sub Komponen | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Rencana tindak Lanjut |
1.2 Dokumen Silabus | 1.2.5 Melakukan pengintegrasian substansi/bahan kajian keunggulan lokal, pada mata pelajaran tertentu yang relevan da mengembangkannya dalam silabus dan RPP | Sekolah mengembangkan keunggulan lokal dengan mengintegrasikannnya pada mata pelajaran yang relevan | Sekolah telah menyeleng-garakan program keunggulan lokal tetapi belum mengintegrasikannya dalam silabus dan RPP mata pelajaran | Melalukan anallisis internal dan ekternal tentang peberapan keunggulan lokal dan mengintegrasikannya pada mata pelajaran yang relevan |
ANALISIS TUJUAN
Mata Pelajaran: Matematika
Tujuan | Ranah Kompetensi | Substansi Materi | Implementasi dalam pembelajaran (Hubungan dg KD) | ||
C | A | P | |||
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh | V | | | · Seluruh materi esensial matematika · Mengaplikasikan matematia dalam kehidupan | Terkolaborasi dalam seluruh KD |
ANALISIS / PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Program : X / 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkatan Ranah KD | Indikator Pencapaian | Tingkatan Ranah IPK | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma | 1.3 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma | C 2 C3 | · Siswa menyebutkan kermbali teorema atau sifat atiran pangkat, akar dan logaritma · Menyelesaikan soal pemecahan masalah | | Bentuk akar dan logaritma | v | | | 10 x 45 menit |
| | | | | | | | | |
Format Analisis Standar Proses
NO | KOMPONEN | KONDISI IDEAL | KONDISI RIIL | TINDAK LANJUT |
| 3.2 Pelaksanaan Proses Pembelajaran | Jumlah maksimum 32 peserta didik / rombel | Seluruh kelas berisi lebih dari 32 perserta didik / romebl | Secara bertahap dalam tiga tahun ke depan disusun rencana penerimaan tiap robel 32 peserta didik/ rombel |
Analisis Standar Penilaian
NO | KOMPONEN | KONDISI IDEAL | KONDISI RIIL | KESENJANGAN | RENCANA TINDAK LANJUT |
| Mekanisme dan prosedur penilaian | Guru agama melakukan: a) penilaian akhlak mjulia yang merupakan aspek afektik dari kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dengan b) memanfaatkan informasi dari pendidik mata pelajaran lain yang relevan | Guru menilai akhlak mulia berdasarkan pengamatan guru yang bersangkutan, tetapi belum menerima informasi dari guru lain yang relevan | Belum ada data secara tertulis, informasi nilai akhlak mulia dari guru mata pelajaran lain | Melakukan sosialisai dan mneginformasikan kepada guru mata pelajaran yang relevan agar menyampiakn penilaian secara tertulsi kepada guru agama |
Analisis Perencanaan Sekolah
Analisis PERENCANAAN SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA NEGERI 2 BANDUNG
Alamat : Jalan Cihampelas no. 173
Tahun : 2010
Petunjuk Pengisian:
1) Kesesuaian dengan kriteria diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“Ya “ : jika semua kriteria bersesuaian dengan setiap komponen (visi, misi, tujuan dan rencana) yang ada pada satuan pendidikan
“Tidak” : jika ada kriteria yang tidak bersesuaian dengan setiap komponen (visi, misi, tujuan dan rencana) yang ada pada satuan pendidikan
2) Analisis penyesuaian/pemenuhan diisi dengan upaya yang dilakukan satuan pendidikan untuk memenuhi standar pengelolaan sesuai kriteria
3) Alokasi Program diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“1 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Pendek (1 tahun)
“2 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Menengah (4 tahun)
4) Keterangan diisi jika analisis penyesuaian/pemenuhan komponen tersebut tidak memungkinkan untuk diprogramkan dalam jangka pendek dan jangka menengah
No | Kriteria setiap Komponen | Kesesuaian dengan Kriteria | Analisis Penyesuaian/ Pemenuhan | Alokasi Program | ||||||
Ya | Tidak | 1 | 2 | |||||||
I | VISI SEKOLAH | | | | | | ||||
| 1 | Mengacu pada visi , misi dan tujuan pendidikan nasional | V | | | | | |||
| 2 | Mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita tinggi sekolah | V | | | | | |||
| 3 | Berorientasi ke masa depan | V | | | | | |||
| 4 | Mempertimbangkan potensi dan kondisi sekolah serta lingkungannya | V | | | | | |||
| 5 | Kalimat rumusannya mudah dipahami, jelas dan tidak multi tafsir | V | | | | | |||
II | MISI SEKOLAH | | | | | | ||||
| 1 | Memberi arah dalam mewujudkan visi sekolah | V | | | | | |||
| 2 | Merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu | V | | | | | |||
| 3 | Menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan | V | | | | | |||
| 4 | Memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program sekolah | V | | | | | |||
| 5 | Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan sehingga dapat ditinjau secara berkala | V | | | | | |||
III | TUJUAN SEKOLAH | | | | | | ||||
| 1 | Mengacu pada visi dan misi | V | | | | | |||
| 2 | Menggambarkan tingkat kualitas yang dapat dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan) | V | | | | | |||
| 3 | Mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan SMA | V | | | | | |||
| 4 | Rumusannya dapat diukur ketercapaiannya | V | | | | | |||
IV | RENCANA KERJA SEKOLAH | | | | | | ||||
| 1 | Adanya rencana kerja jangka menengah untuk mendukung pencapaian tujuan jangka empat tahunan | V | | | | | |||
| 2 | Rumusan rencana kerja jangka menengah dapat diukur ketercapaiannya | | | | | | |||
| 3 | Adanya rencana kerja tahunan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA-S) | V | | | | | |||
| 4 | Rumusan rencana kerja tahunan dapat diukur ketercapaiannya | V | | | | | |||
Format Analisis Kepemimpinan Sekolah
Analisis KEPEMIMPINAN SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA NEGERI 2 BANDUNG Tahun Analisis : 2010
NSS : 301026006049 Alamat Sekolah : Jalan Cihampelas 173
Nama Kepala Sekolah : H. Teddy Hidayat, S.Pd, M.MPd Bandung
Nama-nama Wakasek : 1 Solihin, S.Pd (Wakasek Bidang Kurikulum)
2 Drs. R.M. Windhuarto (Wakasek Bidang Kesiswaan)
3 Drs. Fredy Trisianly (Wakasek Bidang Sarana Prasarana)
4 Dra. Hj. Suhastini (Wakasek Bidang Humas)
5. dst jika jumlah wakasek lebih dari 4 orang
Petunjuk Pengisian:
1) Kesesuaian dengan kriteria diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“Ya “ : jika semua kriteria bersesuaian dengan setiap indikator/kriteria yang dituliskan
“Tidak” : jika ada kriteria yang tidak bersesuaian dengan setiap indikator/kriteria yang dituliskan
2) Analisis penyesuaian/pemenuhan diisi dengan upaya yang dilakukan satuan pendidikan untuk memenuhi standar pengelolaan sesuai kriteria
3) Alokasi Program diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“1 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Pendek (1 tahun)
“2 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Menengah (4 tahun)
4) Keterangan diisi jika analisis penyesuaian/pemenuhan komponen tersebut tidak memungkinkan untuk diprogramkan dalam jangka pendek dan jangka menengah
No | Kriteria setiap Komponen | Kesesuaian dengan Kriteria | Analisis Penyesuaian/ Pemenuhan | Alokasi Program | |||
Ya | Tidak | 1 | 2 | ||||
I | KEPALA SEKOLAH | | | | | | |
| 1 | Kualifikasi minimal | V | | S-2 | | |
| 2 | Usia Maksimal | V | | | | |
| 3 | Pengalaman mengajar minimal | V | | | | |
| 4 | Pangkat minimal | V | | | | |
| 5 | Status Guru (Guru SMA) | V | | | | |
| 6 | Kepemilikan sertifikat pendidik | V | | | | |
| 7 | Kepemilikan sertifikat kepala sekolah | V | | | | |
| 8 | Kompetensi kepribadian | V | | | | |
| 9 | Kompetensi manajerial | V | | | | |
| 10 | Kompetensi kewirausahaan | V | | | | |
| 11 | Kompetensi supervisi | V | | | | |
| 12 | Kompetensi sosial | V | | | | |
II | WAKIL KEPALA SEKOLAH | | | | | | |
| 1 | Jumlah minimal | V | | | | |
| 2 | Kriteria pengangkatan wakasek | V | | | | |
| 3 | Kemampuan dan keterampilan yang dimiliki: | | | | | |
| | Wakasek Bidang Kurikulum | | | | | |
| | a. kemampuan memimpin | V | | | | |
| | b. kepemilikan keterampilan teknis | V | | | | |
| | c. kemitraan dan kerjasama | V | | | | |
| | Wakasek Bidang Kesiswaan | | | | | |
| | a. kemampuan memimpin | V | | | | |
| | b. kepemilikan keterampilan teknis | V | | | | |
| | c. kemitraan dan kerjasama | V | | | | |
| | Wakasek Bidang Ssarana Prasarana | | | | | |
| | a. kemampuan memimpin | V | | | | |
| | b. kepemilikan keterampilan teknis | V | | | | |
| | c. kemitraan dan kerjasama | V | | | | |
| | Wakasek Bidang Humas | | | | | |
| | a. kemampuan memimpin | V | | | | |
| | b. kepemilikan keterampilan teknis | V | | | | |
| | c. kemitraan dan kerjasama | V | | | | |
Contoh Format Analisis Sistem Informasi Manajemen
Analisis SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Nama Sekolah : SMA NEGERI 2 BANDUNG Tahun Analisis : 2010
NSS : 301026006049 Alamat Sekolah : Jalan Cihampelas no. 173
Petunjuk Pengisian:
1) Kesesuaian dengan kriteria diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“Ya “ : jika semua kriteria bersesuaian dengan setiap indikator/kriteria yang dituliskan
“Tidak” : jika ada kriteria yang tidak bersesuaian dengan setiap indikator/kriteria yang dituliskan
2) Analisis penyesuaian/pemenuhan diisi dengan upaya yang dilakukan satuan pendidikan untuk memenuhi standar pengelolaan sesuai kriteria
3) Alokasi Program diisi (dicentang) dengan alternatif pilihan:
“1 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Pendek (1 tahun)
“2 “ :jika analisis penyesuaian/pemenuhan pada komponen yang dimaksud dapat dituangkan dalam Program Jangka Menengah (4 tahun)
4) Keterangan diisi jika analisis penyesuaian/pemenuhan komponen tersebut tidak memungkinkan untuk diprogramkan dalam jangka pendek dan jangka menengah
No | Kriteria / Indikator | Kesesuaian dengan Kriteria | Analisis Penyesuaian/ Pemenuhan | Alokasi Program | ||
Ya | Tidak | 1 | 2 | |||
1 | Kepemilikan sistem informasi manajemen yang mendukung administrasi pendidikan di sekolah | V | | Perlu penataan kembali | v | |
2 | Pengelolaan sistem informasi manajemen yang efisien, efektif dan akuntabel | v | | Perlu efektifitas progra | v | |
3 | Penyediaan fasailitas informasi yang efisien, efektif dan mudah diakses | v | | Perlu efesiensi | V | |
4 | Pelaporan data informasi secara berkala dan berkesinambungan | | v | Penyusunan laporan berkala | v | |
5 | Efektifitas dan efisiensi komunikasi antar warga sekolah di lingkungan sekolah | V | | | | |