ANALISIS KONDISI SATUAN PENDIDIKAN
No | Komponen | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Kesenjangan | Rencana Tindak Lanjut |
1. | Peserta didik | · Jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan belajar adalah 28 peserta didik · Kehadiran peserta didik · Ketuntasan belajar peserta didik | · Jumlah peserta didik satu rombel 32-44 · Kehadiran peseta didik mencapai 97,5% · Ketuntasan peserta didik 95% | · Jumlah peserta didik satu rombel belum sesuai SNP · Masih ada ..... % peserta didik yang belum mencapai ketuntasan | · Mengurangi jumlah siswa setiap kelas secara bertahap · Perlu adanya bimbingan yang lebih bagi siswa yang mengalami hambatan |
2 | Pendidik dan tenaga kependidikan | · beban kerja guru -kurang nya 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu meliputi : -‘ Merencanakan pembelajaran -. Melaksanakan pembelajaran -. Menilai hasil pembelajaran -. Membimbing -. Melatih -. Melaksanakan tugas tambahan · Pendidikan guru minimal S1 · Memiliki kemampuan mengunakan ICT · Latar belakang ilmu sesuai dengan bidang std | · 95 % Pendidikan guru minimal S1 · Beban mengajar guru rata 24 jam · Guru memiliki wawasan berfikir yang luas · Tenaga kependidikan terdiri dari kepsek, tenaga administrasi,tenaga perpustakaan,tenaga laboran · Laboran masih berkualifikasi SMA dengan pengalaman 3 tahun · Memiliki tenaga layanan khusus | · Belum seluruhnya sesuai SNP · Tenaga laboran belum mengikuti pelatihan · Sebagaian besar pendidk berstatus honorer · Beberapa pendidik mengajar tidak sesuai latar belakang pendiikannya | · Meningkatkan kualifikasi pendidik · Mengikutsertakan laboran untuk mengikuti pelatihan · Mempersiapkan jaminan masa depan pendidik yang berstatus honorer |
| | | | | |
ANALISIS KONDISI SATUAN PENDIDIKAN
No | Komponen | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Kesenjangan | Rencana Tindak Lanjut |
| | · Tenaga adminstrasi menguasai computer | · Tenaga adminstrasi menguasai computer · Belum menguasai program SIM | | |
3 | Sarana Prasarana | · Memiliki minimum 3 rombongan belajar dan maksimum 27 rombongan belajar · Lahan · Bangunan gedung · Ruang Kelas · Ruang perpustakaan · Laboratorium biologi · Laboratorium fisika · Laboratorium kimia · Laboratorium komputer · Laboratorium bahasa · Ruang pimpinan · Ruang guru dan · Tempat beribadah · Ruang konseling · Ruang UKS · Ruang organisasi kesiswaan · Jamban · Gudang · Ruang sirkulasi | · Memiliki 35 rombongan belajar · Sesuai ketentuan · Sesuai ketentuan · Satu kelas diisi 32 sampai 44 siswa · Sesuai ketentuan | · Tidak sessuai SNP · Lab.Biologi dan lab. Kimia masih menyatu Lab.Bahasa belum sesuai ketentuan | · Mengurangi jumlah rombongan belajar secara bertahap · Melengkapi sarana yang belum ada sesuai skala prioritas |
ANALISIS KONDISI SATUAN PENDIDIKAN
No | Komponen | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Kesenjangan | Rencana Tindak Lanjut |
4 | Pembiayaan | · mengalokasikan biaya investasi dan biaya operasi · mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan pendidikan · Memliki program dan upaya sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber · memiliki pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional · Menyusun program dan strategi sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber · Menyusun program dan strategi pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada SNP | · mengalokasikan biaya investasi dan biaya operasi · mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan pendidikan · Memliki program dan upaya sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber · memiliki pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional · Menyusun program dan strategi sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber · Menyusun program dan strategi pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada SNP | · Belum meratanya kesadaran orang tua terhadap pembiyaan pendidikan · Pendanaan pendidikan hanya dari orang tua siswa - | · Efektifitas dan efesiensi penggunaan dana · Mengoptimalkan keberdaan koperasi bina sejah tera dan departemen teknologi informasi untuk mendukung pendanaan Kerjasama dengan pihak ketiga yang tidak mengikat - |
5. | Program Sekolah | · Memiliki Dokumen Program Kerja sekolah yang mencakup program rutin dan program rintisan PBKL, · Memiliki program kerja sekolah dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan dokumen KTSP · Menyusun program kerjasama dengan satuan pendidikan formal , lembaga pendidikan non formal dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan | · Tidak Memiliki Dokumen program rintisan PBKL, · Memiliki program kerja sekolah dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan dokumen KTSP · Menyusun program kerjasama dengan satuan pendidikan formal , lembaga pendidikan non formal dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan | · Belum memiliki pengalaman me;aksanakan program PBKL · Konsistensi dinas pendidikan dalam mendukung sekolah swasta | · Menyusun program PBKL · Menyusun Programkerja jangka menengah, dan program tahunan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar