Kamis, 27 Oktober 2011

ANALISIS KONDISI SATUAN PENDIDIKAN TK


ANALISIS  KONDISI  SATUAN PENDIDIKAN

No
Komponen
Kondisi  Ideal
Kondisi  Riil
Kesenjangan
Rencana Tindak Lanjut
1.
Peserta  didik
·     Jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan be­lajar adalah 28 peserta didik
·     Kehadiran peserta didik
·     Ketuntasan belajar peserta didik

·   Jumlah peserta didik satu rombel 32-44
·  Kehadiran peseta didik mencapai 97,5%
·  Ketuntasan peserta didik 95%
·  Jumlah peserta didik satu rombel belum sesuai SNP
·  Masih ada ..... % peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
·  Mengurangi jumlah siswa setiap kelas secara bertahap
·  Perlu adanya bimbingan yang lebih bagi siswa yang mengalami hambatan
2
Pendidik dan tenaga kependidikan
·  beban kerja guru -kurang nya 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu meliputi :
-‘ Merencanakan pembelajaran
-. Melaksanakan
    pembelajaran
-. Menilai hasil   
   pembelajaran
-. Membimbing
-. Melatih
-. Melaksanakan tugas
   tambahan
·  Pendidikan guru minimal S1
·  Memiliki kemampuan mengunakan ICT
·  Latar belakang ilmu sesuai dengan bidang std
·     95 % Pendidikan guru minimal S1
·     Beban mengajar guru rata 24 jam
·     Guru memiliki wawasan berfikir yang luas
·     Tenaga kependidikan terdiri dari kepsek, tenaga administrasi,tenaga perpustakaan,tenaga laboran
·     Laboran masih berkualifikasi SMA dengan pengalaman 3 tahun
·     Memiliki tenaga layanan khusus
·    Belum seluruhnya sesuai SNP
·    Tenaga laboran belum mengikuti pelatihan
·    Sebagaian besar pendidk berstatus honorer
·    Beberapa pendidik mengajar tidak sesuai latar belakang pendiikannya
·      Meningkatkan kualifikasi pendidik
·      Mengikutsertakan laboran untuk mengikuti pelatihan
·  Mempersiapkan jaminan masa depan pendidik yang berstatus honorer







ANALISIS  KONDISI  SATUAN PENDIDIKAN

No
Komponen
Kondisi  Ideal
Kondisi  Riil
Kesenjangan
Rencana Tindak Lanjut


·  Tenaga adminstrasi menguasai computer
·  Tenaga adminstrasi menguasai computer
·  Belum menguasai program SIM


3
Sarana Prasarana
·  Memiliki minimum 3 rombongan belajar dan maksimum 27 rombongan belajar
·  Lahan
·  Bangunan gedung
·  Ruang Kelas
·  Ruang perpustakaan
·  Laboratorium biologi
·  Laboratorium fisika
·  Laboratorium kimia
·  Laboratorium komputer
·  Laboratorium bahasa
·  Ruang pimpinan
·  Ruang guru dan
·  Tempat beribadah
·  Ruang konseling
·  Ruang UKS
·  Ruang organisasi kesiswaan
·  Jamban
·  Gudang
·  Ruang sirkulasi
·  Memiliki 35 rombongan belajar


·  Sesuai ketentuan
·  Sesuai ketentuan
·  Satu kelas diisi 32 sampai 44 siswa
·  Sesuai ketentuan


·    Tidak sessuai SNP
·    Lab.Biologi dan lab. Kimia masih menyatu
Lab.Bahasa belum sesuai ketentuan
·  Mengurangi jumlah rombongan belajar secara bertahap
·    Melengkapi sarana yang belum ada sesuai skala prioritas


ANALISIS  KONDISI  SATUAN PENDIDIKAN

No
Komponen
Kondisi  Ideal
Kondisi  Riil
Kesenjangan
Rencana Tindak Lanjut
4
Pembiayaan
·  mengalokasikan  biaya investasi dan biaya operasi
·  mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan pendidikan
·  Memliki program dan upaya sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber
·  memiliki pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional
·  Menyusun program dan strategi sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber
·  Menyusun program dan strategi pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada SNP
·  mengalokasikan  biaya investasi dan biaya operasi
·  mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan pendidikan
·  Memliki program dan upaya sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber
·  memiliki pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional
·  Menyusun program dan strategi sekolah menggali dan mengelola serta memanfaatkan dana dari berbagai sumber
·   Menyusun program dan strategi pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada SNP
·  Belum meratanya kesadaran orang tua terhadap pembiyaan pendidikan
·  Pendanaan pendidikan hanya dari orang tua siswa












-
·  Efektifitas dan efesiensi penggunaan dana
·  Mengoptimalkan keberdaan koperasi bina sejah tera dan departemen teknologi informasi untuk mendukung pendanaan
Kerjasama dengan pihak ketiga yang tidak mengikat











-
5.
Program  Sekolah
·  Memiliki Dokumen Program Kerja sekolah yang mencakup program rutin dan program rintisan PBKL,
·  Memiliki program kerja sekolah dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan dokumen KTSP
·  Menyusun program kerjasama dengan satuan pendidikan formal , lembaga pendidikan non formal dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan
·  Tidak Memiliki Dokumen  program rintisan PBKL,


·  Memiliki program kerja sekolah dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan dokumen KTSP
·  Menyusun program kerjasama dengan satuan pendidikan formal , lembaga pendidikan non formal dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan
·  Belum memiliki pengalaman me;aksanakan program PBKL
· Konsistensi dinas pendidikan dalam mendukung sekolah swasta
·   Menyusun program PBKL
·    Menyusun Programkerja jangka menengah, dan program tahunan






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar