ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN
No | SKL Satuan Pendidikan | Ranah Pendidikan | Mata Pelajaran / Program | Keterkaiatan dengan visi, misi dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 ) |
1 | Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja | Afektif | Pendidikan Agama, BK, ekstrakokurikuler | Visi SD ....................... Unggul dalam mutu dan prestasi,berwawasan global,relegius,entrepreneur,sebagai agen perubahan, dan pendidikan budaya bangsa |
2 | Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya | Afektif | BK, ekstrakokurikuler | A. Misi Merencanakan hidup dan menata masa depan |
3 | Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya | Afektif | BK / Kn | a. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki. |
4 | Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial | Afektif | BK,Kn, Sosiologi | b. Menumbuhkan semangat berprestasi secara intensif kepada seluruh warga sekolah |
5 | Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global | Afektif | Pend. agama | c. Mendorong dan membantu setiap siswa memngenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal |
6 | Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif | Afektif / Psikomotor / kognetif | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan | d. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dan bertindak |
ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN
No | SKL Satuan Pendidikan | Ranah Pendidikan | Mata Pelajaran / Program | Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 ) |
7 | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan | Kognetif / psikomotor | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris | e. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (Stakeholder). |
8 | Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri | Afektif / Psikomotor / kognetif | Bahasa Indonesia, bahasa inggris | B. Tujuan Sekolah Melaksanakan panca budaya sekolah; budaya belajar, budaya bersih, budaya disiplin, budaya persatuan dan persaudaraan, dan budaya menabung |
9 | Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik | Afektif | Kn, Penjaskes | Unggul dalam mutu dan prestasi |
10 | .Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks | Kognetif / psikomotor | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris | Berfikir kreatif dalam memecahkan masalah |
11 | Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial | Kognetif | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris | 1. Lulusan mampu baca tulis Al – Qur’an bagi yang beragama islam |
12 | Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab | Afektif / Psikomotor / kognetif | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris | |
ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN
No | SKL Satuan Pendidikan | Ranah Pendidikan | Mata Pelajaran / Program | Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 ) |
13 | . Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia | Afektif | Kn , sosiologi | 2. Membangun kompetisi akademik siswa secara internal dan eksternal sekolah ( Kegiatan Kokurikuler dan Pengembangan Diri ). 3. Tercapainya kerjasama dengan Stakeholder |
14 | Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya | Psikomotor | Pendidikan seni | |
15 | . Mengapresiasi karya seni dan budaya | Psikomotor | Pendidikan seni | |
16 | Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok | Psikomotor | Pendidikan seni | |
17 | Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jaSDni, serta kebersihan lingkungan | Psikomotor / Aafektif / kognetif | Penjaskes | |
18 | Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun | Psikomotor / kognetif | Bahasa Indonesia, bahasa inggris | |
ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN
No | SKL Satuan Pendidikan | Ranah Pendidikan | Mata Pelajaran / Program | Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 ) |
19 | Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat | Afektif / kognetif | Kn , Agama Islam | |
20 | Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain | Afektif / kognetif | Kn | |
21 | Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis | Kognetif / psikomotor | Bahasa Indonesia, bahasa inggris | |
22 | Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris | Kognetif / psikomotor | Bahasa Indonesia, bahasa inggris | |
23 | Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi | Kognetif | Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris,Kn, Agama Islam,sejarah | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar