Kamis, 27 Oktober 2011

ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN


ANALISIS  SKL  SATUAN  PENDIDIKAN

No
SKL Satuan Pendidikan
Ranah Pendidikan
Mata Pelajaran / Program
Keterkaiatan dengan visi, misi dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 )
1
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

Afektif
Pendidikan Agama, BK, ekstrakokurikuler
Visi  SD .......................
Unggul dalam mutu dan prestasi,berwawasan global,relegius,entrepreneur,sebagai agen perubahan, dan pendidikan budaya bangsa
2
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
Afektif
BK, ekstrakokurikuler
A.           Misi
Merencanakan hidup dan menata masa depan
3
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
Afektif
BK / Kn
a.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
4
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

Afektif
BK,Kn, Sosiologi
b.    Menumbuhkan semangat berprestasi secara intensif kepada seluruh warga sekolah
5
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

Afektif
Pend. agama
c.    Mendorong dan membantu setiap siswa memngenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
6
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Afektif / Psikomotor / kognetif
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan
d.      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dan bertindak


ANALISIS  SKL  SATUAN  PENDIDIKAN

No
SKL Satuan Pendidikan
Ranah Pendidikan
Mata Pelajaran / Program
Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 )
7
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

Kognetif / psikomotor
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris
e.    Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (Stakeholder).
8
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

Afektif / Psikomotor / kognetif
Bahasa Indonesia, bahasa inggris
B.           Tujuan  Sekolah
Melaksanakan panca budaya sekolah; budaya belajar, budaya bersih, budaya disiplin, budaya persatuan dan persaudaraan, dan budaya menabung
9
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
Afektif
Kn, Penjaskes
Unggul dalam mutu dan prestasi
10
.Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah     kompleks
Kognetif / psikomotor
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris
Berfikir kreatif dalam memecahkan masalah
11
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
Kognetif
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris
1.            Lulusan mampu baca tulis Al – Qur’an bagi yang beragama islam
12
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
Afektif / Psikomotor / kognetif
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris





ANALISIS  SKL  SATUAN  PENDIDIKAN

No
SKL Satuan Pendidikan
Ranah Pendidikan
Mata Pelajaran / Program
Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 )
13
. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Afektif
Kn , sosiologi
2.  Membangun kompetisi akademik siswa secara internal dan eksternal sekolah ( Kegiatan Kokurikuler dan Pengembangan    Diri ).
3.  Tercapainya kerjasama dengan Stakeholder

14
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

Psikomotor
Pendidikan seni

15
. Mengapresiasi karya seni dan budaya
Psikomotor
Pendidikan seni

16
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
Psikomotor
Pendidikan seni

17
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jaSDni, serta kebersihan lingkungan
Psikomotor / Aafektif / kognetif
Penjaskes

18
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
Psikomotor / kognetif
Bahasa Indonesia, bahasa inggris






ANALISIS  SKL  SATUAN  PENDIDIKAN

No
SKL Satuan Pendidikan
Ranah Pendidikan
Mata Pelajaran / Program
Keterkaiatan dengan visi, misis dan tujuan sekolah dalam KTSP ( Dok 1 )
19
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
Afektif / kognetif
Kn , Agama Islam

20
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
Afektif / kognetif
Kn

21
Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
Kognetif / psikomotor
Bahasa Indonesia, bahasa inggris

22
Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
Kognetif / psikomotor
Bahasa Indonesia, bahasa inggris

23
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

Kognetif
Matematika,fisika,kimia,biologi,ekonomi, geografi,ketrampilan, bahasa Indonesia, bahasa inggris,Kn, Agama Islam,sejarah














Tidak ada komentar:

Posting Komentar