ANALISIS STANDAR ISI
Komponen | Deskripsi | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Rencana Tindak Lanjut |
1. Kerangka Dasar Kurikulum | Memuat : 1. Tujuan Pendidikan SD 2. Visi Satuan Pendidikan 3. Misi Satuan Pendidikan 4. Tujuan Satuan Pendidikan | Seluruh kerangka dasar kurikulum dikembangkan dengan acuan hasil analisis SKL satuan pendidikan dan SKL kelompok Mapel | · Seluruh kerangka dasar kurikulum dikembangkan dengan acuan hasil analisis SKL | Perlu ada penyempurnaan setiap tahun |
2. Struktur Kurikulum | A. Struktur kurikulum memuat 1. Pola dan susunan mapel 2. Kebutuhan peserta didik dan satdik 3. Alokasi waktu tatap muka 4. Pemanfaatan 4 jam tambahan 5. Jenis Mapel Mulok | Struktur kurikulum meliputi subtansi pembelajaran yang ditmpuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun dan disusun berdasarkan SKL dan SK mapel | · Pemanfaatan 4 jam belum berdasarkan kebutuan peserta didik tetapi masih berorientasi pada pendalaman materi UN · Jenis Mulok belum berpola pada panduan | Melakukan : · Analisis kebutuhan peserta didik · Analisis Kondisi daerah · Revisi jenis muatan lokal |
| B. KTSP memuat : 1. Mata Pelajaran 2. Muatan Lokal 3. Kegiatan Pengembangan diri 4. Pengaturan beban belajar 5. Ketuntasan belajar 6. Kriteria kenaikan kelas 7. Kriteria penjurusan 8. Pendidikan kecakapa hidup 9. Pendidikan berbasis keunggulan lokal | KTSP dikmbangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada PP 19 , SKL dan SI serta panduan yang dibuat oleh BSNP | · Implementasi pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal masih belum di sisipkan pada SK / KD mapel | Melakukan : · Kajian SK / KD mulok · Penyisipan atau penambahan pada SK / KD pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal |
ANALISIS STANDAR ISI
Komponen | Deskripsi | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Rencana Tindak Lanjut |
3. Beban Belajar | 1. Sistem Pembelajaran | Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban belajar sistem SKS maupun sistem paket pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sistem Paket adalah sistem. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran. | · Beban belajar yang dipakai adalah sistem paket | · Menerapkan pembelajaran sistem SKS |
| 2. Kegiatan Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. | · Implementasi kegiatan pembelajaran dirancang dalam silabus dan RPP | · Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan sarpar sekolah |
ANALISIS STANDAR ISI
Komponen | Deskripsi | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Rencana Tindak Lanjut |
4. Kalender Pendidikan | Memuat : a. permulaan tahun pelajaran, b. minggu efektif belajar, c. waktu pembelajaran efektif dan d. hari libur. | Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. | · Penyusunan kalender pendidikan sesuai dengan SI,kalender dinas pendidikan kota Ternate · Rincian waktu dirumuskan dalam Program tahunan dan program semester | - - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar