Kamis, 27 Oktober 2011

ANALISIS STANDAR ISI


ANALISIS  STANDAR  ISI

Komponen
Deskripsi
Kondisi  Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
1. Kerangka  Dasar  Kurikulum
Memuat :
1. Tujuan Pendidikan SD
2. Visi Satuan Pendidikan
3. Misi Satuan Pendidikan
4. Tujuan Satuan Pendidikan
Seluruh kerangka dasar kurikulum dikembangkan dengan acuan hasil analisis SKL satuan pendidikan dan SKL kelompok Mapel
·        Seluruh kerangka dasar kurikulum dikembangkan dengan acuan hasil analisis SKL
Perlu ada penyempurnaan setiap tahun
2. Struktur  Kurikulum
A. Struktur kurikulum memuat
1. Pola dan susunan mapel
2. Kebutuhan peserta didik dan satdik
3. Alokasi waktu tatap muka
4. Pemanfaatan 4 jam tambahan
5. Jenis Mapel Mulok

Struktur kurikulum meliputi subtansi pembelajaran yang ditmpuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun dan disusun berdasarkan SKL dan SK mapel
·        Pemanfaatan 4 jam belum berdasarkan kebutuan peserta didik tetapi masih berorientasi pada pendalaman materi UN
·        Jenis Mulok belum berpola pada panduan
Melakukan :
·  Analisis kebutuhan peserta didik
·  Analisis Kondisi daerah
·  Revisi jenis muatan lokal


B. KTSP memuat :
1. Mata Pelajaran
2. Muatan Lokal
3. Kegiatan Pengembangan diri
4. Pengaturan beban belajar
5. Ketuntasan belajar
6. Kriteria kenaikan kelas
7. Kriteria penjurusan
8. Pendidikan kecakapa hidup
9. Pendidikan berbasis
    keunggulan lokal




KTSP dikmbangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada PP 19 , SKL dan SI serta panduan yang dibuat oleh BSNP
·        Implementasi pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal masih belum di sisipkan pada SK / KD mapel
Melakukan :
·  Kajian SK / KD mulok
·  Penyisipan atau penambahan pada SK / KD pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal



ANALISIS  STANDAR  ISI

Komponen
Deskripsi
Kondisi  Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
3. Beban Belajar
1. Sistem Pembelajaran




Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban belajar sistem SKS maupun sistem paket pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sistem Paket adalah sistem. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket  dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.

·  Beban belajar yang dipakai adalah sistem paket
·  Menerapkan pembelajaran sistem SKS

2. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.

·  Implementasi kegiatan pembelajaran dirancang dalam silabus dan RPP
·  Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan sarpar sekolah









ANALISIS  STANDAR  ISI

Komponen
Deskripsi
Kondisi  Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
4. Kalender Pendidikan
Memuat :
a.      permulaan tahun pelajaran,
b.     minggu efektif belajar,
c.      waktu pembelajaran efektif dan
d.      hari libur.

Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

·  Penyusunan kalender pendidikan sesuai dengan SI,kalender dinas pendidikan kota Ternate
·  Rincian waktu dirumuskan dalam Program tahunan dan program semester
-





-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar