Rabu, 27 April 2011

KTSP SD


BAB I.
 PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimasukkan  untuk menhasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan kompetensi sumber daya alam indonesia. Peningkatan efisiensi manajeman berbasis sekolah dan perubahan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah dan kesinambungan.
Dalam rangka peningkatan mutu tersebut sekolah perlu mengadakan peningkatan propesional untuk mencapai adanya mutu sekolah, serta meningkatkan fasilitas sekolah dalam mencapai standar nasional. Untuk itu perlu disusun sebuah kurikulumoperasional sekolah yang memacu pada standar nasional yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Desentralisasi pengelolaan pendidikan di harapkan dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan potensi dan kondisi daerah. Bentuk nyata dari desentralisasi pengolahan pendidikan dapat berupa adanya kewenangan sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengolahan kurikulum, baik dalam penyusunan maupun pelaksanaannya di sekolah.
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, serta kesesuaian dengan kekhasan kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memugkinkan penyusunan program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat peraturan jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Mengembangkan kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam mengacu kepada standar pendidikan nasional yang terdiri atas standar isi, proses, kompetensi kelulusan, tenaga kependidikan pembiayaan, sarana dan prasarana, pengolahan, Pemerintah Repoblik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada dan penilaian pendidikan. Namun yang merupakan acuan utama dalam pengembangan kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam adalah Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Kurikulum ini dikembangan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Dan penyusunannya dilakukan oleh tim penyusun yang terdiri dari unsur sekolah dan komite serta di bawah bimbingan nara sumber ahli pendidikan serta supervise Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tujuan pendidikan yang terdapat dalam kurikulum sangat ditentukan sekali oleh potensi tenaga pendidik, peserta didik, kelengkapan sarana dan parasarana, komite sekolah, serta daya dukung masyarakat . kejelasan hal tersebut dapat digambarkan melalui analisis konteks yang melingkupi fakta empirik dari Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam.
Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam terletak di Kenagarian Koto Alam Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang memiliki penduduk yang padat, di mana pada saat ini jumlah siswa di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam berjumlah 167 orang, di mana sebagian besar dari wali murid bekerja sebagai petani, kondisi ini sangat pempengaruhi terhadap perhatian orang tua akan pendidikan anaknya, berkat motivasi dan dorangan dari komite sekolah secara berangsur perhatian orang tua sudah mulai nampak dalam pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam.
Fisik Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam terdiri dari 8 ruang belajar dengan 6 rombongan belajar, 1 ruang majelis guru, 3 unit WC dan 1 pentas. Untuk kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar pemerintah mengangkat dan menugaskan 1 kepala sekolah, 5 orang guru kelas, 1 orang guru Agam Islam, 1 orang guru olahraga, yang merupakan tenaga pendidik dan kependidikan yang defenitif. Dibandingkan dengan jumlah rombongan belajar yang berjumlah 6 rombongan ternyata masih kekurangan 1 orang guru kelas, penjaga sekolah, tata usaha, sebagai tenaga ahli dalam mata pelajaran muatan lokal (bahasa inggris), serta untuk membantu kelancaran jalannya perpustakaan sekolah, maka sekolah bersama komite sepakat untuk mengangkat 7 orang tenaga pendidik dan kependidikan honor untuk memenuhi kebutuhan  di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam, yakni 1 orang guru kelas, 1 orang penjaga sekolah, 1 orang tata usaha, 3 orang  muatan lokal, dan 1 orang petugas perpustakaan. Sehingga saat ini tenaga pendidik sudah terbilang cukup dengan bantuan tenaga honor.
Dari segi kualifikasi pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam dapat dipaparkan sebagai berikut : kualifikasi strata I (SI) 1 orang, terdiri 1 orang PNS, Diploma II (D II) 11 orang  terdiri dari 7 orang PNS dan 4 orang tenaga honor, 2 orang berijazah SMA, dan 1 orang berijazah SMP sebagai tenaga honor yang bertugas sebagai penjaga sekolah. Sedangkan yang sedang mengikukuti pendidikan Strata I (SI) 11 orang, jadi demikian masih ada 11 orang guru yang diharapkan memenuhi kualifikasi pendidikan minimal Strata I (SI) sesuai dengan Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Dari segi kesedian sarana dan parasarana yang ada pada Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam seperti ruang perpustakaan, kursi dan meja murid,lapangan olah raga masih kekurangan, begitupun dengan ruang perpustakaan dan kursi serta meja murid yang masih kekurangan, sarana belajar berupa buku pegangan murid dan alat peraga secara bertahap sudah dapat dipenuhi melalaui Bantuan Operasional Sekolah (BOS),di lain pihak peran aktif orang tua murid melalui komite sekolah pun sudah menunjukkan peran aktifnya guna menunjang kegiatan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam.
Berdasarkan kenyataan di atas sekolah tidak akan mampu bergerak sendiri tampa adanya dukungan yang maksimal dari komite, orang tua murid, dan masyarakat. Peran aktif komite dan kepedulian orang tua,serta masyarakat memang sudah dirasakan kontribusinya oleh sekolah semoga hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa –masa mendatang.
Pada akhirnya Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam ini tetap menjadi sebuah dokumen,yang akan menjadi kenyataan apabila dilaksanakan di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik dikelas maupun di luar kelas hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktif dan kreativitas anak. Para pendidik hendaknya juga mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak sehingga anak betah disekolah. Atas dasar kenyataan tersebut maka pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam hendaknya bersifat mendidik,mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratif, menantang, menyenangkan dan mengasyikan.
  1. Tujuan Pengembangan Kurikulum
Tujuan pengembangan KTSP ini untuk memberikan acuan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya yang ada di sekolah dalam mengembangkan program-program yang akan di laksanakan.
Selain itu, ktsp disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk   
  1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Belajar untuk memahami dan menghayati.
  3. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
  4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain dan.
  5. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri.
C.  Prinsip Pengembangan Kurikulum.
a. Berpusat Pada Potensi, Perkembangan, Kebutuhan, dan Kepentingan Peserta   Didik dan Lingkungannya.
    Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kepotensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut pengembangan kopetensi peserta didik di sesuaikan dengan tuntutan lingkungan. Memiliki potensi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.

b. Beragam Keterpaduan
    Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak distriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi dan jender. Kurikulum merupakan substansi komponen wajib, muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.

c. Tanggap Terhadap Perkembangan Ilmu Pengatahuan, Teknologi Dan Seni.
    Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengatahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengatahuan, teknologi dan seni.

d. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
    Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stake holders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk didalamnya kehidupan bermasyarakat, dunia usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu pengembangan keterampilanpribadi, keterampilan berfikir, keteramilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan rasional merupakan keniscayaan.


e. Menyeluruh Dan Berkesinambungan.
    Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kopetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan di sajiakan secara kesinambungan antar semua jenjang pendidikan.

f. Belajar Sepanjang Hayat
   Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antar unsur-unsur pendidikan formal, non formal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntuan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

g. Seimbang Serta Kepentingan Nasional Dan Kepentingan Daerah
   Kurikulum di kembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan Moto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI).

D.Pengertian Istilah
a. Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
b.Kurikulum Tingkat Kesatuan Pendidikan
   KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

c.Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajara / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi, waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakanpenjabaran standarkompetensi dan kompetensi dasar ke dalam meteri pokok / pembelajaran, kegiata pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

d.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
   Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, meteri ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.



















BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN

A.     Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

B.         Visi dan Misi Sekolah
1.      Visi Sekolah.
Unggul dalam prestasi, beriman, cerdas, terampil, dan berbudi luhur.
2.      Misi Sekolah.
a.   Menciptakan situasi belajar yang menyenangkan.
b.  Membudidayakan tutur kata sopan santun dan bertingkah laku islam.
c.   Menjadikan budaya belajar sebagai pengamalan tingkah laku sehari-hari.
d.  Memiliki kecakapan hidup melalui keterampilan yang dimiliki.

B.         Tujuan Sekolah.
1.        Lulusan Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam di harapkan dapat menguasai dasar-dasar ilmu pengatahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
2.        Peserta didik dapat meraih prestasi akademik maupun non akademik pada setiap lomba yang di ikuti.
3.        Lulusan dapat di terima di sekolah-sekolah paforit.
4.        Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai hasil proses pembelajaran dan kegiatan kebiasaan.








BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.     Standar Isi Dan Standar Kelulusan.
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus di tempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan dan kepribadian; ilmu pengatahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olah raga dan kesehatan.
Struktur kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam meliputi substansi pambelajaran yang di tempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai dari kelas I sampai kelas VI.
Struktur kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a.           Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Koto Alam memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
b.          Substansi mata pelajaran ipa dan ips merupakan “ipa terpadu” dan “ips terpadu”.
c.           Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan temetik, sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.          Alokasi waktu satu pelajaran adalah 35 menit.
e.           Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.
·        Standar Kompetensi Mata Pelajaran.
1.  Pendidikan Agama Islam.
a.       Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
b.      Menunjukkan sikap jujur dan adil.
c.       Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dilingkungan sekitarnya.
d.      Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabat sebagai makhlup tuhan.
e.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntutan agamanya.
f.        Menunjukan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhlup ciptaan tuhan.

2.      Kewarganegaraan Dan Kepribadian.
a.           Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa , negara, dan tanah air indonesia.
b.          Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
c.           Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitar.
d.          Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
e.           Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
f.            Menunjukkan rasa keingintahuan dan kelebihan diri sendiri.
g.           Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
h.           Berkomunikasi secara santun.
i.             Menunjukan kegemaran membaca.
j.            Menunjukan kebisaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
k.          Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
l.             Menunjukkan kemanpuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal.

3.  Ilmu Pengatahuan Dan Teknologi.
a.       Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
b.      Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif dengan bimbingan guru / pendidik.
c.       Menunjukkan rasa keingitahuan yang tinggi.
d.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masaalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
e.       Menunjukkan kemampuan mengenal gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar.
f.        Menunjukkan keterampilan mnyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung.
g.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
4.  Estetika.
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
5.   Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan
a.           Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan menanfaatkan waktu luang.
b.          Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
·        Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Sekolah Dasar.
1.      Pendidikan Agama Islam.
a.           Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam al-Qur’an, mulai surat al fatihah sampai surat al falaq.
b.          Mengenal dan menyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha da Qadar.
c.           Berprilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta mengindari prilaku tercela.
d.          Mengenal dan melaksanakan rukun islam mulai dari bersuci (thaharah).
e.           Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan tokoh-tokoh orang tercela dalam kehidupan nabi.
2.          Pendidikan Kewarganegaraan.
a.           Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
b.          Memehami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di   sekolah.
c.           Memahami hidup tertip dan gotong royong.
d.          Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan   sekolah.
e.           Menampilkan prilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai pancasila.
f.            Memafami sistem pemerintah, baik pada tingat daerah maupun pusat.
g.           Memahami makna keutuhan negara kesatuan repoblik indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-undang , peraturan, kebiasaan, adat istiadat, dan menghargai keputusan bersama.
h.           Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
i.             Memahami hubungan indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negri.
3.          Bahasa Indonesia.
a.           Mendengarkan.
MEMAHAMi wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, diskripsi berbagai peristiwa dan benda disekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita drama, pantun dan cerita rakyat.
b.          Berbicara.
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan , tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, diskripsi peristiwa dan benda sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.
c.           Mambaca.
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memehami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, cerita dan drama.
d.          Menulis.
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita , puisi dan pantun.



4.      Matematika.
a.           Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakan dalam pecahan masalah kehidupan sehari-hari.
b.          Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya serta menerapkannya dalam pemecahan masaalah kehidupan sehari hari.
c.           Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang , luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debid serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
d.          Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
e.           Memahami konsep mengumpulkan data, menyajikan data dengan tabel, gambar dan grafik(diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus serta menerapkannya dalam pemecahan masaalah kehidupan sehari-hari.
f.Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
g.           Memiliki kemampuan logis, kritis, dan kreatif.
5.      Ilmu Pengatahuan Alam.
a.           Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis.
b.           Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhlup hidup dan lingkungannya.
c.           Memahami bagian tubuh pada manusia, hewan, tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhlup hidup .
d.          Memahami berbagai sifat banda hubungannya dengan penyusunannya, perubahan wujud benda, dan kegunaanya.
e.           Mamahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya.
f.Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakkan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia.

6.      Ilmu Pengatahuan Sosial.
a.           Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukkan keluarga.
b.          Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama diantara keduanya.
c.           Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
d.          Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
e.           Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di indonesia.
f.            Menghargai peranan tokoh pejuang dalam pempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia.
g.           Memahami perkembangan wilayah indonesia, keadaan sosial negara di asia tenggara serta benua-benua.
h.           Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam.
i.             Memahami peranan indonesia di era global.
7.      Seni Budaya Dan Keterampilan.
Seni Rupa.
a.           Mengapresikan dan mengekspresikan karakteristik karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat.
b.          Mengapresikan dan mengekspresikan karakteristik karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan pelastisin / tanah liat yang ada di daerah setempat.
c.           Mengapresiasi dan mengekspresikan keunukan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias denganteknik batik.
d.          Manapresiasikan dan mengekpresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas.
e.           mengapresiasikan dan mengepresiakan keunikan karya seni rupa nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat.
Seni Musik.
a.           Mengapresiasi dan mengepresikan karya seni musik dengan memperhatikandinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat.
b.          Mengapresiasikan dan mengepresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/ lagu wajib, daerah dan nusantara.
c.           Mengapresiasi dan mengepresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat.
                        Seni Tari.
a.           Mengapesiasi dan mengepresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dengan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah setempat.
b.          Mengapresiasi dan mengepresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari nusantara.
c.           Mengapresiasi dan mengepresikan perpaduan karya seni tari dan musik nusantara.
                        Keterampilan.
a.           Mengapresiasi dan membuat karya kerajian daerah setempat dengan teknik konsttuksi.
b.          Mengapresiasi dan membuat karya kerajian dan benda permaianandengan teknik meronce dan makrame.
c.           Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan.
d.          Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan.
8.      Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan.
a.           Mempraktekkan gerak dasar lari,lompat,dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai –nilai dasar sportivitas seperti kejujuran,kerja sama,dan lain-lain.
b.          Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi,senam kesegaran jasmani( SKJ ) dan aerobik.
c.           Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat,serta senam lantai.
d.          Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
e.           Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot.
f.            Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik dan lain-lain.
g.           Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan,mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba.
9.      Bahasa Inggris.
a.           Mendengarkan.
Memahami intruasi, informasi dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
b.          Berbicara.
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana, inter pesonal dan transaksional sangat sederhana dalam bentuk intruksi dan onformasi dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
c.           Membaca.
Membaca nyaring dan memahami makna dalam intrusi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
d.          Menulis.
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
B. Struktur Kurikulum
Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 6 ayat ( 1) menyatakan bahwa struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
1.          Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2.          Kelompok mata pelajaran kewarganwgaraan dan kepribadian.
3.          Kelompok mata pelajaran ilmu pengatahuan dan teknologi.
4.          Kelompok mata pelajaran estetika.
5.          Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran untuk jenjang SD/MI/SDLB disajikan pada tabel 1
no
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1
Agama dan akhlak mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
2
Kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kehidupan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta peningkatan kaulitas dirinya sebagai manusia kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta prilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme
3
Ilmu pengatahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengatahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB/paket A dimaksudkan untuk mengenal , menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengatahuan dan teknologi, serta mananamkan kebiasaan berfikir dan berprilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri
4
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetikadimaksudkan untuk meningkatkan sensivitas, kemampuan mengempresikan keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengepresikan keindahan serta harmoni mencankup apresiasi dan ekspesi, baik dalam kehidupan induvidu sehingga mampu meningmati dan mensyukuri hidup, mampu dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis
5
Jasmani, olah raga, dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan  SD/MI/SDLB/Paket A dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan prilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari prilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah

Selanjudnya dalam pasal 7 peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan di jalaskan pula bahwa:
1.          Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan / atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan.
2.          Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan / atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni, dan budaya dan pendidikan jasmani.
3.          Kelompok mata pelajaran ilmu pengatahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan / atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengatahuan alam, ilmu pengatahuan sosial, keterampilan,/ kejujuran, dan muatan lokal yang relevan.
4.          Kelompok mata pelajaran estetika pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan / atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan dan muatan lokal yang relevan.
5.          Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan / atau kegiatan pandidikan jasmani, olah raga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan SD adalah sebagai berikut :
NO
Komponen
Alokasi waktu

kelas

1
2
3
4
5
6

A
Mata Pelajaran
TEMATIK




1
PAI
3
3
3

2
Pendididikan Kewarganegaran
2
2
2

3
Bahasa Indonesia
6
6
6

4
Matematika
5
5
5

5
Ilmu Pengatahuan Alam
5
5
5

6
Ilmu Pengatahuan Sosial
5
5
5

7
Seni Budaya Dan Keterampilan
2
2
2

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan
3
3
3

B
Muatan lokal





a. BAM/KTM
2
2
2


b. Metode Iqrok
2
2
2


c. Bahasa Inggris
1
1
1

C
Pengembangan Diri
2*
2*
2*


Jumlah
30
31
32
36
36
36












C.         Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum SDN 01 Koto Alam meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasannya dan kedalamnya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada SDN 01 Koto Alam. Disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa kedalaman muatan kurikulum pada setiap satuan pendidikan di tuangkan dalam kompetensi pada setiap tingkat dan / atau semester sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kopentensi yang dimasuk terdiri atas Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar.
1.              Pendidikan Agama Islam
Tujuan
a.       Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan , penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengamalan, peserta didik tentang agam islam sehingga menjadi manusia muslim yang teruus berkembang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
b.      Mewujudkan manusia indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berilmu pengatahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dan komunitas sekolah.
2.              Pendidikan Kewarganegaraan
          Tujuan:
a.       Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaran.
b.      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan masyarakat, berbangsa, dan bernegara secara anti korupsi.
c.       Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain.
d.      Berintegrasi dengan bangsa-bangsa lain dalam mencantumkan dunia secara langsung dan tidak langsung dangan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
3.              Bahasa Indonesia
Tujuan :
a.        Berkonikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku bauik, secara lisan maupun tulisan.
b.        Menghargai dan bangga menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
c.        Memahami bahasa indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
d.        Menggunakan bahasa indonesia untuk meningkatkan kamampuan intelektual, serta kematangan emosianal dan sosial.
e.        Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengatahuan dan kemampuan berbahasa.
f.          Menghargai dan membanggakan sastra indonesia sebagai khasanah budaya intelektual bangsa Indonesia.
4.              Matematika
Tujuan :
a.       Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luas, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
b.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusu bukti, dan menjelaskan gagasan dan penyataan matematika.
c.       Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
d.      Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk menjelaskan keadaan atau masalah.
e.       Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam memecahkan masalah.
5.          IPA
Tujuan :
a.       Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan yang maha esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya.
b.      Mengembangkan penetahuan dan pemanfaatan konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat di terpkan dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan  kesadaran adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
d.      Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
e.       Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
f.        Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan tuhan.
g.       Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan SMP / MTs.
6. IPS
        Tujuan:
a.       Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b.      Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, ingkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c.       Memiliki komotmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusian
d.      Memiliki kemampuan, bekerja sama dan berkompotisi dalam masyarakat yang majemuk, tingkat lokal, nasianal dan global
7. Seni Dan Budaya
        Tujuan:
a.       Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
b.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
c.       Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan.
d.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, Dan Kesehatan.
        Tujuan:
a.       Mengembangkan keterampilan pengolahan diri dalam upaya pengembangan dan pemiliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olah raga terpilih.
b.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c.       Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
d.      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan.
e.       Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis.
f.        Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
g.       Mengembangkan konsep aktifitas jasmani dan olah raga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang semperna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
D. Muatan Lokal
        a. Budaya Alam Minang Kabau (BAM)
        Tujuan
1.      Mengembangkan pengatahuan, pemahaman, dan pengamalan budaya alam minang kabau.
2.      Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai budaya alam minang kabau.
b. Bahasa inggris.
Tujuan.
1.      Mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.
2.      Membekali peserta didik untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyonsong era globalisasi.
c. BTAM
Tujuan :
1.      Mengembangkan pengetahuan peserta didik dalam menafsirkan ayat-ayat al-qur’an dan hadist.
2.      Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menafsirkan dan mengamalkan beberapa ayat al Qur’an dan hadist.
E. Pengembangan Diri.
        1. Kewiraan.
            a. Pramuka.
            b. Pasuspera ( pasukan khusus pengibar bendera).
        2. Olahraga.
            a. Bulu tangkis.
            b. Volly ball.
            c. Tenis meja.
            d. Catur.
        3. Seni.
            a. Seni tari.
            b. Seni musik dan vokal.
            c. Kerajianan tangan.
F. Pengaturan Beban Belajar.
        Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu :
kelas
Satu jam pelajaran tatap muka / jam
Jumlah pembelajaran per-minggu
Minggu efektif per-tahun ajaran
Waktu pembelajaran /jam per-tahun
1
35
30
36
1080
2
35
31
36
1116
3
35
32
36
1152
4
35
36
36
1296
5
35
36
36
1296
6
35
36
36
1296

G. Ketuntasan Belajar
no
Mata pelajaran
Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
angka
huruf
1
Pendidikan Agama Islam (PAI )
70
Tujuh Puluh
2
Pendidikan Kewarganegaraan
70
Tujuh Puluh
3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima
4
Matematika
60
Enam Puluh
5
IPA
60
Enam Puluh
6
IPS
65
Enam Puluh Lima
7
Seni Budaya Dan Keterampilan
65
Enam Puluh Lima
8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh
9
mulok



a. Budaya alam minang kabau
70
Tujuh Puluh

b. bahasa inggris
65
Enam Puluh Lima

c. metode iqrak
65
Enam Puluh Lima


H. Kenaikan Kelas Dan Kelulusan.
        a. Kenaikan Kelas.
      Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.
a.       Kriteria Kenaikan Kelas.
1.      Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/ PR, nilai tes tengah semester dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan Standar Ketuntasa Belajar (SKB) di SDN 01 Koto Alam.
2.      Memiliki kepribadian, sikap dan budi pekerti yang baik.
3.      Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.
b.      Penentuan Kenaikan Kelas.
1.      Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan SKB, sikap penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan
2.      Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya di tuliskan naik ke kelas….
3.      Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.
        b. Kriteria Kelulusan.
    Sesuai dengan ketentuan PP 19/ 2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik  dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah.
a.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
b.      Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaran dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
c.       Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengatahuann teknologi dan kepribadian yang baik.
        c. Penentuan Ketuntasan
            a. Kriteria kelulusan.
hasil ujian dituangkan kedalam blangko daftar nilai ujian hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan denga kriteria sebagai berikut:
1.      Memiliki rapor kelas VI.
2.      Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00.
            b. Penentuan Kelulusan.
1. Penentuan siswa yang llulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/prilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
2. Siswa yang dinyatakan lulus di beri ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
3. Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.
I. Tata Tertib Dan Aturan Lainnya.
        1. Tata Tertib Murid.
a.           Kehadiran murid di sekolah paling lambat 7.15 WIB.
b.          Setiap murid harus mengikuti program pembiasaan yang sudah di programkan sekolah.
c.           Murid yang bertugas piket kelas menyapu kelas, setelah bel pulang berbunyi.
d.          Mengikuti kegiatan pembelajaran secara aktif.
e.           Seluruh murid berkewajiban menciptakan ketertiban, keamanan, K3 kelas dan sekolah.
f.            Sewaktu keluar main tidak dibenarkan berada di dalam kelas.
g.           Tidak dibenarkan membawa senjata tajam ke sekolah.
h.           Menyelesaikan tugas PR tepat waktu.
i.             Menerapkan budaya antri dalam kegiatan tertentu.
j.            Bertutur kata sopan dalam pergaulan sehari-hari.
k.          Mengikuti program pengembangan diri maksimal 2 cabang.
2.Tata Tertib Guru.
a.       Kehadiran di sekolah paling lambat 7.10 WIB.
b.      Membimbing dan mengkoordinir kegiatan pembiasaan yang telah diprogram sekolah.
c.       Membuat perangkat pembelajaran secara tepat waktu dan kontinuitas.
d.      Melaksanakan pembelajaran secara aktif, kreatif dan menyenangkan.
e.       Tidak meninggalkan kelas dalam jam efektif pembelajaran.
f.        Melakukan penilaian pembelajaran secara objektifitas, reliabilitas da validitas.
g.       Meninformasikan kepada sekolah jika berhalangan hadir dengan media surat dan telepon/ HP.
h.       Berperan aktif menciptakan lingkungan kelas dan sekolah yang kondusif.
i.         Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan kepala sekolah.
j.        Secara aktif mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
        3. Aturan Penerimaan Murid Baru.
a. Berumur 7 tahun atau berijazah TK.
b. Mengisi formulir pendaftaran.
c. Jarak ke sekolah tidak lebih 5 km.
        4. Aturan Penerimaan Murid Pindahan.
a.           Menyerahkan surat pindah dan permohonan pindah dari sekolah asal.
b.          Mempunyai nomor induk siswa nasional.
c.            Lulus dari tes guru kelas yang akan dimasuki.
d.          Khusus untuk kelas VI, SDN 01 Koto Alam tidak menerima murud  pindahan.
        5. Aturan Perpustakaan.
a.       Setiap siswa menjadi anggota perpustakaan sekolah, dengan mengisi blagko anggota perpustakaan sekolah.
b.      Buku pinjaman melalui petugas perpustakaan.
c.       Lama/ waktu peminjaman buku tergantung kebutuhan dan jjumlah buku yang ada.
d.      Buku yang hilang / rusak di ganti oleh si peminjam dengan buku yang sama.




BAB IV
KELENDER PENDIDIKAN
SEMESTER
JULI 2009

AGUSTUS 2009
HARI
TANGGAL
HARI
tanggal
Senin

6”
13“
20
27
Senin

3
10
17
24/31o
Selasa

7”
14“
21
28
Selasa

4
11
18ε
25o
Rabu
1”
8”
15“
22
29
Rabu

5
12
19ε
26o
Kamis
2”
9”
16
23
30
Kamis

6
13
20ε
27o
Jum’at
3”
10”
17
24
31
Jum’at

7
14
21ε
28o
Sabtu
4”
11”
18
25

Sabtu
1
8
15
22ε
29o
minggu
5
12
19
26

minggu
2
9
16
23
30

September 2009

Oktober 2009
HARI
tanggal

HARI
tanggal
Senin

14×
21×
28

Senin

5
12*
19
26
Selasa
1o
15×
22×
29

Selasa

6
13*
20
27
Rabu
2o
16×
23×
30

Rabu

7
14*
21
28
Kamis
3o
10×
17×
24


Kamis
1
8
15*
22
29
Jum’at
4o
11×
18
25


Jum’at
2
9
16*
23
30
Sabtu
5o
12×
19
26


Sabtu
3
10
17*
24
31
minggu
6
13
20
27


minggu
4
11
18
25

















November 2009

Desember 2009
HARI
tanggal
HARI
tanggal
Senin

2
9
16
23/30
Senin

7
14Ώ
21
28
Selasa

3
10
17
24
Selasa
1
8
15Ώ
22
29
Rabu

4
11
18
25
Rabu
2
9
16Ώ
23
30
Kamis

5
12
19
26
Kamis
3
10
17Ώ
24
31Σ
Jum’at

6
13
20
27
Jum’at
4
11
18Ώ
25

Sabtu

7
14
21
28
Sabtu
5
12
19Ώ
26

minggu
1
8
15
22
29
minggu
6
13
20
27




Semester II
Januari 2010

Februari 2010
HARI
tanggal
HARI
tanggal
Senin

11£
18
25
Senin
1
8#
15
22

Selasa

12
19
26
Selasa
2
9#
16
23

Rabu

13
20
27
Rabu
3
10#
17
24

Kamis

14
21
28
Kamis
4
11#
18
25

Jum’at
1
15
22
29
Jum’at
5
12#
19
26

Sabtu
16
23
30
Sabtu
6
13#
20
27

minggu
3
10
17
24
31
minggu
7
14
21
28



Maret 2010
April 2010
HARI
tanggal
HARI
tanggal
Senin
1
8#
15*
22
29
Senin

5
12Θ
19ψ
26
Selasa
2
9#
16*
23
30
Selasa

6
13Θ
20ψ
27
Rabu
3
10#
17*
24
31
Rabu

7
14Θ
21ψ
28
Kamis
4
11#
18*
25

Kamis
1
8
15Θ
22ψ
29
Jum’at
5
12#
19*
26

Jum’at
2
9
16Θ
23ψ
30
Sabtu
6
13#
20*
27

Sabtu
3
10
17Θ
24ψ

minggu
7
14
21
28

minggu
4
11
18
25



Mei 2010
Juni 2010
HARI
tanggal
HARI
tanggal
Senin

10
17
24/31
Senin

7
14Ξ
21
28˜
Selasa

11
18
25
Selasa
1
8
15Ξ
22
29˜
Rabu

12
19
26
Rabu
2
9
16Ξ
23
30˜
Kamis

13
20
27
Kamis
3
10
17Ξ
24

Jum’at

14
21
28
Jum’at
4
11
18Ξ
25

Sabtu
1
15
22
29
Sabtu
5
12
19Ξ
26Π

minggu
2
9
16
23
30
minggu
6
13
20
27






Keterangan :
Penerimaan siswa baru
£
Hari pertama semester II
Hari pertam sekolah kegiatan mos
#
Pra UN dan UASBN
ε
Libur awal Ramdhan
Θ
Perkiraan UN & UAS SMA dan SMK
o
Kegiatan ramdhan
ψ
perkiraan UN & UAS SMP
×
Libur sekitar hari raya idul fitri
Δ
Perkiraan UASBN SD
*
Ujian mid semester
Ξ
Ujian kenaikan kelas
Ώ
Ujian semester I
Π
Pembagian rapor
Σ
Pembagian rapor semester I
˜
Libur kenaikan kelas
Є
Libur semester I



B. penjabaran kelender pendidikan 2009/2010
bulan
tanggal
keterangan
Juli 2009
1 s.d 12
Libur akhir tahun 2008/2009
13 s.d 15
Hari pertama sekolah dan masa orientasi siswa
16 s.d 31
Hari efektif sekolah
20
Isra’ mikrat nabi muhammad
16 hari
Hari efektif belajar
5,12,19,26
Hari minggu
Agustus 2009
17
Hari peringatan HUT RI ke 64
21
Hari efektif sekolah
19 s.d 22
Libur awal ramadhan
2,9,16,23,30
Hari libur
September 2009

Libur awal ramadhan

Kegiatan ramadhan

Libur sekitar hari raya idul fitri
6,13,20,27
Hari minggu
Oktober 2009

Libur sekitar hari raya idul fitri

Hari efektif sekolah
4,11,18,25
Hari minggu
November 2009

Hari efektif sekolah
1,8,15,22,29
Hari minggu
Desember 2009

Hari efektif sekolah

Ujian semester

Pengolahan nilai dan pengisian rapor semester I

Pembagian rapor semester I
6,13,20,27
Hari minggu

Libur semester
Januari 2010

Tahun baru masehi dan libur semester I

Hari pertama dan hari efektif sekolah
3,10,17,24,31
Hari minggu
Februari 2010

Hari efektif sekolah
7,14,21,28
Hari minggu
Maret 2010

Pra UASBN

 efektif sekolah
7,14,21,28
Hari minggu
April 2010

Hari efektif sekolah
4,11,18,25
Hari minggu
Mei 2010

Hari efektif sekolah

Perkiraan UASBN

Hari efektif sekolah
2,9,16,23,30
Hari minggu
Juni 2010

Hari efektif sekolah

Ujian kenaiakan kelas

Pengolahan nilai dan pengisian rapor semester II

Pembagian rapor

Libur semester II
6,13,20,27
Hari minggu














DOKEMEN II / LAMPIRAN.
A. Pemetaan Materi (kelas I,II,III).
          1. Pemetaan Materi Kelas I.
          2. Pemetaan Materi Kelas II.
          3. Pemetaan Materi Kelas III.
B. Silabus Pembelajaran Tematik (kelas I,II, III).
          1 Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I.
          2. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas II.
          3. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas III.
C. Silabus Mata Pelajaran (kelas IV,V, VI).
          1. Silabus Mata Pelajaran Kelas IV.
          2. Silabus Mata Pelajaran Kelas V.
          3 Silabus Mata Pelajaran Kelas VI.
D. Silabus Muatan Lokal.
          1. Silabus Mata Pelajaran Budaya Alam Minang Kabau.
          2. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
          3. Silabus Mata Pelajaran Metode Iqrak.
E. RPP Pembelajaran Tematik (kelas I,II, III).
          1. RPP Pembelajaran Tematik Kelas I.
          2. RPP Pembelajaran Tematik Kelas II.
          3. RPP Pembelajaran Tematik Kelas III.
F. RPP Mata Pelajaran  (kelas IV,V,VI).
          1. RPP Mata Pelajaran  Kelas IV.
          2. RPP Mata Pelajaran  Kelas V.
          3. RPP Mata Pelajaran  Kelas VI.
G. RPP Muatan Lokal
          1. Silabus Mata Pelajaran Budaya Alam Minang Kabau.
          2. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
          3. Silabus mata pelajaran metode iqrak.
H. Penilaian
          1. Bentuk.
          2. Jenis.



JARINGAN TEMA









Pdd. Agama islam
 



Matematika
 



Ilmu Pengatahuan Sosial
 

KTK

 

Penjaskes










 


1 komentar:

  1. Maaf mbak Achie, kira2 untuk silabus dan rpp budaya alam minangkabau bisa di share ga mbak?
    terima kasih mbak.

    BalasHapus