Kamis, 28 April 2011

SILABUS AGAMA ISLAM KELAS V / I


SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Al Qur'an ; Mengartikan Al- Qur'an surat pilihan 











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
1 1.1 Membaca Q.S. Al-Lahab dan * Al-Qur'an - Mengucapkan lafal Q.S. Al-Lahab - Mendangarkan bacaan 2 Jp - Buku Sumber - Tes Perbuatan :
        Al-Kafirun   (Q.S. Al-Lahab   dan Al- Kafirun dengan tajwid dan - Mengikuti ucapan bacaan   - Al-Qur'an   * Sikap saat mem-
      dan Al-Kafirun)   makhraj yang tepat - Mengulang-ulang bacaan   - Taks surat Al-      bacakan surat Al-
        - Tanya jawab     Lahap dan Al-      Qur'an
      - Menunjukkan hafal Q.S. Al-Lahab - Mendemonstrasikan Q.S. Al-Lahab dan Al-     Kafirun    * Ketepatan bacan
        dan Al- Kafirun dengan lancar   Kafirun        * Makhraj
               
               
               
               
  1.2 Mengartikan Q.S. Al-Lahab dan * Al-Qur'an - Menterjemahkan Q.S. Al-Lahab dan - Membacakan Q.S. Al-Lahab 3 Jp - Buku Sumber - Unjuk kerja
        Al-Kafirun   (Q.S. Al-Lahab   Al-Kafirun - Mencatat terjemahan Q.S. Al-lahab   - Al-Qur'an dan    Dapat mengartikan
      dan Al-Kafirun)   - Mengulang-ulang bacaan dengan terjemahan     terjemahannya    ayat per ayat Q.S.
      - Mendemonstrasikan bacaan beserta   Q.S. Al-Lahab   - Teks bacaan    Al-Lahab dan Q.S.
        arti dari Q.S Al-Lahab dan Al-Kafirun - Membacakan Q.S. Al-Kafirun     dan terjemahan    Al-Kafirun
        ayat per ayat denganlancar - Mencatat terjemahan Q.S. Al-Kafirun      
        - Mengulang-ulang bacaan dengan terjemahan      
          Q.S. Al-Kafirun      
               
               













Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Pendidikan Agama Islam

Kepala SDN ………………………………





















( ……………………………………… )

(…………………………………)

NIP. ……………………………….




































SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Aqidah ; Mengenal kitab-kitab Allah SWT











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
2 2.1 Menyebutkan nama-nama * Aqidah (Kitab- - Mengidentifikasikan kitab-kitab yang - Menangkapi penjelasan dengan tanya jawab 3 Jp - Buku Sumber - Tes Perbuatan :
        kitab Allah SWT   kitab Allah    diturunkan kepada nabi dan rosul - Menyusun kembali kitab-kitab Allah SWT    - Al-Qur'an  
      SWT)   Allah SWT   berdasarkan urutun      
        - Menghubungkan nama kitab Allah SWT dgn       
      - Menjelaskan sejarah turunnya kitab-   sejarah turunnya kitab-kitab Allah SWT       
        kitab Allah SWT - Menyimpulkan nama-nama kitab dengan       
          sejarah turunnya kitab menjadi laporan      
               
  2.2 Menyebutkan nama-nama   * Aqidah (Rosul - Menghubungkan kitab dengan Rosul - Menunjukkan Rosul penerima kitab-kitab  1 Jp - Buku Sumber - Tes Tertulis
        Rosul yang menerima kitab-   penerima kitab   penerima kitab-kitab Allah SWT   Allah SWT beserta kitabnya   - Al-Qur'an  
        kitab Allah SWT   Allah SWT)          
        - Membandingkan sejarah kenabian (Rosul)       
          dengan isi dan tujuan kitab      
               
      - Membandingkan sejarah Rosul - Diskusi kelompok berdasarkan nama Rosul     - Portofolio
        dengan tujuan dan isi di turunkannya   penerima kitab      
        kitab - Menyusun laporan hasil diskusi      
        - Membuat kesimpulan      
               
  2.3 Menjelaskan Al-Qur'an  * Al-Qur'an - Menjelaskan pengartian isi/ - Membuat catatan berdasarkan penjelasan 4 Jp - Buku Sumber - Tes Tertulis :
       sebagai kitab Suci terakhir     kandungan dan sebab diturunkannya   dan diskusi   - Al-Qur'an dan   * Menyusun catatan
        Al-Qur'an - Mengkomunikasikan hasil catatan     terjemahannya   * Kerapian dan ke-
        - Tanya jawab          tepatan isi catatan
      - Menunjukkan alasan Al-Qur'an - Menyimpulkan hasil diskusi      
        menjadi kitab Suci terakhir        













Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Pendidikan Agama Islam

Kepala SDN ………………………………





















( ……………………………………… )

(…………………………………)

NIP. ……………………………….




SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Tarikh ; Menceritakan Kisah Nabi



No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
3. 3.1 Menceritakan kisah Nabi * Tarikh  - Menjelaskan silsilah dan perjalanan - Menyusun karangan tentang Nabi Ayyub A.S. 4 Jp - Buku Sumber - Tes Lisan :
        Ayyub A.S.    (Kisah Nabi   hidup Nabi Ayyub A.S.   berdasarkan penjelasan   - Buku kisah-   * Mampu bercerita
       Ayyub A.S.)   - Tanya jawab     kisah Rosul     dengan kata-kata
      - Menunjukkan adat kebiasaan  - Diskusi     Allah SWT     sendiri
        masyarakat pada zaman Nabi - Menceritakan kembali isi karangan      - Tes Tertulis :
        Ayyub A.S. - Membuat kesimpulan       * Menyusun karang-
                  an kisah-kisah 
      - Menunjukkan peristiwa yang terjadi           Nabi Ayyub A.S.
        dalam kehidupan Nabi Ayyub A.S.        
               
  3.2 Menceritakan kisah Nabi * Tarikh  - Menjelaskan kebiasan masyarakat - Mengenal adat dan kebiasaan masyarakat 4 Jp - Buku Sumber - Tes Lisan :
        Musa A.S.    (Kisah Nabi   dan peristiwa-peristiwa penting dalam   melalui penjelasan   - Buku kisah-   * Mampu bercerita
        Musa A.S.   kehidupan Nabi Musa A.S. - Menyimpulkan peristiwa-peristiwa penting     kisah Rosul     dengan kata-kata
          dalam kehidupan Nabi Musa A.S.     Allah SWT     sendiri
      - Menunjukkan keistimewaan (mukjizat) - Diskusi Kelompok     - Tes Tertulis :
        yang di miliki Nabi Musa A.S. - Menceritakan kembali hasil pembelajaran       * Menyusun karang-
        - Menarik kesimpulan hasil diskusi         an kisah-kisah 
                  Nabi Musa A.S.
               
  3.3 Menceritakan Kisah Nabi * Tarikh  - Menjelaskan keadaan masyarakat - Mengindentifikasi keadaan masyarakat pada 4 Jp - Buku Sumber - Tes Lisan :
        Isa A.S.    (Kisah Nabi   sebelum dan sesudah Nabi Isa A.S.   masa Nabi Isa A.S. lahir   - Buku kisah-   * Mampu bercerita
        Isa A.S.   lahir - Tanya jawab disertai penjelasan guru     kisah Rosul     dengan kata-kata
        - Membaca kisah Nabi Isa A.S.      Allah SWT     sendiri
      - Menjelaskan kahidupan dan mukjizat - Menyusun kesimpulan melalui karangan     - Tes Tertulis :
        yang dimiliki Nabi Isa A.S.   deskripsi tentang Nabi Isa A.S.       * Menyusun karang-
                  an kisah-kisah 
                  Nabi Isa A.S.





Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Pendidikan Agama Islam

Kepala SDN ………………………………
 



















( ……………………………………… )

(…………………………………)

NIP. ……………………………….




SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Akhlak ; Membiasakan Perilaku Terpuji











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
4. 4.1 Meneladani perilaku Nabi * Akhlak - mengidentifikasi keteladanan Nabi - Mendengarkan kisah/cerita tentang Nabi 4 Jp - Buku Sumber - Tes Tertulis
       ayyub A.S.   (Keteladanan   Ayyub A.S. dalam menjalankan   Ayyub A.S.   - Buku kisah-   * Menyusun cerita 
      Nabi Ayyub     perintah Allah SWT - Tanya jawab     kisah Rosul     menjadikan teks
      A.S.) sabar,    - Menyusun kembaki cerita/kisah dengan kata-     Allah SWT     drama
      taqwa, patuh - Menunjukkan peristiwa-peristiwa    kata/kalimat sendiri melalui bimbingan guru     - Tes Perbuatan :
      dan taat   yang mengisahkan tentang cobaan - Secara berkelompok bermain peran tentang       * Sikap dan
        yang diterima Nabi Ayyub A.S   kisah Nabi Ayyub A.S.          keteladanan
        - Mempraktekkan keteladanan Nabi Ayyub A.S       * Bermain peran
      - Memperlihatkan sikap dan perilaku   dalam kehidupan sehari-hari      
        (teladan) Nabi Ayyub A.S. dalam        
        sikap dan pergaulan sehari-hari        
               
  4.2 Meneladani perilaku Nabi * Akhlak - Mengidentifikasi keteladanan Nabi - Membacakan kisah tentang Nabi Musa A.S. 5 Jp - Buku Sumber - Tes Tertulis :
        Musa A.S.   (Keteladanan    Musa A.S. dalam menjalankan - Tanya jawab   - Buku kisah-   * Menjawab soal
      Nabi Musa    perintah Allah SWT - Mencatat hal-hal penting tentang keteladanan     kisah Rosul - Tes Lisan
      A.S.) sabar,      Nabi Musa A.S.     Allah SWT   * Melaporkan hasil
      taqwa, patuh - Menunjukkan peristiwa yang mengi- - Mengkomunikasikan hasil catatan         mencatat dengan
      dan taat   sahkan cobaan yang diterima Nabi - Menjawab soal-soal         kata-kata sendiri
        Musa A.S.  - membiasakan berperilaku sesuai dengan      
          teladan Nabi Musa A.S.      
      - Memperlihatkan sikap dan perilaku/        
        teladan Nabi Musa A.S. dalam sikap        
        serta pergaulan sehari-hari        
               
               













Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Pendidikan Agama Islam

Kepala SDN ………………………………





















( ……………………………………… )

(…………………………………)

NIP. ……………………………….




SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Akhlak ; Membiasakan Perilaku Terpuji











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
  4.3 Meneladani perilaku Nabi * Akhlak - Mengidentifikasi keteladanan Nabi - Mencatat penjelasan guru 5 Jp - Buku Sumber - Tes Perbuatan
        Isa A.S.   (Keteladanan   Isa A.S. dalam menjalankan perintah - Tanya jawab   - Buku kisah-   * Ketepatan dan
      Nabi Isa A.S.)   Allah SWT - Diskusi kelompok     kisah Rosul      kecepatan me-
       Ketabahan,   - Menyusun laporan kelompok     Allah SWT      nyusun laporan
       tolong me- - Menentukan peristiwa-peristiwa yang - Mengkomunikasikan hasil diskusi       * Sikap saat diskusi
       nolong,    terjadi pada kehidupan Nabi Isa A.S. - Menyusun kesimpulan       * Keaktifan tang-
       rendah hati             gapan saat
      - Menerapkan sikap keteladanan dari         * Bermain peran
        Nabi Isa A.S. dalam kehidupan            diskusi
        sehari-hari        
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               













Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Pendidikan Agama Islam

Kepala SDN ………………………………





















( ……………………………………… )

(…………………………………)

NIP. ……………………………….




















SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : ………………………………….



MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam



KELAS/ SEMESTER : 5 ( lima ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Fiqih ; Mengumandangkan Adzan dan Iqomah











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
5. 5.1 Melafalkan Adzan dan  * Fiqih (Adzan - Menunjukkan lafal dan Iqamah  - Mencatat lafal Adzan dan Iqamah beserta 3 Jp - Buku Sumber - Penilaian Proyek :
        Iqamah   dan Iqamah)   dengan lancar dan benar   terjemahannya   - Teks lafal    * Mencatat lafal
        - Mendengarkan lafal Adzan dan Iqamah      Adzan dan      Adzan dan Iqamah
      - Menerjemahkan lafal Adzan dan - Mengucapkan lafal Adzan dan Iqamah dengan      Iqamah beserta      serta mendengar
        Iqamah dengan tepat   lancar dan benar      terjemahannya      kannya di media
        - Mengulang-ulang lafal Adzan dan Iqamah          Televisi
                 * Ketepatan waktu
                    laporan
                 * Kerapian tulisan
               
  5.2 Mengumandangkan Adzan * Fiqih (Adzan - Menunjukkan hafal lafal Adzan dan - Mengucapkan lafal Adzan dan Iqamah  4 Jp - Buku Sumber - Unjuk Kerja 
        dan Iqamah   dan Iqamah)   Iqamah dengan baik dan lancar   secara berkelompok   - Teks lafal    (Performan) :
        - Menyebutkan arti/terjemahan lafal Adzan dan     Adzan dan    * Memperagakan 
      - Mendemonstrasikan lafal Adzan dan   Iqamah     Iqamah beserta     atau menguman
        Iqamah dengan baik dan lancar - Mempraktekkan pengucapan Adzan dan      terjemahannya     dangkan Adzan 
          Iqamah         dan Iqamah
                * Ketepatan bacaan/
                  lafal
                * Makhraj
                * Keindahan suara
               
               
               
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar