| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Al Qur'an ; Mengartikan Al- Qur'an surat pilihan | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 1 | 1.1 Membaca Q.S. Al-Lahab dan | * Al-Qur'an | - Mengucapkan lafal Q.S. Al-Lahab | - Mendangarkan bacaan | 2 Jp | - Buku Sumber | - Tes Perbuatan : | 
| Al-Kafirun | (Q.S. Al-Lahab | dan Al- Kafirun dengan tajwid dan | - Mengikuti ucapan bacaan | - Al-Qur'an | * Sikap saat mem- | ||
| dan Al-Kafirun) | makhraj yang tepat | - Mengulang-ulang bacaan | - Taks surat Al- | bacakan surat Al- | |||
| - Tanya jawab | Lahap dan Al- | Qur'an | |||||
| - Menunjukkan hafal Q.S. Al-Lahab | - Mendemonstrasikan Q.S. Al-Lahab dan Al- | Kafirun | * Ketepatan bacan | ||||
| dan Al- Kafirun dengan lancar | Kafirun | * Makhraj | |||||
| 1.2 Mengartikan Q.S. Al-Lahab dan | * Al-Qur'an | - Menterjemahkan Q.S. Al-Lahab dan | - Membacakan Q.S. Al-Lahab | 3 Jp | - Buku Sumber | - Unjuk kerja | |
| Al-Kafirun | (Q.S. Al-Lahab | Al-Kafirun | - Mencatat terjemahan Q.S. Al-lahab | - Al-Qur'an dan | Dapat mengartikan | ||
| dan Al-Kafirun) | - Mengulang-ulang bacaan dengan terjemahan | terjemahannya | ayat per ayat Q.S. | ||||
| - Mendemonstrasikan bacaan beserta | Q.S. Al-Lahab | - Teks bacaan | Al-Lahab dan Q.S. | ||||
| arti dari Q.S Al-Lahab dan Al-Kafirun | - Membacakan Q.S. Al-Kafirun | dan terjemahan | Al-Kafirun | ||||
| ayat per ayat denganlancar | - Mencatat terjemahan Q.S. Al-Kafirun | ||||||
| - Mengulang-ulang bacaan dengan terjemahan | |||||||
| Q.S. Al-Kafirun | |||||||
| Jakarta, …………………………. | |||||||
| Mengetahui, | Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Kepala SDN ……………………………… | |||||||
| ( ……………………………………… ) | (…………………………………) | ||||||
| NIP. ………………………………. | |||||||
| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Aqidah ; Mengenal kitab-kitab Allah SWT | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 2 | 2.1 Menyebutkan nama-nama | * Aqidah (Kitab- | - Mengidentifikasikan kitab-kitab yang | - Menangkapi penjelasan dengan tanya jawab | 3 Jp | - Buku Sumber | - Tes Perbuatan : | 
| kitab Allah SWT | kitab Allah | diturunkan kepada nabi dan rosul | - Menyusun kembali kitab-kitab Allah SWT | - Al-Qur'an | |||
| SWT) | Allah SWT | berdasarkan urutun | |||||
| - Menghubungkan nama kitab Allah SWT dgn | |||||||
| - Menjelaskan sejarah turunnya kitab- | sejarah turunnya kitab-kitab Allah SWT | ||||||
| kitab Allah SWT | - Menyimpulkan nama-nama kitab dengan | ||||||
| sejarah turunnya kitab menjadi laporan | |||||||
| 2.2 Menyebutkan nama-nama | * Aqidah (Rosul | - Menghubungkan kitab dengan Rosul | - Menunjukkan Rosul penerima kitab-kitab | 1 Jp | - Buku Sumber | - Tes Tertulis | |
| Rosul yang menerima kitab- | penerima kitab | penerima kitab-kitab Allah SWT | Allah SWT beserta kitabnya | - Al-Qur'an | |||
| kitab Allah SWT | Allah SWT) | ||||||
| - Membandingkan sejarah kenabian (Rosul) | |||||||
| dengan isi dan tujuan kitab | |||||||
| - Membandingkan sejarah Rosul | - Diskusi kelompok berdasarkan nama Rosul | - Portofolio | |||||
| dengan tujuan dan isi di turunkannya | penerima kitab | ||||||
| kitab | - Menyusun laporan hasil diskusi | ||||||
| - Membuat kesimpulan | |||||||
| 2.3 Menjelaskan Al-Qur'an | * Al-Qur'an | - Menjelaskan pengartian isi/ | - Membuat catatan berdasarkan penjelasan | 4 Jp | - Buku Sumber | - Tes Tertulis : | |
| sebagai kitab Suci terakhir | kandungan dan sebab diturunkannya | dan diskusi | - Al-Qur'an dan | * Menyusun catatan | |||
| Al-Qur'an | - Mengkomunikasikan hasil catatan | terjemahannya | * Kerapian dan ke- | ||||
| - Tanya jawab | tepatan isi catatan | ||||||
| - Menunjukkan alasan Al-Qur'an | - Menyimpulkan hasil diskusi | ||||||
| menjadi kitab Suci terakhir | |||||||
| Jakarta, …………………………. | |||||||
| Mengetahui, | Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Kepala SDN ……………………………… | |||||||
| ( ……………………………………… ) | (…………………………………) | ||||||
| NIP. ………………………………. | |||||||
| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Tarikh ; Menceritakan Kisah Nabi | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 3. | 3.1 Menceritakan kisah Nabi | * Tarikh | - Menjelaskan silsilah dan perjalanan | - Menyusun karangan tentang Nabi Ayyub A.S. | 4 Jp | - Buku Sumber | - Tes Lisan : | 
| Ayyub A.S. | (Kisah Nabi | hidup Nabi Ayyub A.S. | berdasarkan penjelasan | - Buku kisah- | * Mampu bercerita | ||
| Ayyub A.S.) | - Tanya jawab | kisah Rosul | dengan kata-kata | ||||
| - Menunjukkan adat kebiasaan | - Diskusi | Allah SWT | sendiri | ||||
| masyarakat pada zaman Nabi | - Menceritakan kembali isi karangan | - Tes Tertulis : | |||||
| Ayyub A.S. | - Membuat kesimpulan | * Menyusun karang- | |||||
| an kisah-kisah | |||||||
| - Menunjukkan peristiwa yang terjadi | Nabi Ayyub A.S. | ||||||
| dalam kehidupan Nabi Ayyub A.S. | |||||||
| 3.2 Menceritakan kisah Nabi | * Tarikh | - Menjelaskan kebiasan masyarakat | - Mengenal adat dan kebiasaan masyarakat | 4 Jp | - Buku Sumber | - Tes Lisan : | |
| Musa A.S. | (Kisah Nabi | dan peristiwa-peristiwa penting dalam | melalui penjelasan | - Buku kisah- | * Mampu bercerita | ||
| Musa A.S. | kehidupan Nabi Musa A.S. | - Menyimpulkan peristiwa-peristiwa penting | kisah Rosul | dengan kata-kata | |||
| dalam kehidupan Nabi Musa A.S. | Allah SWT | sendiri | |||||
| - Menunjukkan keistimewaan (mukjizat) | - Diskusi Kelompok | - Tes Tertulis : | |||||
| yang di miliki Nabi Musa A.S. | - Menceritakan kembali hasil pembelajaran | * Menyusun karang- | |||||
| - Menarik kesimpulan hasil diskusi | an kisah-kisah | ||||||
| Nabi Musa A.S. | |||||||
| 3.3 Menceritakan Kisah Nabi | * Tarikh | - Menjelaskan keadaan masyarakat | - Mengindentifikasi keadaan masyarakat pada | 4 Jp | - Buku Sumber | - Tes Lisan : | |
| Isa A.S. | (Kisah Nabi | sebelum dan sesudah Nabi Isa A.S. | masa Nabi Isa A.S. lahir | - Buku kisah- | * Mampu bercerita | ||
| Isa A.S. | lahir | - Tanya jawab disertai penjelasan guru | kisah Rosul | dengan kata-kata | |||
| - Membaca kisah Nabi Isa A.S. | Allah SWT | sendiri | |||||
| - Menjelaskan kahidupan dan mukjizat | - Menyusun kesimpulan melalui karangan | - Tes Tertulis : | |||||
| yang dimiliki Nabi Isa A.S. | deskripsi tentang Nabi Isa A.S. | * Menyusun karang- | |||||
| an kisah-kisah | |||||||
| Nabi Isa A.S. | |||||||
| Jakarta, …………………………. | |||||||
| Mengetahui, | Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Kepala SDN ……………………………… | |||||||
| ( ……………………………………… ) | (…………………………………) | ||||||
| NIP. ………………………………. | |||||||
| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Akhlak ; Membiasakan Perilaku Terpuji | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 4. | 4.1 Meneladani perilaku Nabi | * Akhlak | - mengidentifikasi keteladanan Nabi | - Mendengarkan kisah/cerita tentang Nabi | 4 Jp | - Buku Sumber | - Tes Tertulis | 
| ayyub A.S. | (Keteladanan | Ayyub A.S. dalam menjalankan | Ayyub A.S. | - Buku kisah- | * Menyusun cerita | ||
| Nabi Ayyub | perintah Allah SWT | - Tanya jawab | kisah Rosul | menjadikan teks | |||
| A.S.) sabar, | - Menyusun kembaki cerita/kisah dengan kata- | Allah SWT | drama | ||||
| taqwa, patuh | - Menunjukkan peristiwa-peristiwa | kata/kalimat sendiri melalui bimbingan guru | - Tes Perbuatan : | ||||
| dan taat | yang mengisahkan tentang cobaan | - Secara berkelompok bermain peran tentang | * Sikap dan | ||||
| yang diterima Nabi Ayyub A.S | kisah Nabi Ayyub A.S. | keteladanan | |||||
| - Mempraktekkan keteladanan Nabi Ayyub A.S | * Bermain peran | ||||||
| - Memperlihatkan sikap dan perilaku | dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
| (teladan) Nabi Ayyub A.S. dalam | |||||||
| sikap dan pergaulan sehari-hari | |||||||
| 4.2 Meneladani perilaku Nabi | * Akhlak | - Mengidentifikasi keteladanan Nabi | - Membacakan kisah tentang Nabi Musa A.S. | 5 Jp | - Buku Sumber | - Tes Tertulis : | |
| Musa A.S. | (Keteladanan | Musa A.S. dalam menjalankan | - Tanya jawab | - Buku kisah- | * Menjawab soal | ||
| Nabi Musa | perintah Allah SWT | - Mencatat hal-hal penting tentang keteladanan | kisah Rosul | - Tes Lisan | |||
| A.S.) sabar, | Nabi Musa A.S. | Allah SWT | * Melaporkan hasil | ||||
| taqwa, patuh | - Menunjukkan peristiwa yang mengi- | - Mengkomunikasikan hasil catatan | mencatat dengan | ||||
| dan taat | sahkan cobaan yang diterima Nabi | - Menjawab soal-soal | kata-kata sendiri | ||||
| Musa A.S. | - membiasakan berperilaku sesuai dengan | ||||||
| teladan Nabi Musa A.S. | |||||||
| - Memperlihatkan sikap dan perilaku/ | |||||||
| teladan Nabi Musa A.S. dalam sikap | |||||||
| serta pergaulan sehari-hari | |||||||
| Jakarta, …………………………. | |||||||
| Mengetahui, | Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Kepala SDN ……………………………… | |||||||
| ( ……………………………………… ) | (…………………………………) | ||||||
| NIP. ………………………………. | |||||||
| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Akhlak ; Membiasakan Perilaku Terpuji | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 4.3 Meneladani perilaku Nabi | * Akhlak | - Mengidentifikasi keteladanan Nabi | - Mencatat penjelasan guru | 5 Jp | - Buku Sumber | - Tes Perbuatan | |
| Isa A.S. | (Keteladanan | Isa A.S. dalam menjalankan perintah | - Tanya jawab | - Buku kisah- | * Ketepatan dan | ||
| Nabi Isa A.S.) | Allah SWT | - Diskusi kelompok | kisah Rosul | kecepatan me- | |||
| Ketabahan, | - Menyusun laporan kelompok | Allah SWT | nyusun laporan | ||||
| tolong me- | - Menentukan peristiwa-peristiwa yang | - Mengkomunikasikan hasil diskusi | * Sikap saat diskusi | ||||
| nolong, | terjadi pada kehidupan Nabi Isa A.S. | - Menyusun kesimpulan | * Keaktifan tang- | ||||
| rendah hati | gapan saat | ||||||
| - Menerapkan sikap keteladanan dari | * Bermain peran | ||||||
| Nabi Isa A.S. dalam kehidupan | diskusi | ||||||
| sehari-hari | |||||||
| Jakarta, …………………………. | |||||||
| Mengetahui, | Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Kepala SDN ……………………………… | |||||||
| ( ……………………………………… ) | (…………………………………) | ||||||
| NIP. ………………………………. | |||||||
| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | : …………………………………. | ||||||
| MATA PELAJARAN | : Pendidikan Agama Islam | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 5 ( lima ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Fiqih ; Mengumandangkan Adzan dan Iqomah | ||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian | 
| 5. | 5.1 Melafalkan Adzan dan | * Fiqih (Adzan | - Menunjukkan lafal dan Iqamah | - Mencatat lafal Adzan dan Iqamah beserta | 3 Jp | - Buku Sumber | - Penilaian Proyek : | 
| Iqamah | dan Iqamah) | dengan lancar dan benar | terjemahannya | - Teks lafal | * Mencatat lafal | ||
| - Mendengarkan lafal Adzan dan Iqamah | Adzan dan | Adzan dan Iqamah | |||||
| - Menerjemahkan lafal Adzan dan | - Mengucapkan lafal Adzan dan Iqamah dengan | Iqamah beserta | serta mendengar | ||||
| Iqamah dengan tepat | lancar dan benar | terjemahannya | kannya di media | ||||
| - Mengulang-ulang lafal Adzan dan Iqamah | Televisi | ||||||
| * Ketepatan waktu | |||||||
| laporan | |||||||
| * Kerapian tulisan | |||||||
| 5.2 Mengumandangkan Adzan | * Fiqih (Adzan | - Menunjukkan hafal lafal Adzan dan | - Mengucapkan lafal Adzan dan Iqamah | 4 Jp | - Buku Sumber | - Unjuk Kerja | |
| dan Iqamah | dan Iqamah) | Iqamah dengan baik dan lancar | secara berkelompok | - Teks lafal | (Performan) : | ||
| - Menyebutkan arti/terjemahan lafal Adzan dan | Adzan dan | * Memperagakan | |||||
| - Mendemonstrasikan lafal Adzan dan | Iqamah | Iqamah beserta | atau menguman | ||||
| Iqamah dengan baik dan lancar | - Mempraktekkan pengucapan Adzan dan | terjemahannya | dangkan Adzan | ||||
| Iqamah | dan Iqamah | ||||||
| * Ketepatan bacaan/ | |||||||
| lafal | |||||||
| * Makhraj | |||||||
| * Keindahan suara | |||||||
Kamis, 28 April 2011
SILABUS AGAMA ISLAM KELAS V / I
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar