Pelajaran I
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa dapat mendengarkan penjelasan. o Siswa dapat menanggapi pernyataan. o Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. o Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. o Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | Teks penjelasan nara sumber | o Mendengarkan penjelasan. o Menananggapi pernyataan. o Menanggapi. penjelasan nara sumber. o Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. o Menceriterakan penjelasan nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasa | o Siswa dapat memperagakan teks percakapan. o Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi percakapan. o Siswa dapat mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan. o Siswa dapat memberikan saran dan pendapat terhadap persoalan dengan bahasa yang benar. | Teks percakapan | o Memperagakan percakapan. o Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan. o Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan. o Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6. | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran I
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa dapat membaca teks percakapan dengan lancer. o Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. o Siswa dapat melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat. | Teks percakapan | o Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas. o Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan. o Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 6-7 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialok tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1.surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan 4.2.menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama. | o Siswa dapat mengenal surat undangan. o Siswa dapat melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan . o Siswa dapat menulis surat undangan dengan benar. o Siswa dapat menggunakan kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar. o Sisswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan. o Siswa dapat membuat kalimat dengan kata depan. | Surat undangan ulang tahun | o Mengenal surat undangan ulang tahun o Melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan. o Menulis surat undangan dengan benar. o Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama. o Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama. o Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :……………
Pelajaran 2
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar | o Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat. o Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita o Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. o Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | Cerita Rakyat | o Mendengarkan cerita rakyat. o Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar. o Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar. o Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. o Kaset/CD berisi cerita rakyat | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Berbicara 2.1. menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar. | o Siswa dapat menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar. o Siswa dapat menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan. o Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan. | Gambar ilustrasi | o Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan gambar ilustrasi. o Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan. o Menceritakan isi gambar secara lisan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.. | o Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. o Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan yang benar. o Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat. | Teks puisi | o Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat. o Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat. o Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 22-23 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1Menulis karangan berdasarkan pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. 4.2.Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan. | o Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan gambar seri. o Siswa dapat mengurutkan gambar seri yang benar. o Siswa dapat menulis cerita yang utuh dan padu. o Siswa dapat mengungkapkan kalimat harapan. o Siswa dapat menentukan kalimat harapan. | Gambar Seri | o Memahami penulisan karangan berdasarkan gambar seri. o Mengurutkan gambar seri dengan benar. o Menulis cerita yang utuh dan padu berdasarkan gambar seri. o Memahami kalimat yang mengungkap harapan. o Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan. o Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :……………
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber yang benar. o Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan penjelasan nara sumber yang didengar. o Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. o Siswa dapat melengkapi penjelasan dari nara sumberr. | Teks penjelasan nasa sumber | o Mendengarkan penjelasan nara sumber. o Melengkapi pernyataan berdasarkan nara sumber yang didengar. o Menentukan atau memilihhal penting dari penjelasan nara sumber yang didengar. o Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. o Menanggapi penjelasan dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara 2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar. o Siswa dapat menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan. o Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. o Siswa dapat menanggapi persoalan dengan memberikan pendapat dan saran berdasarkan gambar. | Teks percakapan dan gambar | o Memperagakan percakapan di depan kelas. o Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks percakapan. o Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit. | o Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepatt. o Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. o Siswa dapat melengkapi kalimat suatu teks bacaan. o Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca. | Teks bacaan | o Membaca teks bacaan dengan cepat. o Menjawab pertanyaan. o Melengkapi kalimat suatu teks bacaan. o Membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40 | o Lisan. o Tertulis o Tugas o Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. 4.2.Memahami penggunaan awalan ber-. | o Siswa dapat mengurutkan gambar dengan benar. o Siswa dapat menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar. o Siswa dapat mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita. o Siswa dapat memahami arti awalan ber-. o Siswa dapat membuat kalimat yang berawalan ber-. | Gambar Seri | o Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut. o Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri. o Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita. o Memahami arti awalan ber-. o Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang berawalan ber-. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.. | o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita. o Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat. o Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita yang didengar. o Siswa dapat menjelaskan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar. | Teks cerita rakyat | o Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. o Melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat. o Menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita rakyat yang didengar. o Menentukan latar dan amanat cerita yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51 o CD | o Lisan. o Tertulis o Tugas o Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
5. Berbicara 2.1. Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.. o Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. o Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. o Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat. o Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | Teks wawancara | o Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.. o Melakukan wawancara dengan nara sumber. o Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54 | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat. | o Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. o Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan. o Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan. | Teks Percakapan | o Membaca teks percakapan secara berpasangan. o Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. o Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1.Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan.. | o Siswa dapat membaca surat pribadi secara cermat. o Siswa dapat menentukan cirri-ciri surat pribadi. o Siswa dapat melengkapi surat pribadi yang belum lengkap. o Siswa dapat menulis surat pribadi. | Surat pribadi | o Membaca surat pribadi dengan cermat. o Menentukan cirri-ciri surat pribadi. o Melengkapi surat pribadi yang belum lengkap. o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan ejaan yang tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. | o Tertulis o Portofolio |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa dapat mendengarkan nara sumber. o Siswa dapat hal-hal pentingdari penjelasan yang didengarkan. o Siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan. o Siswa dapat menanggapi isi penjelasan. | Teks penjelasan nara sumber | o Mendengarkan penjelasan nara sumber. o Mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan nara sumber. o Mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan. o Menanggapi isi penjelasan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa dapat memperagakan wawancara dengan benar. o Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. o Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. o Siswa dapat wawancara dengan nara sumber. o Siswa dapat melaporkan hasil wawancara dengan baik.. | Teks wawancara | o memperagakan wawancara. o Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. o Melakukan wawancara dengan nara sumber. o Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68 | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. o Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | Teks Puisi | o Menentukan jeda,penggalan dalam puisi. o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68 | o Lisan. o Tertulis o Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya. 4.2. Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat. | o Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar. o Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai. o Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan. o Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas. o Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ). o Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ). | Teks dialog | o Memahami dialog atau percakapan. o Melengkapi dialog yang belum selesai. o Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan. o Memperagakan dialog di depan kelas. o Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) o Menggunakan tanda titik dua ( : ). | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. | o Tertulis o Portofolio o Lisan o Tugas |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan. | o Siswa dapat memahami alur cerita dalam cerita rakyat. o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat yang dibacakan guru. o Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. o Siswa dapat mengisi table alur cerita secara kelompok. o Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri | Teks Cerita Rakyat | o Memahami unsure alur dalam cerita rakyat. o Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan guru. o Menjawab pertanyaan secara lisan. o Mengisi table alur cerita rakyat secara kelompok. o Menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | o Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan. o Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar. o Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar. o Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan. | Teks Laporan Hasil Kunjungan | o Memahami laporan hasil kunjungan. o Membuat laporan hasil kunjungan. o Menyampaikan hasil laporan kunjungan. o Menanggapi isi laporan kunjungan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87 | o Lisan o Tertulis o Portofolio |
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | o Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. o Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca . o Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca. o Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | Teks Bacaan | o Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. o Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. o Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat. o Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | o Siswa dapat memahami penggunaan kata penghubung tetapi. o Siswa dapat membuat kalimat dengan kata tetapi. o Siswa dapat menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. o Siswa dapat mengurutkan gambar seri dengan benar. | Teks Gambar Seri | o Memahami penggunaan kata penghubung tetapi. o Membuat kalimat dengan kata tetapi. o Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. o Mengurutkan gambar seri dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. | o Tertulis |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang dibacakan | o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat. o Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. o Siswa dapat mendaftar unsure-unsur cerita rakyat. o Siswa dapat menceriterakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri. | Teks Cerita Rakyat | o Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. o Menjaawab pertanyaan secara lisan. o Mendaftar unsure-unsur cerita rakyat. o Menceriterakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa dapat memperagakan percakapan. o Siswa dapat hal-hal yang penting yang dibacakan. o Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. o Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. | Teks Wawancara | o Memperagakan wawancara. o Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan. o Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. o Melakukan wawancara dengan nara suber. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.101-103 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | o Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat. o Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan . o Siswa dapat meringkas teks bacaan. o Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Bacaan | o Membaca bacaan dengan lafal dan informasi yang tepat. o Menjawab pertanyaan. o Meringkas teks bacaan. o Menentukan gagasan utama bacaan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 103-105 | o Penugasan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. 4.2. Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat | o Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog. o Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. o Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. o Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas. o Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! ) | Teks Dialog | o Membaca contoh dan kesimpulan dialog. o Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. o Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. o Memperagakan dialog yang dibuat. o Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Membuat kalimat seru. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108 | o Tertulis o Tertulis o Penugasan |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber. o Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan nara sumber. o Siswa dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. o Siswa dapat menanggapi isi penjelasan dari nara sumber. | Teks Penjelasan Nara Sumber | o Mendengarkan penjelasan dari nara sumber. o Menjaawab pertanyaan berdasarkan penjelasan dari nara sumber. o Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. o Menanggapi isi penjelasan dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas. o Siswa dapat menjelaskan masalah atau peristiwa dengan menjawab pertanyaan. | Teks Percakapan | o Memperagakan percakapan di depan kelas. o Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | o Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib. o Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tata tertib. o Siswa dapat menulis teks tata tertib sekolah. o Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Tata Tertib Sekolah | o Membaca sekilas tata tertibt. o Menjawab pertanyaan berdasarkan tata tertib. o Menjelaskan isi tata tertib. o Menulis tata tertib sekolah. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 119-121 | o Lisan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | o Siswa dapat menentukan judul karangan. o Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. o Siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman. o Siswa dapat membaca karangan yang dibuat. o Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. | Teks Karangan | o Menentukan judul karangan. o Melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. o Menulis karangan berdasarkan pengalaman. o Membaca karangan yang dibuat sendiri. o Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124. | o Tertulis o Potofolio |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. | o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat. o Siswa dapat menentukan unsure-unsur cerita. o Siswa dapat menyampaikan amanat/pesan cerita secara lisan. o Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. o Siswa dapat menulis tanggapan mengenai isi cerita rakyat. | Teks Cerita Rakyat | o Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. o Menentukan unsure-unsur cerita. o Menyampaikan amanat/pesan cerita yang didengar. o Menceriterakan kembali cerita yang didengar. o Menulis tanggapan mengenai cerita rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menanggapi persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | o Siswa dapat memperagakan teks percakapan. o Siswa dapat menanyakan persoalan yang dibicarakan. o Siswa dapat memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | Teks Percakapan | o Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas. o Menanyakan persoalan yang dibicarakan. o Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat. o Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. o Siswa dapat membuat puisi dan membacanya. o Siswa dapat menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | Teks Puisi Anak | o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. o Membuat puisi dan membacanya. o Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 135-137 | o Lisan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | o Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi. o Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat. | Teks Undangan Resmi | o Memahami bagian-bagian surat undangan resmi. o Melengkapi surat undangan dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140 | o Tertulis o Portofolio |
Jakarta,……………..2007
Mengetahui,
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas
Drs. SANUSI BUDI Ar, M.Pd. ………………….
NIP : 130 474 859 NIP :………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar