SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 1 ( Satu ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Memahami Identitas diri dan keluarga serta sikap | ||||||
saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1 | 1.1. Mengidentifikasi identitas | Diri dan | * Mengidentifikasi identitas diri. | * Menyebutkan nama lengkap dan nama | 12 Jam | Buku IPS kelas I | - Lisan/ Tulisan |
diri keluarga dan kerabat. | Keluarga | panggilan. | Pelajaran | ||||
* mengidentifikasi identitas keluarga. | * Menyebutkan nama tempat dan tanggal lahir. | - Lisan/ Tulisan | |||||
* Menyebutkan nama ayah dan ibu. | - Lisan/ Tulisan | ||||||
* Mengidentifikasi identitas kerabat | * Menyebutkan umur ayah dan ibu. | - Lisan/ Tulisan | |||||
dekat. | * Menyebutakan nama kakek dan nenek. | - Lisan/ Tulisan | |||||
* Menyebutkan nama paman dan bibi. | - Lisan/ Tulisan | ||||||
1.2. Menceritakan pengalaman | Rekreasi dan | * Menceritakan pengalaman yang | * Membaca cerita teman tentang pengalaman | 8 Jam | Buku IPS kelas I | - Lisan/ Tulisan | |
diri. | alat transpor- | menyenangkan di tempat rekreasi. | yang menyenangkan pada waktu rekreasi. | Pelajaran | |||
tasi. | * Menceritakan pengalaman yang tidak | * Menunjukan pada gambar tentang pengalam- | - Unjuk kerja | ||||
menyenangkan di tempat rekreasi. | an yang tidak menyenagkan pada waktu | ||||||
* Menceritakan jenis-jenis alat trans- | rekreasi. | ||||||
fortasi darat. | * Menunjukan jenis-jenis alat transportasi darat | - Unjuk kerja | |||||
* Menceritakan jenis-jenis alat trans- | laut dan udara yang digunakan untuk rekreasi | ||||||
portasi laut. | * Menjelaskan nama alat transportasi darat, | - Unjuk kerja | |||||
* Menceritakan jenis-jenis alat trans- | laut dan udara yang digunakan untuk rekreasi. | ||||||
portasi udara. | |||||||
1.3. Menceritakan kasih sayang | Kasih sayang | * Memberikan contoh perbuatan yang | * Menunjukan contoh perbuatan yang mencer- | 8 Jam | Gambar/ Foto | - Lisan/ Tulisan | |
antar anggota keluarga. | mencerminkan kasih sayang. | minkan sikap kasih sayang. | Pelajaran | ||||
* Memberikan contoh perbuatan yang | * Mendemonstrasikan sikap hidup dengan | - Unjuk kerja | |||||
tidak harmonis dalam keluarga. | kasih sayang. | ||||||
* Menunjukan contoh perbuatan yang tidak | - Unjuk kerja | ||||||
harmonis dalam keluarga. | |||||||
* Mendemonstrasikan pertengkaran dalam | - Unjuk kerja | ||||||
keluarga. | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1.4. Menunjukan sikap hidup | Hidup rukun | * Memberikan contoh hidup rukun | * Menunjukan contoh hidup rukun dalam | 6 Jam | Gambar/ Foto | - Unjuk kerja | |
rukun dalam kemajemukan | dalam keluarga. | keluarga. | Pelajaran | ||||
keluarga. | * Memberikan contoh hidup rukun | * Menunjukan contoh hidup rukun dengan | - Unjuk kerja | ||||
antar keluarga. | tetangga. | ||||||
* Memberikan contoh hidup rukun | * Mengelompokan pada gambar hidup rukun | - Unjuk kerja | |||||
dan tidak rukun. | dan tidak rukun. | ||||||
Jakarta, …………...……… | |||||||
Guru Kelas | |||||||
………………………………… | |||||||
NIP :………………………….. | |||||||
Kamis, 28 April 2011
silabus IPS Kelas I /I
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar