| SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
| NAMA SEKOLAH | |||||||
| MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
| KELAS/ SEMESTER | : 1 ( Satu ) / I | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI | : Memahami Identitas diri dan keluarga serta sikap | ||||||
| saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | |||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
| 1 | 1.1. Mengidentifikasi identitas | Diri dan | * Mengidentifikasi identitas diri. | * Menyebutkan nama lengkap dan nama | 12 Jam | Buku IPS kelas I | - Lisan/ Tulisan |
| diri keluarga dan kerabat. | Keluarga | panggilan. | Pelajaran | ||||
| * mengidentifikasi identitas keluarga. | * Menyebutkan nama tempat dan tanggal lahir. | - Lisan/ Tulisan | |||||
| * Menyebutkan nama ayah dan ibu. | - Lisan/ Tulisan | ||||||
| * Mengidentifikasi identitas kerabat | * Menyebutkan umur ayah dan ibu. | - Lisan/ Tulisan | |||||
| dekat. | * Menyebutakan nama kakek dan nenek. | - Lisan/ Tulisan | |||||
| * Menyebutkan nama paman dan bibi. | - Lisan/ Tulisan | ||||||
| 1.2. Menceritakan pengalaman | Rekreasi dan | * Menceritakan pengalaman yang | * Membaca cerita teman tentang pengalaman | 8 Jam | Buku IPS kelas I | - Lisan/ Tulisan | |
| diri. | alat transpor- | menyenangkan di tempat rekreasi. | yang menyenangkan pada waktu rekreasi. | Pelajaran | |||
| tasi. | * Menceritakan pengalaman yang tidak | * Menunjukan pada gambar tentang pengalam- | - Unjuk kerja | ||||
| menyenangkan di tempat rekreasi. | an yang tidak menyenagkan pada waktu | ||||||
| * Menceritakan jenis-jenis alat trans- | rekreasi. | ||||||
| fortasi darat. | * Menunjukan jenis-jenis alat transportasi darat | - Unjuk kerja | |||||
| * Menceritakan jenis-jenis alat trans- | laut dan udara yang digunakan untuk rekreasi | ||||||
| portasi laut. | * Menjelaskan nama alat transportasi darat, | - Unjuk kerja | |||||
| * Menceritakan jenis-jenis alat trans- | laut dan udara yang digunakan untuk rekreasi. | ||||||
| portasi udara. | |||||||
| 1.3. Menceritakan kasih sayang | Kasih sayang | * Memberikan contoh perbuatan yang | * Menunjukan contoh perbuatan yang mencer- | 8 Jam | Gambar/ Foto | - Lisan/ Tulisan | |
| antar anggota keluarga. | mencerminkan kasih sayang. | minkan sikap kasih sayang. | Pelajaran | ||||
| * Memberikan contoh perbuatan yang | * Mendemonstrasikan sikap hidup dengan | - Unjuk kerja | |||||
| tidak harmonis dalam keluarga. | kasih sayang. | ||||||
| * Menunjukan contoh perbuatan yang tidak | - Unjuk kerja | ||||||
| harmonis dalam keluarga. | |||||||
| * Mendemonstrasikan pertengkaran dalam | - Unjuk kerja | ||||||
| keluarga. | |||||||
| No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
| 1.4. Menunjukan sikap hidup | Hidup rukun | * Memberikan contoh hidup rukun | * Menunjukan contoh hidup rukun dalam | 6 Jam | Gambar/ Foto | - Unjuk kerja | |
| rukun dalam kemajemukan | dalam keluarga. | keluarga. | Pelajaran | ||||
| keluarga. | * Memberikan contoh hidup rukun | * Menunjukan contoh hidup rukun dengan | - Unjuk kerja | ||||
| antar keluarga. | tetangga. | ||||||
| * Memberikan contoh hidup rukun | * Mengelompokan pada gambar hidup rukun | - Unjuk kerja | |||||
| dan tidak rukun. | dan tidak rukun. | ||||||
| Jakarta, …………...……… | |||||||
| Guru Kelas | |||||||
| ………………………………… | |||||||
| NIP :………………………….. | |||||||
Kamis, 28 April 2011
silabus IPS Kelas I /I
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar