Rabu, 27 April 2011

RPP BAHASA I /I























RPP
Bina Bahasa Indonesia
Kelas 1, Semester I































DIRI SENDIRI (1)
 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.3 Menyebutkan tokoh dalam cerita
                                      1.2 Melaksanakan sesuatu dengan perintah atau petunjuk sederhana
Indikator                       : µ Menyebutkan tokoh dalam cerita
                                      µ Melakukan perintah sederhana
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai cerita
2.      Siswa dapat melakukan perintah sederhana sesuai petunjuk
B.     Materi Pembelajaran:
Cerita; gambar seri
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan pentingnya belajar
Kegiatan INTI
v      Guru menceritakan isi gambar (a), (b), (c)
v      Secara bersama-sama/individual, siswa menjawab pertanyaan sesuai isi gambar
v      Siswa menirukan syair lagu yang dinyanyikan (d)
v      Siswa melakukan perintah guru sesuai gambar (e)
Kegiatan AKHIR
v      Secara bersama-sama menyanyikan kembali syair lagu
v      Menyimpulkan isi cerita
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.2-5, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan (tanya jawab tentang isi cerita)



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________











DIRI SENDIRI (2)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
  tubuh
Kompetensi Dasar      : 2.1 Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasan
        yang santun
  2.3 Mendeskripsikan fungsi anggota tubuh
Indikator                       : µ Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun
                                      µ Mendeskripsikan anggota tubuh
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.  Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun
2.      Siswa dapat terampil mendeskripsikan anggota tubuh
B.  Materi Pembelajaran:
    Syair lagu; kalimat sederhana; gambar
C.  Metode Pembelajaran:
    Ceramah; tanya jawab; penugasan, bermain peran
D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa memperhatikan cara guru memperkenalkan diri
v      Siswa (dua orang siswa) menirukan cara guru berkenalan
Kegiatan INTI
v      Secara perorangan siswa memperkenalkan diri
v      Siswa berkenalan dengan teman secara berpasangan
v      Secara bersama-sama menyanyikan lagu ”dua mata saya”
v      Secara perorangan/bersama siswa menyanyikan lagu sambil menunjuk anggota tubuh sesuai syair lagu
v      Menunjuk anggota tubuh yang diucapkan guru
v      Mendeskripsikan salah satu anggta tubuh, siswa lain menebak
Kegiatan AKHIR
v      Guru menyimpulkan materi pelajaran
E.  Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.6-9, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.  Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Unjuk Kerja/perbuatan
v      Lisan (tanya jawab)



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                               _______________




DIRI SENDIRI (3)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : ...
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat dengan lafal yang
        tepat
Indikator                       : µ Membaca nyaring dengan memperhatikan jeda (menarik napas,
      berhenti): jeda panjang atau pendek
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring kata/kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai arti/maksud kata atau kalimat
B.     Materi Pembelajaran:
Gambar; kata; kalimat sederhana
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah, penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa diajak mengamati gambar tentang: sikap duduk, kemudian memperagakan secara bersama-sama
Kegiatan INTI
v      Siswa diajak mengamati gambar (a) dan (b), guru bertanya tentang maksud gambar
v      Siswa mengamati gambar (c), kemudian mengucapkan nama gambar secara tepat
v      Siswa menulis (di udara) nama benda
v      Membaca nyaring kata/kalimat secara bersama-sama kemudian secara individual
v      Bermain kartu huruf (membentuk kata), kemudian membacanya (d)
Kegiatan AKHIR
v      Siswa diajak bermain untuk memasang kata sesuai nomor (berpasangan) à (e)
v      Mengucapkan kata secara cepat (f)
v      Menyanyi bersama-sama
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.9-13, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan dan Unjuk Kerja (pelafalan, intonasi)



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________







DIRI SENDIRI (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf
                                      4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf
Indikator                     : µ Menebalkan berbagai bentuk gambar dan huruf
                                     µ Melengkapi: suku kata dengan huruf; kata dengan suku kata;
      kalimat dengan kata 
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menebalkan huruf dan gambar
2.      Siswa dapat  menulis huruf, suku kata, dan kata
B.     Materi Pembelajaran:
Huruf; suku kata; gambar yang belum selesai
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Secara bersama-sama mengamati gambar (cara memegang pensil)
v      Menyalin di udara (titik berat pada cara memegang alat tulis)
Kegiatan INTI
Secara bersama-sama atau kelompok:
v      Siswa menebalkan dan menjiplak huruf (c)
v      Siswa menebalkan huruf untuk suku kata dan kata (d)
v      Siswa melengkapi kata dengan huruf (e)
v      Siswa melengkapi kalimat dengan kata (f)
v      Siswa membentuk gambar dan menulis nama benda (g)
Kegiatan AKHIR
v      Guru menceritakan pentingnya menulis rapi
v      Memberi tugas/latihan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.15-21, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________
           





KELUARGA (1)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
  1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dan cerita (dongeng)
Indikator                     : µ Memasang kata yang berbunyi sama (awal dan akhir) yang
      diucapkan guru
                                      µ Menyebutkan tokoh dalam dongeng yang dibacakan
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menyebutkan nama, sifat tokoh dan jumlah tokoh dalam dongeng yang dilisankan
B.     Materi Pembelajaran:
Dongeng ”kasih sayang orang tua”
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa mendengarkan guru membaca kata-kata yang sama bunyi awal, tengah, dan akhir
v      Siswa meniru kata yang diucapkan guru, kemudian memasang kata yang bunyinya sama (awal, tengah, akhir)
Kegiatan INTI
v      Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan/ didengar melalui kaset sambil mengamati gambar
v      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
v      Siswa memperagakan sesuatu sesuai perintah yang ada hubungannya dengan tokoh dalam dongeng
Kegiatan AKHIR
v      Guru menyimpulkan isi dongeng (pesan, amanat)
v      Cerita tentang pentingnya mematuhi perintah orang tua
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.24-25, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan/Tertulis
v      Unjuk kerja/Perbuatan


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





KELUARGA (2)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : ...
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
  tubuh, dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang
        tepat dan bahasa yang santun
  2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
Indikator                     : µ Terampil menyapa orang lain
                                      µ Terampil mendeskripsikan benda-benda di sekitar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa terampil menyapa orang lain dengan bahasa yang santun
2.      Siswa terampil mendeskripsikan benda-benda di sekitar
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sapaan; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru bercerita tentang sopan santun, siswa mengamati gambar
v      Bertanya ajwab tentang tata krama dalam keluarga
Kegiatan INTI
v      Siswa mengamati gambar sambil mendengarkan cerita guru
v      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi cerita/gambar secara lisan
v      Siswa mengamati gambar buah-buahan kemudian menyebutkan nama-nama buah tersebut
v      Menebak/menjawab deskripsi guru
v      Siswa mendeskripsikan sesuatu, siswa lain menebak
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan isi cerita
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.25-27, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan atau Unjuk Kerja/perbuatan


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________







KELUARGA (3)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.2 Membaca nyaring suku kata, kata, kalimat sederhana dengan
        lafal dan intonasi yang tepat
Indikator                     : µ Dapat membaca nyaring kata dan kalimat dengan lafal dan
     intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat  membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai isi/maksud kalimat
B.     Materi Pembelajaran:
Suku kata; kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa diajak mengamati gambar, kemudian menulis nama benda di udara
v      Siswa diminta menyebutkan nama-nama benda pada gambar
Kegiatan INTI
v      Mengucapkan kembali kalimat yang dibacakan guru (b)
v      Membaca/mengucapkan kalimat dengan cepat (c)
v      Siswa membaca kata-kata baru dengan bantuan gambar (d)
v      Secara berkelompok, siswa menyusun kata dengan huruf yang tersedia
v      Secara berpasangan siswa membaca (bertanya jawab) dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan bantuan guru
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan: bahwa lafal dan intonasi mempengaruhi makna kalimat
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.28-32, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan (lafal dan intonasi ketika sedang membaca; bertanya jawab)



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________







KELUARGA (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf
                                      4.3 Mencontoh huruf, kata, dan kalimat sederhana
Indikator                     : µ Menebalkan huruf dan gambar
                                      µ Melengkapi kalimat sesuai gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menebalkan dan melengkapi kalimat berdasarkan gambar
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sederhana; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru memotivasi siswa tentang pentingnya menulis rapi
Kegiatan INTI
v      Siswa menebalkan huruf dan kalimat
v      Secara bergantian, siswa membaca kalimat yang telah ditulis
v      Siswa menyalin kembali kalimat
v      Siswa melengkapi kata dengan huruf dan suku kata
v      Menebalkan gambar, kemudian melengkapi kalimat dengan jawaban yang tepat
v      Siswa mengisi teka-teki silang
Kegiatan AKHIR
v      Memberikan penguatan; memuji siswa
v      Menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.33-37, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Tertulis (kerapian menulis dan ketepatan melengkapi kalimat


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________









KESEHATAN & LINGKUNGAN (1)
 
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.3 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk
        sederhana
Indikator                       : µ Membedakan bunyi bahasa
                                      µ Melakukan sesuatu sesuai dengan perintah
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat melakukan sesuatu secara tepat sesuai dengan perintah
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat berisi informasi; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru membagi tugas kepada  siswa dan menginformasikan sesuatu (kata kerja) kepada siswa dengan berbisik
Kegiatan INTI
v      Siswa memperagakan ”kata kerja” yang dibisikkan guru, siswa lain menebak (hlm. 42)
v      Siswa mencocokkan gambar dengan kalimat yang dibaca guru (hlm. 43)
v      Siswa mengelompokkan gambar sesuai jenisnya
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
v      Guru menugaskan siswa untuk mencatat nama-nama alat kebersihan yang ada di rumah
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.42-43, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan dan Unjuk Kerja (ketepatan melakukan perintah)
v      Tertulis (kebenaran mengisi/menjawab pertanyaan)


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________










KESEHATAN & LINGKUNGAN (2)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat
        dan intonasi yang sesuai
  2.4 Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Indikator                     : µ Terampil menyapa orang lain
                                      µ Terampil mendeklamasikan puisi
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa terampil menyapa orang lain dengan bahsa yang santun
2.      Siswa terampil mendeklamasikan puisi
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sapaan; puisi anak
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru memperagakan cara menyapa, siswa meniru
Kegiatan INTI
v      Siswa mengucapkan contoh kalimat sapaan yang diucapkan guru
v      Siswa menyapa teman secara berpasangan
v      Secara berkelompok, siswa bermain pesan berantai (kalimat dibisikkan guru/siswa lain)
v      Siswa membaca puisi (dipilih oleh guru atau siswa sendiri) dengan lafal dan intonasi yang sesuai
v      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi puisi secara lisan
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan isi puisi (pesan dan amanat puisi)
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.44-46, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Unjuk Kerja/Perbuatan
v      Lisan (menjawab pertanyaan)


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





KESEHATAN & LINGKUNGAN (3)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.1 Membaca nyaring huruf, suku kata, dan kata dengan lafal dan intonasi
        yang tepat
  3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi
        yang tepat
Indikator                       : µ Membaca nyaring teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; teks bacaan; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengawali kegiatan dengan cerita tentang anak yang rajin merawat tanaman
v      Kemudian, guru mengajak siswa menulis huruf awal pada gambar dengan menulis di udara
Kegiatan INTI
v      Siswa membaca kata dan atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
v      Secara bergantian, siswa mengucapkan kata secara cepat
v      Siswa membaca nyaring teks bacaan secara bergantian
Kegiatan AKHIR
v      Guru mengajak siswa untuk menceritakan kegiatan (pengalaman masing-masing) di bidang kesehatan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.47-50, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan (lafal dan intonasi)
v      Tertulis (menjawab pertanyaan tentang isi teks)


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________










KESEHATAN & LINGKUNGAN (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar dan huruf
                                      4.3 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Indikator                       : µ Menebalkan berbagai bentuk gambar dan huruf
                                      µ Menulis kata/kalimat berdsarkan gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis cerita berdasarkan gambar
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Kegiatan diawali dengan cerita ”pengalaman” tentang orang sakit
Kegiatan INTI
v      Siswa diajak menebalkan huruf pada kalimat
v      Secara bergantian, siswa membaca kalimat tersebut dengan bimbingan guru
v      Siswa menyusun huruf menjadi kata, kemudian membacanya kembali
v      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan gambar
v      Siswa menulis cerita sesuai gambar
Kegiatan AKHIR
v      Cerita tentang pentingnya kesehatan
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
v      Mengerjakan soal latihan 5
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.50-53, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________








PENGALAMAN (1)
 
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
                                      1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya
Indikator                       : µ Menirukan bunyi/suara tertentu
                                      µ Memerankan tokoh dalam dongeng
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membedakan bunyi tertentu yang diperdengarkan
2.      Siswa dapat memerankan tokoh dalam dongeng
B.     Materi Pembelajaran:
Berbagai jenis suara/bunyi; dongeng
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan; bermain peran
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengawali pelajaran dengan mengetuk sesuatu tanpa dilihat siswa untuk ditebak (bunyi apakah itu?)
Kegiatan INTI
v      Guru/siswa menirukan suara hewan yang ada pada gambar, siswa lain menulis nomor sesuai suara yang ditirukan (hlm.60)
v      Siswa, secara kelompok/individual melengkapi tabel sesuai perintah/pertanyaan
v      Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan/diperdengarkan (dongeng di hlm.144)
v      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
v      Siswa memerankan tokoh yang ada dalam dongeng
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa isi dongeng (amanat/pesan, nilai-nilai moral yang perlu ditiru/tidak perlu ditiru)
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.60-62 dan 144, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis
v      Unjuk Kerja/Perbuatan


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





PENGALAMAN (2)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.3 Mendeskripsikan/menceritakan gambar atau sesuatu yang ada di
        sekitar
Indikator                       : µ Mendeskripsikan/menceritakan pengalaman
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menceritakan pegalaman sendiri
B.     Materi Pembelajaran:
Gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; bermain peran; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan pengalaman pribadi/orang lain yang menyenangkan
Kegiatan INTI
v      Siswa mendengarkan cerita bergambar yang dibacakan
v      Guru mengajukan pertanyaan sesuai isi cerita, siswa menjawab secara lisan
v      Siswa menceritakan isi/maksud gambar secara lisan
v      Secara individual, siswa menceritakan pengalaman pribadi
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.63-65, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________












PENGALAMAN (3)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata, kalimat sederhana dengan lafal
        dan intonasi yang tepat
Indikator                       : µ Membaca kata/kalimat secara tepat
                                      µ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; teks bacaan
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengajak siswa untuk menulis di udara huruf yang akan diperkenalkan
Kegiatan INTI
v      Siswa meniru kata/kalimat yang diucapkan guru secara bersama-sama atau individual
v      Mengucapkan kata secara cepat
v      Membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
v      Membaca kalimat berisi ”tanya jawab” secara berpasangan
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.66-69, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Unjuk Kerja/Perbuatan



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________












PENGALAMAN (4)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk huruf
                                      4.3 Mencontoh kalimat sederhana
                                      4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai gambar
Indikator                       : µ Membentuk kata sesuai gambar
                                      µ Menebalkan/menyalin kalimat
                                      µ Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis kata, kalimat, dan cerita berdasarkan gambar
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan pengalamannya atau meminta siswa membagi pengalaman singkatnya tentang berbelanja (titik berat pada alat-alat permainan/alat sekolah)
Kegiatan INTI
v      Siswa menulis nama benda pada gambar secara berpasangan atau individual
v      Secara individual, siswa menebalkan huruf
v      Menyaling kalimat yang tersedia dengan rapi
v      Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dengan kata yang tepat
v      Melengkapi cerita berdasarkan gambar
v      Secara berpasangan, siswa mengisi teka-teki silang
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
v      Siswa mengerjakan soal latihan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h. 69-73, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________






BUDI PEKERTI (1)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.1 Membedakan bunyi bahasa
  1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Indikator                       : µ Membedakan bunyi bahasa
                                      µ Menceritakan isi dongeng yang didengar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menceritakan isi dongeng yang didengarnya
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sederhana; Dongeng ”membantu teman”
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan pentingnya ”bekerja sama”, salah satunya dalam menyelesaikan suatu tugas
Kegiatan INTI
v      Secara berkelompok, siswa bermain ”bisik-bisikan”
v      Menirukan kalimat yang diucapkan guru
v      Menjawab pertanyaan sesuai isi kalimat yang didengar
v      Mendengarkan dongeng yang dibacakan/melalui kaset
v      Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
v      Mengungkapkan pendapat/kesan
v      Menceritakan atau memperagakan tingkah laku tokoh dari cerita yang didengar
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
v      Guru menugaskan siswa untuk mencatat nama-nama alat kebersihan yang ada di rumah
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.80-83, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Unjuk Kerja/Perbuatan
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





BUDI PEKERTI (2)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun
Indikator                       : µ Terampil menyapa orang lain
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa terampil menyapa orang lain dengan bahsa yang santun
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sapaan; cerita bergambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan (bermain peran)
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan dan memperagakan cara menyapa teman/orang lain
Kegiatan INTI
v      Mengucapkan kalimat permohonan maaf sesuai gambar secara berpasangan
v      Mengucapkan kalimat sapaan sesuai perintah
v      Menyempurnakan kalimat sapaan berdasarkan perintah
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
v      Guru menceritakan perlunya meminta maaf jika melakukan kesalahan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.83-85, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Unjuk Kerja/Perbuatan
v      Lisan
v      tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________











BUDI PEKERTI (3)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi
        yang tepat
Indikator                       : µ Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring kata/kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; teks bacaan
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa diajak memperhatikan gambar kemudian diminta menulis di udara huruf yang diperkenalkan
Kegiatan INTI
v      Meniru kata yang diucapkan guru secara bergantian
v      Membaca nyaring teks pendek, dan bertanya jawab tentang isi bacaan
v      Secara bergantian, siswa membaca cerita pada setiap gambar
v      Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.85-88, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.                  Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________














BUDI PEKERTI (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar dan huruf
                                      4.4 Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
                                      4.3 Mencontoh huruf, kata, kalimat
Indikator                       : µ Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
                                      µ Menyalin kalimat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis/mwnyalin kalimat berdasarkan gambar dan contoh yang tersedia
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa diajak melemaskan tangan untuk menulis di udara
Kegiatan INTI
v      Siswa diajak menebalkan huruf dalam kata/kalimat
v      Siswa melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar
v      Siswa melengkapi kalimat dengan kata yang tersedia
v      Siswa menyalin kembali kalimat
Kegiatan AKHIR
v      Secara berkelompok, siswa membaca kembali kalimat yang telah ditulis
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.88-89, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Tertulis



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________








KEGEMARAN (1)
 
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah/petunjuk sederhana
Indikator                       : µ Terampil melakukan sesuatu berdasarkan perintah
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat melakukan perintah sesuai petunjuk
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat sederhana; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengawali pelajaran dengan bertanya jawab dengan siswa tentang kegemaran mereka
Kegiatan INTI
v      Guru bercerita berdasarkan gambar
v      Siswa melengkapi kalimat setelah mendengarkan cerita dari guru
v      Siswa mengelompokkan kata yang huruf akhirnya sama (kata diucapkan guru) materi à hlm.148
Kegiatan AKHIR
v      Siswa diajak menemukan dua pasang kata yang berbunyi akhir sama
v      Guru dan siswa menyimpulkan isi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.96,97,dan148, Erlanggaa
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________









KEGEMARAN (2)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.4 Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
                                      2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana
Indikator                       : µ Mendeklamasikan puisi
                                      µ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca/mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
2.      siswa terampil mendeskripsikan benda di sekitar
B.     Materi Pembelajaran:
Teks puisi; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengarahkan siswa agar  memperhatikan guru yang sedang membaca
Kegiatan INTI
v      Siswa menirukan puisi yang dibacakan guru (secara bersamasama/individual)
v      Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi puisi
v      Siswa menyalin kembali syair puisi
v      Siswa memilih sebuah gambar untuk dideskripsikan, setelah diberi contoh
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan isi puisi (pesan/amanat)
v      Secara bersama-sama menyanyikan syair puisi (lagu)
E.                 Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.98-99, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.                  Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________








KEGEMARAN (3)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.2 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal dan intonasi
        yang sesuai
Indikator                       : µ Membaca nyaring teks bacaan
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Kalimat; gambar; teks bacaan
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Siswa diajak untuk menulis di udara huruf yang diperkenalkan (v, w, y)
Kegiatan INTI
v      Membaca nyaring kata secara bergantian
v      Memasang kata dengan gambar sesuai arti/maksud
v      Membaca nyaring cerita bergambar secara perorangan
v      Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa bertanya jawab tentang kegemaran masing-masing
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.100-103, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________













KEGEMARAN (4)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk huruf
                                      4.3 Mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
  4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai
Indikator                       : µ Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
                                      µ Menyalin kalimat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis kata/kalimat
2.      siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesaidengan benar
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru bercerita tentang kegemaran orang yang beraneka ragam
Kegiatan INTI
v      Siswa diajak menebalkan huruf dalam kalimat
v      Siswa membaca kalimat yang telah ditebalkan
v      Siswa menyalin kembali kalimat dengan rapi
v      Melengkapi kalimat dengan kata berdasarkan gambar
v      Menyalin kalimat yang didiktekan guru (kalimat dapat berasal dari guru)
Kegiatan AKHIR
v      Secara berkelompok, siswa mengisi teka-teki silang (perlombaan antar kelompok).
v      Kelompok yang paling cepat dan tepat mendapat pujian, begitu pula kelompok yang lain
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.103-105, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





PERISTIWA (1)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.1 Membedakan bunyi bahasa
  1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah/petunjuk sederhana
Indikator                       : µ Membedakan bunyi bahasa
  µ Terampil melakukan sesuatu berdasarkan perintah
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat melaksanakan sesuatu berdasarkan perintah
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengarahkan siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Kegiatan INTI
v      Secara perorangan, siswa mengucapkan kembali deretan kata yang diucapkan guru
v      Siswa menandai kata yang sesuai dengan gambar
v      Menulis/melengkapi kata dengan suku kata yang berbunyi sama
v      Secara berkelompok, siswa bermain ”bisik-bisikan” atau pesan berantai berdasarkan kalimat yang diberikan guru/ siswa lain
Kegiatan AKHIR
v      Pemberian pujian atas kerja sama siswa dalam melaksanakan tugas
v      Guru dan siswa menyimpulkan isi pelajaran
E.                 Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.112-115, Erlanggaa
v      Sumber lain yang relevan
F.                  Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis
v      Unjuk Kerja/Perbuatan


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________







PERISTIWA (2)
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana
Indikator                       : µ Mendeskripsikan/menceritakan isi/maksud gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa terampil mendeskripsikan gambar atau benda di sekitar
B.     Materi Pembelajaran:
Gambar; benda-benda yang ada di sekitar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru memberi contoh cara mendeskripsikan sesuatu
Kegiatan INTI
v      Setelah mengamati gambar, siswa menjawab pertanyaan tentang isi/maksud gambar
v      Siswa menceritakan kembali isi/maksud gambar dengan kata-kata sendiri
v      Secara bergantian, siswa diminta mendeskripsikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar (apa saja)
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan materi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.98-99, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Unjuk Kerja/Perbuatan


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________













PERISTIWA (3)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.2 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal dan intonasi
        yang tepat
  3.3 Membaca nyaring kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
Indikator                       : µ Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; teks bacaan
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru memperkenalkan suatu huruf dengan menulis di udara atau mengucapkan huruf yang diperkenalkan
Kegiatan INTI
v      Secara bergantian, siswa membaca kata dengan suara nyaring (usahakan semua siswa mendapatkan giliran)
v      Siswa membaca nyaring setiap teks dengan nyaring, lafal, dan intonasi yang tepat
v      Secara berpasangan atau perorangan, siswa menajwab pertanyaan tentang isi teks bacaan
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran (penekanan pada perilaku siswa dalam kehidupan)
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.116-118, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________










PERISTIWA (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk huruf
                                      4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Indikator                       : µ Menulis huruf, suku kata, kata, dan cerita dengan rapi dan benar
                                      µ Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis atau melengkapi cerita berdasarkan gambar
B.     Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; diskusi
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru bercerita tentang kebersihan kelas
v      Guru meminta pendapat siswa tentang kebersihan kelas mereka
Kegiatan INTI
v      Siswa melengkapi kalimat dengan kata yang tepat secara berpasangan atau perorangan
v      Secara berpasangan atau perorangan, siswa menulis lawan kata
v      Secara berpasangan atau perorangan, siswa menyusun kata acak menjadi kalimat yang runtut
Kegiatan AKHIR
v      Guru membaca puisi kemuidan diikuti siswa
v      Secara bersama-sama, menyimpulkan isi puisi (pesan, amanat)
v      Mengerjakan soal latihan
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.119-122, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________






PENDIDIKAN (1)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Indikator                       : µ Menceritakan kembali isi dongeng
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
B.     Materi Pembelajaran:
Dongeng ”ingkar janji”
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menceritakan tentang perlunya waspada dalam pergaulan
Kegiatan INTI
v      Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan (hlm.149) atau didengar melalui kaset
v      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
v      Siswa diminta mengungkapkan pendapat dan alasan tentang isi dongeng
v      Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan cara melengkapi kalimat
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan isi dongeng (diharapkan guru mengulas nilai-nilai yang perlu / tidak perlu ditiru)
v      Guru dan siswa menyimpulkan isi pelajaran
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.128-130 dan 149, Erlanggaa
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________









PENDIDIKAN (2)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
  dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
Indikator                       : µ Terampil mendeklamasikan puisi
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Puisi/ syair lagu
C.     Metode Pembelajaran:
Tanya jawab; penugasan
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mencontohkan pembacaan puisi
Kegiatan INTI
v      Secara bersama-sama, siswa mengulangi baris/kalimat puisi yang diucapkan guru
v      Secara perorangan, siswa membaca/mendeklamasikan puisi (dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi)
v      Secara bersama-sama menyanyikan syair lagu/puisi
v      Secara individual, siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai dengan isi puisi
Kegiatan AKHIR
v      Menyimpulkan materi pelajaran
v      Bernyanyi bersama
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.131-132, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Unjuk Kerja/Perbuatan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________









PENDIDIKAN (3)
 
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
Kompetensi Dasar      : 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi
        yang tepat
Indikator                       : µ Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membaca nyaring bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.     Materi Pembelajaran:
Teks bacaan
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru menjelaskan teknik dan pembagian tugas dalam kegiatan
v      Guru mencontohkan pelafalan kata dalam kalimat disertai lafal dan intonasi yang sesuai dengan makna
Kegiatan INTI
v      Secara bergantian, siswa membaca nyaring teks bacaan (siswa 1 paragraf pertama, siswa 2 paragraf kedua)
v      Setelah semua siswa mendapat giliran, secara berpasangan/individual siswa mengerjakan soal/tugas
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
E.                 Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.132-133, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.                  Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis


Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________











PENDIDIKAN (4)
 
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,
  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk huruf
                                      4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Indikator                       : µ Menulis huruf  tegak bersambung
                                      µ Melengkapi kalimat/cerita
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menulis atau melengkapi cerita berdasarkan gambar
B.     Materi Pembelajaran:
Huruf; kata; kalimat; gambar
C.     Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan; tanya jawab
D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v      Guru mengajak siswa menulis di udara huruf yang akan diperkenalkan
Kegiatan INTI
v      Secara individual, siswa menebalkan huruf
v      Secara individual, siswa menyalin kembali kalimat yang telah ditebalkan
v      Secara berpasangan/individual, siswa menyusun kata acak menjadi kalimat
v      Secara individual, siswa melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar
Kegiatan AKHIR
v      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
v      Siswa mengerjakan soal latihan
E.     Sumber Pembelajaran:
v      Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.134-137, Erlangga
v      Sumber lain yang relevan
F.      Penilaian:
v      Proses (selama PBM berlangsung)
v      Lisan
v      Tertulis



Mengetahui:                                        
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________





























Oval: SILABUS
 


































































Oval: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar