Rabu, 27 April 2011

RPP BAHASA II /I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.1


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  Mendengarkan
                                                   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan      

Kompetensi Dasar                    :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
                                                         sendiri isi teks.

Indikator                                  :   -     Menyimak cerita yang dibaca
-         Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaanyang didengar
-         Menceritakan kembali bacaan yang didengar dengan
kata-kata atau kalimat sendiri.

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menyebutkan kembali dengan kata kata/kalimat sendiri
B.  Materi Pembelajaran
     Teks cerita
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
F.      Siswa diminta memperhatikan gambar, setelah itu mendengarkan teks bacaan
        “cerita falia” (hal. 139)
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah selesai mendengarkan siswa diminta mengidentifikasi pernyataan   benar/
          salah.
F.      Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan.
    
     Kegiatan Akhir
     4  Siswa dimintauntuk menyebutkan kembali isi teks dengan kata-kata atau kalimat
         sendiri
  1. Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 2 – 3
        Penerbit Erlangga

  1. Penilaian

     •  Lisan       
                                                           



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.1


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan 
                                                         pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

Indikator                                  :   -   Menggunakan kalimat tanyauntuk menanyakan
                                                        sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
                                                        pilihan kata yang tepat

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menggunakan kata tanya dengan pilihan  kata yang tepat
B.  Materi Pembelajaran
     Kata tanya
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta memperagakan percakapan                                    
                                 
     Kegiatan Inti
     2.  Kemudian siswa diajak berlatih menggunakan kata tanya dalam kalimat                                    
             
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa diminta  melengkapi percakapan dengankata Tanya yang tepat                
       
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 4 – 6
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan
                                                                       
     


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas












 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.1


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3.  Membaca    
                                                        Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan
                                                        Membaca puisi anak                                                                    
                                                   
Kompetensi Dasar                    :  3.1  Menjelaskan isi puisi yang dibaca              
                                                                                                     
Indikator                                  :   -     Membaca puisi anak dan mengekspresikannya dalam
                                                          gerak dan mimic yang tepat
-         Memahami isi puisi                           
-         Menjelaskan isi puisi                                                                         

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
B.  Materi Pembelajaran
     Puisi Anak
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk membaca  puisi anak yang disediakan                 
                                
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa diminta  menjawab pertanyaan berdasarkan isi puisi                                  
     3.  Kegiatan selanjutnya siswa diharapkan dapat menjelaskan kembali isi puisi dengan
         kata katanya sendiri
    
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta  menyimpulkan puisi yang telah dibacanya                           
       
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 6 – 8
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.1


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis      
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
                                                                                                         
Indikator                                  :   -    Melengkapi cerita rumpang               
     
Alokasi Waktu                         :    2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat melengkapi cerita      
B.  Materi Pembelajaran
     Cerita rumpang
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
F.      Siswa diminta untuk melengkapi cerita berdasarkan gambar                                 
                         
     Kegiatan Inti
F.      setelah itu siswa diminta melengkapi cerita berdasarkan kalimat yang telah
          disediakan
                               
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa menyalin dibuku tulis masing-masing dengan huruf tegak bersambung  
        
  1. Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 8 – 11
        Penerbit Erlangga

  1. Penilaian

  …………


Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                           Guru Kelas
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.2


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1  Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisianak yang dilisankan                                                                           
                                     
Kompetensi Dasar                    :  2.1 Mendiskripsikan isi puisi                      
                                               
Indikator                                  :   -   Memmaca puisi anak dan mengekspresikannya dalam
                                                        Serak dan mimik yang tepat                   
-         Memahami isi puisi 
-         Menjelaskan isi puisi

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      ………………………………………………………………………………………….
B.  Materi Pembelajaran
     Puisi Anak
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta mendengarkan baik baik puisi yang akan dibacakan . Puisi terdapat
          di hal. 140.
                              
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan                                                          
     3.  Kemudian siswa diminta untuk menceritakan kembali isi puisi dengan mengisi
          kalimat rumpang

     Kegiatan Akhir
     4. Siswa diharapkan berani bertanya tentang isi puisi yang tidak dimengerti        
       
E.  Sumber Pembelajaran

     • Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 16 - 17
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian
     •  Lisan
     •  Tertulis                                                                


Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                           Guru Kelas












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.2


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2. Berbicara
                                                       Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman    
                                                       Secara lisan melalui kegiatan bertanya , bercerita dan
                                                       deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa 
                                                         yang mudah dipahami orang lain
                                                        
Indikator                                  :   -     Mendengarkan cerita       
-         Menjelaskan urutan kegiatan dengan bahasa yang
      runtut dan mudah dipahami orang lain

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
B.  Materi Pembelajaran
     Cerita tentang kegiatan sehari-hari
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta menuliskan kegiatan yang dilakukannya sejak pagi hingga tiba di       
          sekolah               
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa diminta membacakan/menceritakannya kepada temannya 
                                             
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa diminta mengajukan pertanyaan kepada temannya                        
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 17 - 18
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                         ……………………………………………………………………………….


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                Guru Kelas














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.2


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                     

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek  (10 – 15 kalimat) 
                                                         yang dibaca dengan membaca lancar.
                                                        
Indikator                                  :   -     Membaca lancar            
-         Menjawab atau mengajukan pertanyaan           
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menyimpulkan isi bacaan
B.  Materi Pembelajaran
     Teks pendek
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Empat siswa diminta untuk membacakan teks bacaan setiap anak satu paragrap                      
                         
     Kegiatan Inti
     2.  Siswa kemudian diminta  membuat pertanyaan berdasarkan jawaban yang telah
          tersedia
     3.  Setelah itu siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara melengkapi kalimat
                        
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diharapkan mampu menyimpulkan isi bacaan                               
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 18 - 20
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                                       



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.2


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
                                                                                                         
Indikator                                  :   -    Melengkapi cerita rumpang               
     
Alokasi Waktu                         :  ………………………………………………

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat melengkapi cerita      
B.  Materi Pembelajaran
     Cerita rumpang
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1. Siswa diminta untuk melengkapi cerita berdasarkan gambar                                  
                         
     Kegiatan Inti
     2.  setelah itu siswa diminta melengkapi cerita berdasarkan kalimat yang telah
          disediakan
                                
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa menyalin dibuku tulis masing-masing dengan huruf tegak bersambung   
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 20 - 22
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas


















                                                           
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.3


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  Mendengarkan
                                                   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
                                                         sendiri isi teks pendek.

Indikator                                  :   -    Medengarkan pembacaan teks
-    Menjawab pertanyaan tentang isi teks             
-    Menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata atau
      kalimat sendiri
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat memberikan pendapat tentang bacaan                   
B.  Materi Pembelajaran
     Teks cerita
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang tersedia                
          kegiatan Inti
     2.  Siswa mendengarkan guru membacakan cerita lucu. Teks bacaan terdapat pada hal:
          141 bagian E.
          salah.
     3.  Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan.
     4.  Kegiatan selanjutnya yaitu siswa diminta untuk menceritakan kembali isi bacaan
          dengan kata-kata sendiri.
     Kegiatan Akhir
     5.  Siswa diminta untuk memberikan pendapat apakah cerita yang didengar lucu atau
          tidak.
         
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 28– 29
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                Guru Kelas












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.3


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.1 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
                                                         yang mudah dipahami orang lain             

Indikator                                  :   -   Melakukan  percakapan berdasarkan teks  tentang
                                                        kegiatan sehari-hari                         
-         Menjawab pertanyaan
-         Melakukan Tanya jawab dengan teman mengenai kegiatan sehari-hari
-           
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu membuat percakapan                                   
B.  Materi Pembelajaran
     Cerita tentang kegiatan sehari-hari
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk membaca percakapan yang telah disediakan dengan teman
          nya.                  
     Kegiatan Inti
     2.  Kemudian siswa diminta untuk melakukan percakapan dengan temannya dimuka                                    
           kelas.
     3.  Siswa diminta menjawab pertanyaan
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa dapat membuat percakapan tentang kegiatan hari ini bersama temannya     
       
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 29 - 30
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.3


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menjelaskan isi puisi  anak yang dibaca           
                                                                                          
                                                        
Indikator                                  :   -     Memilih puisi yang disukai
-         Mengungkapkan alasannya memilih puisi yang
      disukai
-         Menjelaskan isi puisi dengan kata-kata sendiri
-          
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menjelaskan kembali puisi pilihannya.
B.  Materi Pembelajaran
     Puisi anak    

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk memilih  puisi yang disukai                                               
                          
     Kegiatan Inti
     2.  Siswa  untuk belajar mengungkapkan alasan memilih  puisi tersebut
         
     3.  Setelah itu siswa diminta untuk membacakan puisi pilihannya
                        
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diharapkan dapat menjelaskan  kembali  isi puisi pilihannya  dengan kata-         
          sendiri.
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 31 - 34
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………

                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.3


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
                                                         dengan huruf tegak bersambung dan memperhatikan
                                                          penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda
                                                          titik
                                                                                                         
Indikator                                  :   -    Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru
                                                         dengan huruf sambung secara tepat dan mudah
                                                         dibaca.
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan
B.  Materi Pembelajaran
      Dikte  
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1. Siswa diajarkan untuk mengingat kembali penggunaan huruf kapital dan tanda titik          
         diakhir kalimat.
    
     Kegiatan Inti
     2.  Siswa diminta untuk memyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung                       
     3.  Setelah itu siswa diminta untuk menyusun kalimat tersebut menjadi cerita
          sederhana
                               
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan
          huruf tegak bersambung dan tanda baca titik dengan tepat . Kalimat yang didikte-
          kan terdapat pada lampiran hal. 141 bagian F
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 34 - 36
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.4

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1. Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
                                                         sendiri isi teks pendek.

Indikator                                  :   Mencatat isi pesan             
-    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain  -    Menuliskan pesan kedalam beberapa kalimat          
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyampaikan pesan pendek                            
B.  Materi Pembelajaran
     Teks pesan pendek
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Guru membisikkan teks pengumuman kepada murid-murid yang duduk paling 
          depan       
     2.  Teks pengumuman terdapat pada halaman 142  I                                  
     Kegiatan inti
   
     Setelah itu siswa yang duduk paling depan tersebut membisikkan lagi pengumuman
     Tadi ke siswa  lain dibelakangnya . Begitu seterusnya
      
     Kegiatan Akhir
     Siswa yang duduk paling belakang harus menuliskan pengumuman tersebut                                                                                     
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  44
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.4


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        berdeklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
                                                        
Indikator                                  :   -   Mendeklamasikan puisi sesuai dengan  isi dan meng
                                                        ekspresikan nya dengan gerak dan mimik yang tepat
-   Mengajukan pertanyaan dari isi puisi
-   Menjelaskan isi puisi                                      

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menjelaskan isi puisi                                 
B.  Materi Pembelajaran
     Puisi anak                        
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk memilih puisi yang disukai                            
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta membacakan puisi pilihannya itu                                          
          
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa diminta untuk menjelaskan kembali isi puisi yang telah dibacanya dengan 
          kata-kata sendiri.
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 46
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.4

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)               
                                                         yang dibaca dengan membaca lancar
                                                        
Indikator                                  :   -     Membaca lancar           
-         Menjawab atau mengajukan pertanyaan isi teks
-         Menceritakan kembali isi bacaan dengan mengguna-
      kan kalimat atau kata - kata sendiri

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan             
B.  Materi Pembelajaran
      Teks bacaan  

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta membacakan bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.                         
                         
     Kegiatan Inti
     2. Setelah itu siswa diminta  membuat pertanyaan sesuai denga  jawaban yang ter -
         sedia. Kata Tanya yang digunakan adalah siapa, kapan, apa, berapa dan bagaimana
     3. Kegiatan selanjutnya siswa diharapkan mampu menceritakan kembali isi bacaan
         dengan kata-kata sendiri.
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diharapkan  mampu menyimpulkan isi bacaan dengan kata-kata sendiri                 
         
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 47 – 49
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas                                                                  










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.4

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis permulaan
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata-kata yang
                                                          tepat.                             
                                                                                                 
                                                                 
                                                         
Indikator                                  :   -    Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru
                                                         dengan huruf sambung secara tepat dan mudah
                                                         dibaca.
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat melengkapi cerita dengan kata yang sesuai dengan gambar.                     
B.  Materi Pembelajaran
      Cerita rumpang
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1. Dimulai dengan menyusun kata acak menjadi kalimat.                                        
                         
    
     Kegiatan Inti
     2.  Kemudian siswa diminta untuk menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi cerita                      
                                
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata yang sesuai dengan gambar   
         
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 49 - 51
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas                  












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.5

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1. Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi                       
                                                        
Indikator                                  :   -     Mendengarkan puisi                                                                 
-         Menjelaskan isi puisi
-         Menyanyikan puisi
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyanyikan lagu  “Bermain laying-layang”            
B.  Materi Pembelajaran
     Puisi anak      
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta menyimak lagu yang dinyanyikan oleh guru.          
     2.  Teks pengumuman terdapat pada halaman 143 bagian K                                 
    
     Kegiatan inti
   
     3. Selesai nenyimak siswa diminta untuk mengidentifikasi kalimat yang benar/salah
         berdasarkan lagu yang didengar.                     
     4. Kegiatan selanjutnya siswa diminta menjelaskan isi lagu yang telah didengar
         dengan kata-kata sendiri.

     Kegiatan Akhir
     4. Siswa diminta menyanyikan lagu yang telah didengarnya                                                                                                     
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  68 - 69
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.5

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
                                                         pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
                                                        
Indikator                                  :   -   Menggunsksn ks;imsy tsnys untuk menanyakan  
                                                         sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan   
                                                        pilihan kata yamg tepat

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat membuat percakapan tentang permainan.                            
B.  Materi Pembelajaran
     Kata tanya                        
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk memperhatikan gambar                                   
     Kegiatan Inti
     2.  Kemudian siswa diharapkan dapat bertanya  jawab dengan teman sebangku                            
          tentang isi gambar
     3.  Setelah itu siswa diminta untuk memperagakan percakapan.

     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa diharapkan dapat membuat percakapan tentag permainan yang disukai
                            
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 63 - 71
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.5


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)               
                                                         yang dibaca dengan membaca lancar
                                                        
Indikator                                  :   -     Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang
                                                          tepat
-         Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari teks     
      bacaan
-    Menyimpulkan isi buku bacaan
                                         

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan             
B.  Materi Pembelajaran
      Teks bacaan  

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta membaca bacaan dengan lancar                               
                         
     Kegiatan Inti
     2. Setelah itu siswa diharapkan dapat menidentifikasi kalimat yang sesuai dengan
         bacaan.
     3. Selanjutnya siswa diminta untuk melakukan tanya jawab tentang isi bacaan    
                                  
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diharapkan  mampu menyimpulkan isi bacaan                
         
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 71 - 72
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………

                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  4.5

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan dengan
                                                          huruf tegak bersambung dan memperhatikan
                                                          penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda
                                                          titik
                                                                                                         
Indikator                                  :   -    Menuliskan kalimat  yang didiktekan dengan    
                                                         menggunakan  huruf tegak bersambung.       
                                                               
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menuliskan judul karangan dengan menggunakan huruf kapital
B.  Materi Pembelajaran
      Dikte 
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1. Siswa diminta melengkapi kalimat yang didiktekan . Kalimat kalimat yang didikte-         
         kan terdapat dalam lampiran hal. 143 bagian L
    
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa diperintahkan menuliskan kalimat penuh yang didiktekan .
          kalimat-kalimat tersebut terdapat dalam lampiran hal. 144 bagian M.
     3.  Selanjutnya siswa diharapkan mampu menyusun kalimat yang didiktekan menjadi
          sebuah cerita.
                               
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diperkenalkan dengan penggunaan huruf capital untuk menulis judul  
          karangan.                                                                      
                                                      
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 73 - 75
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.6

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1. Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi                       
                                                        
Indikator                                  :   -     Mendengarkan puisi                                                                
-         Menjawab pertanyaan dari isi puisi
-         Menceritakan kembali isi puisi
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menceritakan kembali isi puisi                       
B.  Materi Pembelajaran
      Puisi anak      
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Untuk kompetensi mendengarkan kali ini dimulai dengan mendengarkan puisi
          anak. Yang dibacakan guru puisi tersebut dalam lampiran hal. 144 bagian P
                                                                                          
      Kegiatan inti
     2.  Setelah selesai menyimak siswa diminta menjawab pertayaan.                                                                                   
                                  .                     
     Kegiatan Akhir
     3. Siswa menceritakan kembali isi puisi yang didengarnya.                                                                                                                        
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  84 - 85
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.6


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
                                                          yang mudah dipahami orang lain            
                                                        
Indikator                                  :   -    Menceritakan pengalaman pribadi misalnya dalam   
                                                         bermain, belajar naik sepeda dan lain-lain.           
                                                    -    Menjawab pertanyaan tentang cerita teman.

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menjawab pertanyaan cerita temannya..                           
B.  Materi Pembelajaran
      Cerita pengalaman                
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Membaca contoh cerita pengalaman                                          
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan cerita tersebut                       
     3.  Setelah itu siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri ketika sakit kepada
          teman untuk membantu siswa bercerita mereka diminta menjawab pertanyaan
          lebih dulu      
                                                                  
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkancerita temannya      
                           
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 85 - 88
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.6

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)               
                                                         yang dibaca dengan membaca lancar
                                                        
Indikator                                  :   -    Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang
                                                          tepat
-    Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari teks    
      bacaan
-    Menyimpulkan isi buku bacaan
                                        

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu meringkas bacaan                         
B.  Materi Pembelajaran
      Teks bacaan  

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Dimulai dengan membaca lancar sebuah cerita                                           
                       
     Kegiatan Inti
     2. Setelah mampu membaca lancar siswa diminta untuk mengidentifikasi pernyataan
         benar/salah
     3. Kemudian siswa diminta untuk bertanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan
         yang dibaca.  
         
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara melengkapi kalimat dengan
          kata-kata sendiri

E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 88 - 90
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas                  








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.6

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                              

Kompetensi Dasar                    :  4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat                                                        
                                                                                                     
                                                                                                                                                         
Indikator                                  :   -    Melengkapi cerita berdasarkan gambar          
                                                    -    Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi cerita                                    .                                                               
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu membuat kalimat                                             
B.  Materi Pembelajaran
      Cerita rumpang
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1. Diawali dengan melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang telah disediakan.            
                                                       
    
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa diminta untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi 
          cerita.                                                           
                                                                                    
                                                        
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta untuk membuat kalimat sendiri berdasarkan gambar.       
                                                                                          
                                                 
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 90 - 93
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                            


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.7

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1. Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.1  Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat           
                                                          sendiri isi teks pendek.

Indikator                                  :   -     Menyimak cerita yang dibaca                                                        
-         Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengar
-         Menceritakan kembali berita yang didengar dengan
      kata-kata atau kalimat sendiri.
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menceritakan kembali bacaan yang didengarnya.               
B.  Materi Pembelajaran
      Teks bacaan     
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk mendengarkan bacaan yang dibacakan guru.    
            
     Kegiatan inti                                                                          
     2.  Untuk menguji kemampuan siswa siswa diminta untuk memberi tanda centang (V)                                                                   
          untuk kalimat yang sesuaidengan bacaan
     3.  Lalu siswa diminta untuk melengkapi kalimat sesuai isi cerita.
     4.  Selanjutnya yaitu siswa diminta untuk saling bertanya jawab tentang bacaan

     Kegiatan Akhir
     5. Siswa diminta untuk menceritakan kembali bacaan  yang telah didengar                                                                                                                        
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  100 - 101
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                Guru Kelas














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.7

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                        secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan
                                                        deklamasi

Kompetensi Dasar                    :  2.3  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
                                                                                                    
                                                        
Indikator                                  :   -     Mendeklamasikan puisi pilihannya.            
-         Menjelaskan isi puisi                   
-         Menyanyikan puisi

                                                        
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyanyikan puisi pilihannya                                    
B.  Materi Pembelajaran
      Puisi anak                        
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk membentuk kelompok.
                                   
     Kegiatan Inti
     2.  Setelah itu siswa dan kelompoknya diminta memilih puisi yang mereka sukai                       
     3.  Selanjutnya setiap kelompok diminta membaca kan puisi pilihannya               
     4.  Setiap kelompok juga diminta untuk memberikan alasan memilih puisi tersebut
     5.  Kemudian setiap kelompok diminta untuk menjelaskan puisi pilihannya dengan
          kata-kata sendiri.

    Kegiatan Akhir                                                               
    4.  Setiap kelompok diminta menyanyikan puisi pilihannya.                       
                           
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 102 - 104
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  Lisan                                                                   

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.7

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)               
                                                         yang dibaca dengan membaca lancar
                                                        
Indikator                                  :   -    Menulis kalimat yang idiktekan guru menggunakan
                                                          tulisan tegak bersambung.
-    Menyusun kalimat yang didiktekan menjadi sebuah  
      karangan
                                                                         

Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menceritakan isi bacaan.                 
B.  Materi Pembelajaran
      Teks bacaan  

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta membaca bacaab (dalam kelompok) dengan lafal dan intonasi               
          yang tepat.  
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta mengajukan petanyaan sesuai dengan jawaban yang 
          telah disediakan
                                                                                         
                                
     Kegiatan Akhir
     3..  Siswa diminta menceritakan isi bacaan yang dibaca dengan cara meringkas    
           bacaan

E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 105 - 106
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas      










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.7

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru                                                  
                                                          dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan            
                                                          memperhatikan penggunaan huruf kapital serta
                                                          tanda titik                                                                                                                                              
        
Indikator                                  :                                                       
                                                                                        .                                                                       
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menyusun kalimat menjadi sebuah cerita                                                     
B.  Materi Pembelajaran
      Dikte                
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.   Siswa diminta untuk menulis kalimat yang didiktekan guru. Kalimat-kalimat yang           
           didiktekan terdapat dalam lampiran hal. 146 / S                                           
    
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta untuk menulis  kalimat yang didiktekan guru mengguna
          kan huruf tegak bersambung. Kalimat yang didiktekan terdapat dalam lampiran hal.    
          146 / T                                                                                   
                                                        
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa dapat menyusun kalimat yang ditulis menjadi sebuah cerita              
                                                                                         
                                                 
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 107 - 108
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.8


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  1. Mendengarkan
                                                       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                    :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi.                                  
                                      

Indikator                                  :   -    Mendengarkan puisi                                                                      
-    Menjawab pertanyaan dari puisi                   
-    Menjelaskan isi puisi                          
-    Menceritakan kembali isi puisi.
     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu mendiskripsikan puisi                                      
B.  Materi Pembelajaran
      Puisi anak      
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa diminta untuk mendengarkan puisi  yang dibacakan oleh guru. Puisi yang
          dibacakan terdapat dalam lampiran hal. 147 / W.
            
     Kegiatan inti                                                                          
     2.  Setelah itu siswa diminta untuk mengidentifikasi pernyataan benar / salah.                                                                    
     3.  Kegiatan selanjutnya yaitu siswa dapat menjawab pertanyaan.
    
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diminta mendiskripsikan puisi yangbtelah didengarnya                                                                                                                                
        
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  116 - 118
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                            ………………………………………………………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.8


Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  2.  Berbicara 
                                                        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
                                                       
                                                       
Kompetensi Dasar                    :  2.1  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan  
                                                          kata yang tepat dan santun berbahasa.     
                                                        
Indikator                                  :   -     Menggunakan kalimat tanya  untuk menanyakan
                                                          sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
                                                          pilihan kata ayang tepat

                                                         
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu memperagakan percakapan.                                               
B.  Materi Pembelajaran
      Kalimat tanya                     
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Kegiatan berbicara dalam pelajaran 8 dimulai dengan membuat pertanyaan     
          berdasarkan jawaban yang tersedia.
                                         
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta untuk memperagakan percakapan yang telah disedia-
          kan.
     3.  Kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan.
     4.  Setelah itu siswa diharapkan mampu melengkapi percakapan dengan kalimat
          tanya  yang tepat. Siswa  juga diharapkan dapat menebak tempat percakapan
          tersebut terjadi.

  Kegiatan Akhir                                                               
    4.  Setiap kelompok diminta menyanyikan puisi pilihannya.                                                                                                                                                                                              
                             
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 118 - 120
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………………………………………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.8

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  3. Membaca 
                                                       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                       membaca puisi anak                                    

Kompetensi Dasar                    :  3.2   Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca                          
                                                                                           
                                                        
Indikator                                  :   -    Membacakan puisi pilihannya dengan ekspresi dan 
                                                         Gerak mimik yang tepat
-    Menjelaskan isi puisi                             
            
                                     
Alokasi Waktu                         :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menjelaskan isi puisi                    
B.  Materi Pembelajaran
      Puisi anak    

C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.  Siswa memilih puisi anak yang disukainya                                              
                       
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta untuk membaca puisi pilihannya                
     3.  Kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan puisi
          pilihannya.
    
               
     Kegiatan Akhir
     4.  Siswa diharapkan mampu menjelaskan kembali isi puisi pilihannya.                                                                                 
          kata-kata sendiri

E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 121 – 123
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.8

Nama Sekolah              : 
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        :  II / I
Standar Kompetensi                 :  4. Menulis 
                                                       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
                                                       dan dikte                                             

Kompetensi Dasar                    :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru                                                   
                                                          dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan            
                                                          memperhatikan penggunaan huruf kapital serta
                                                          tanda titik                                                                                                                                              
        
Indikator                                  :                                                       
                                                                                        .                                                                       
     
Alokasi Waktu                         :   2 x pertemuan                              

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu menyusun kalimat menjadi cerita sederhana                                                    
B.  Materi Pembelajaran
      Dikte                
C.  Metode Pembelajaran
      ……………………………………………………………………………………….
D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
     1.   Siswa diminta menyalin  kalimat acak dengan menggunakan huruf kapital dan            
           tanda titik dengan tepat.
                                                    
    
     Kegiatan Inti
     2.  Selanjutnya siswa diminta menyusun kalimat acak yang telah disalin      
          menjadi cerita sederhana
     3.  Setelah itu siswa diminta menuliskan kalimat yang didiktekan dengan mengguna-
          kan huruf kalital dan tanda titik dengan tepat.
     4. Kalimat yang didiktekan terdapat pada hal. 147 / X
                                                        
     Kegiatan Akhir
     3.  Siswa  diminta menyusun kalimat yang telah ditulis menjadi cerita sederhana.                         
                                                                                         
                                                 
E.  Sumber Pembelajaran

     •  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 123 - 125
        Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

     •  …………                                                           

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar