SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan | ||||||
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia | |||||||
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1. | 1.1 Mendeskripsikan hubungan | * Rangka | - Menjelaskan kegunaan rangka | - Mengamati model (torso) rangka manusia | 4 Jp | - Model rangka | - Tes Tertulis |
antara struktur kerangka | manusia, | - Menyebutkan bagian-bagian rangka beserta | manusia | - Tes Lisan | |||
tubuh manusia dengan | fungsi dan | fungsinya | - Buku sumber | - Tes Perbuatan | |||
fungsinya | pemeliharaan | - Mengamati berbagai macam aktifitas manusia | |||||
nya | |||||||
- Mempratekkan sikap tubuh | - Memperagakan berbagai macam aktivitas | ||||||
yang berhubungan dengan organ tubuh | |||||||
(duduk, berdiri, tidur) yang baik | |||||||
- Menyimpulkan cara kerja organ tubuh | |||||||
secara baik | |||||||
1.2 Menerapkan cara memeliha- | * Rangka manu- | - Menjelaskan cara memelihara kese- | - Mengamati gambar orang yang menderita pe- | 4 Jp | - Model rangka | - Tes tertulis | |
ra kesehatan kerangka tubuh | sia, fungsi | hatan kerangka tubuh | nyakit yang berhubungan dengan rangka/tu- | manusia | - Tes lisan | ||
dan pemeliha- | lang | - Buku sumber | - Unjuk kerja | ||||
raannya | - Membacakan deskripsi tentang penyakit yang | (Perbuatan) | |||||
berkaitan dengan rangka | |||||||
- Mempraktekkan cara memelihara ke- | - Mengamati berbagai aktivitas cara memeliha- | ||||||
sehatan kerangka tubuh | ra kesehatan kerangka tubuh | ||||||
- Memberikan contoh cara mempraktekkan ca- | |||||||
ra memelihara kesehatan kerangka tubuh | |||||||
1.3 Mendeskripsikan hubungan | * Alat indra | - Mengidentifikasi alat-alat indera ma- | - Menyebutkan alat indera manusia berdasar- | 4 Jp | - Gambar | - Tes tertulis | |
antara struktur panca indra | manusia, fung- | nusia berdasarkan pengamatan | kan pengamatan pada gambar alat indera | - Buku sumber | - Tes lisan | ||
dengan fungsinya | si dan peme- | - Unjuk kerja | |||||
liharaannya | - Menjelaskan kegunaan alat indera | - Mendiskusikan kegunaan alat indera | |||||
- Menjelaskan hasil diskusi | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan | ||||||
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia | |||||||
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1.4 Menerapkan cara memeliha- | * Alat indera | - Menjelaskan cara memelihara kese- | - Mengamati berbagai aktivitas cara memeliha- | 4 Jp | - Gambar | - Tes Tertulis | |
ra kesehatan panca indera | manusia dan | hatan panca indera | ra kesehatan panca indera | - Buku sumber | - Tes Lisan | ||
pemeliharaan- | - Menyimpulkan cara memelihara kesehatan | - Tes Perbuatan | |||||
nya | panca indera | ||||||
- Mempraktekkan cara memelihara ke- | - Memberikan contoh cara merawat alat indera | ||||||
sehatan panca indera | - Membuat kesimpulan cara merawat panca | ||||||
indera. | |||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas IV | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian | ||||||
tumbuhan dengan fungsinya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
2 | 2.1 Menjelaskan hubungan anta- | * Bagian-bagian | - Mengidentifikasikan bagian tumbuh- | - Observasi lingkungan terdekat | 4 Jp | - Gambar | - Tes tertulis |
ra struktur akar tumbuhan | tumbuhan | tumbuhan dan fungsinya bagi tum- | - Melakukan identifikasi tentang ciri bagian | - Buku sumber | - Tes lisan | ||
dengan fungsinya | buhan itu sendiri (akar) | tumbuh-tumbuhan (akar) | - Unjuk kerja | ||||
- Menjelaskan fungsi struktur akar | - Menjelaskan fungsi bagian tumbuh-tumbuhan | ||||||
tumbuhan | (akar) | ||||||
2.2 Menjelaskan hubungan anta- | * Bagian-bagian | - Mengidentifikasi dan menjelaskan ba- | - Melakukan identifikasi tentang ciri-ciri batang | 4 Jp | |||
ra struktur batang tumbuhan | tumbuhan | gian tubuh tumbuhan (batang tumbu- | tumbuhan dan menjelaskan fungsi batang | ||||
dengan fungsinya | han) | tumbuhan | |||||
2.3 Menjelaskan hubungan anta- | * Bagian-bagian | - Mengidentifikasi dan menjelaskan ba- | - Melakukan identifikasi dan menjelaskan ciri- | ||||
ra struktur daun tumbuhan | tumbuhan | gian tubuh tumbuhan (daun) dan fung- | ciri daun dan fungsinya | ||||
dengan fungsinya | sinya | ||||||
2.4 Menjelaskan hubungan anta- | * bagian-bagian | - Mendidentifikasi ciri-ciri bunga | - Melakukan observasi langsung di lingkungan | 4 Jp | |||
ra bunga dengan fungsinya | tumbuhan | sekitar | |||||
- Melakukan identifikasi bagian-bagian bunga | |||||||
- Menjelaskan fungsi bunga | - Menjelaskan fungsi bunga pada tumbuhan | ||||||
yang berbeda | |||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Mengetahui, | Guru Kelas IV | ||||||
Kepala SDN Ciracas 15 Pg | |||||||
Drs. H. Arsyad Umar | (…………………………………) | ||||||
NIP. 470 018 189 | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : i | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya | ||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
3 | 3.1 Mengidentifikasikan jenis | * Jenis makan- | - Mengidentifikasi jenis makanan he- | - Melakukan identifikasi jenis makanan hewan | 4 Jp | - Kartu nama- | - Penilaian produk |
makanan hewan | an hewan | wan | nama hewan | - Fortofolio | |||
- Buku sumber | |||||||
- Menyebutkan jenis makanan hewan | - Menyebutkan macam-macam makanan he- | ||||||
wan | |||||||
3.2 Menggolongkan hewan ber- | * Jenis makan- | - Menggolongkan hewan-hewan yang | - Melakukan identifikasi dan klasifikasi hewan | 2 Jp | |||
dasarkan jenis makanannya | an hewan | termasuk pemakan tumbuhan, pema- | berdasarkan jenis makanannya | ||||
kan daging dan pemakan segala | - Membuat daftar nama hewan berdasarkan | ||||||
jenis makanannya | |||||||
- Membandingkan jenis-jenis makanan hewan | |||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas IV | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : S | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup | ||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
4 | 4.1 Mendeskripsikan daur hidup | * Daur hidup | - Mendeskripsikan urutan daur hidup | - Melakukan pengamatan gambar tentang pro- | 2 Jp | - Lingkungan | - Tes tertulis |
beberapa hewan di lingkung- | hewan | kupu-kupu, nyamuk, kecoa secara | ses metamorfosa kupu-kupu, nyamuk, kecoa | - Model daur | - Tes lisan | ||
an sekitar misal kecoa, nya- | sederhana | - Membandingkan metamorfosis sempurna dan | kupu-kupu | - Unjuk kerja | |||
muk, kupu-kupu, kucing | tidak sempurna | - Gambar proses | |||||
- Menyimpulkan perbedaan metamorfosis sem- | perkembang- | ||||||
purna dan tidak sempurna | biakan | ||||||
4.2 Menunjukkan kepedulian | * Cara merawat | - Mengidentifikasikan cara merawat | - Mengamati cara pemeliharaan hewan peliha- | 4 Jp | - Pengamatan | - Tes tertulis | |
terhadap hewan peliharaan | dan memeliha- | dan memelihara hewan peliharaan | raan di lingkungan sekitar | siswa | - Tes lisan | ||
misalnya kucing, ayam, ikan | ra hewan peli- | - Lingkungan | - Unjuk kerja | ||||
haraan | - Mendemonstrasikan cara merawat | - Menceritakan cara merawat dan memelihara | - Buku sumber | - Produk | |||
dan memelihara hewan pelaharaan | hewan peliharaan | ||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas IV | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : SDN Ciracas 15 Pagi | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara | ||||||
makhluk hidup dengan lingkungannya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
5 | 5.1 Mengidentifikasi beberapa | * Saling keter- | - Mengidentifikasi hubungan khas an- | - Mengamati hubungan antar makhluk hidup | 4 Jp | - Lingkungan | - Tes tertulis |
jenis hubungan khas (simbio- | gantungan an- | tar makhluk hiidup (simbiosis), misal | di sekitar | - Model daur | - Tes lisan | ||
sis) dan hubungan "makan | tara makhluk | lebah, kupu-kupu dan bunga, tum- | - Mengklasifikasi jenis makhluk hidup dan cara | kupu-kupu | - Unjuk kerja | ||
dan dimakan " antara makh- | hidup | buhan parasit dan inangnya | aktivitasnya/kegiatannya | - Gambar proses | |||
luk hidup (rantai makanan) | - Membedakan hubungan antara makhluk hidup | perkembang- | |||||
biakan | |||||||
- Mengkomunikasikan manfaat dan ke- | - Menjelaskan manfaat dari dua hubungan | ||||||
rugian yang terjadi akibat hubungan | makhluk hidup yang berbeda (kupu-kupu | ||||||
antar makhluk hidup | dengan bunga) dan yang merugikan (benalu | ||||||
dengan pohon mangga) | |||||||
5.2 Mendeskripsikan hubungan | * Saling keter- | - Mengamati bentuk-bentuk saling ke- | - Mengamati gambar, mendiskusikan hasil | 2 Jp | - Kebun | - Tes tertulis | |
antara makhluk hidup dengan | gantungan an- | tergantungan antara hewan dan tum- | pengamatan | - Gambar | - Tes lisan | ||
lingkungannya | tara makhluk | buhan yang terdekat di lingkungan | - Membuat rangkuman | - Peristiwa ma- | - Unjuk kerja | ||
hidup | misal : hewan memakan rumput, ca- | - Menafsirkan manfaat dari hubungan saling ke- | kan dan minum | ||||
cing memakan daun-daun busuk dan | tergantungan hewan dan rumput serta cacing | ||||||
berguana bagi kesuburan tanah | dan daun-daun busuk | ||||||
- Menggambarkan hubungan makan | - Menggambarkan bagian rantai kehidupan dan | - Gambar ling- | - Tes tertulis | ||||
dan di makan antar makhluk hidup | rantai makanan | kungan terce- | - Tes lisan | ||||
melalui rantai makanan sederhana | - Menjelaskan gambar bagan rantai makanan | mar | - Unjuk kerja | ||||
- Memperagakan peristiwa makan di makan | - Gambar hutan | ||||||
yang rusak | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : SDN Ciracas 15 Pagi | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara | ||||||
makhluk hidup dengan lingkungannya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
- Menggambarkan hubungan makan | - Menggambarkan bagian rantai kehidupan dan | - Gambar ling- | - Tes tertulis | ||||
dan di makan antar makhluk hidup | rantai makanan | kungan terce- | - Tes lisan | ||||
melalui rantai makanan sederhana | - Menjelaskan gambar bagan rantai makanan | mar | - Unjuk kerja | ||||
- Memperagakan peristiwa makan di makan | - Gambar hutan | ||||||
yang rusak | |||||||
- Mendeskripsikan kemungkinan yang | - Diskusi tentang jaring-jaring makanan | ||||||
akan terjadi jika lingkungan berubah | - Menganalisa akibat dari penyimpangan ling- | ||||||
sebagai akibat dari pencemaran di | kungan | ||||||
sungai, kebakaran di hutan, pene- | - Memprediksi akibat penyimpangan lingkungan | ||||||
bangan pohon | - Menyimpulkan akibat dari penyimpangan | ||||||
lingkungan | |||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas IV | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : | ||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 6. Benda dan Sifatnya : | ||||||
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta | |||||||
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
6 | 6.1 Mengidentifikasi wujud benda | * Benda padat, | - Mengidentifikasi sifat-sifat benda pa- | - Melakukan percobaan tentang sifat-sifat ben- | 4 Jp | - Benda padat' | - Tes tertulis |
padat, cair, gas yang memili- | cair, gas serta | dat, cair dan gas | da padat, cair dan gas | cair, gas | - Tes lisan | ||
ki sifat tertentu | perubahannya | - Mencatat hasil percobaan tentang sifat-sifat | - Kit IPA | - Unjuk kerja | |||
benda padat, cair dan gas | |||||||
- Melaporkan hasil percobaan tentang sifat ben- | |||||||
da padat, cair dan gas | |||||||
- Menggolongkan benda-benda berda- | - Mengelompokkan dan mengidentifikasi benda | - Lingkungan | - Tes lisan | ||||
sarkan wujudnya | berdasarkan wujudnya | sekitar/benda- | - Produk | ||||
- Membedakan berbagai benda berdasarkan | benda di seki- | ||||||
wujudnya | tar | ||||||
6.2 Mengidentifikasi terjadinya | * Benda padat, | - Mengidentifikasi perubahan wujud | - Melakukan percobaan tentang perubahan wu- | 2 Jp | - Kit IPA | - Unjuik kerja | |
perubahan bahan wujud cair- | cair, gas serta | benda yang dapat kembali ke wujud | jud benda yang dapat kembali ke wujud se- | - Air, lilin, es | |||
padat-cair, cair-gas-cair, pa- | perubahannya | semula | mula | batu, gula pasir | |||
dat-gas | - Menyimpulkan perubahan wujud benda yang | ||||||
dapat kembali ke wujud semula | |||||||
- Menjelaskan faktor yang mempenga- | - Melakukan percobaan yang menunjukkan | 4 Jp | - Tes tertulis | ||||
ruhi perubahan wujud benda | pengaruh suhu terhadap perubahan wujud | - Tes lisan | |||||
benda misal akibat pemanasan atau pendi- | - Unjuk kerja | ||||||
nginan | |||||||
- Memberikan contoh perubahan wujud | - Melakukan percobaan yang menunjukkan | ||||||
benda | contoh perubahan wujud benda, misalnya air | ||||||
di panaskan menjadi uap, air di dinginkan | |||||||
menjadi es | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 4 ( empat ) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 6. Benda dan Sifatnya : | ||||||
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta | |||||||
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
6.3 Menjelaskan hubungan anta- | * Sifat bahan | - Mengidentifikasi kesesuaian bahan | - Menyebutkan macam-macam benda, sifat | 6 Jp | - Plastik | - Tes tertulis | |
ra sifat bahan dengan kegu- | dan kegunaan- | dan kegunaannya, misalnya plastik | dan kegunaannya | - Kain | - Tes lisan | ||
naannya | nya | untuk jas hujan | - Mengelompokkan benda berdasarkan sifat | - Kertas | - Unjuk kerja | ||
dan kegunaannya | |||||||
- Membandingkan berbagai bahan un- | - Mengamati berbagai bahan berdasarkan sifat | - Tes tertulis | |||||
tuk menentukan bahan yang paling | dan keguanaannya | - Tes lisan | |||||
cocok untuk tujuan tertentu | - Menjelaskan bahan yang paling cocok/baik | - Unjuk kerja | |||||
untuk tujuan tertentu (membuat payung, jas | |||||||
hujan) | |||||||
- Cadangan | |||||||
Kamis, 28 April 2011
SILABUS IPA KELAS IV /I
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar