Kamis, 28 April 2011

SILABUS IPA KELAS IV /I


SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH :



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan





  1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia




      dengan fungsinya, serta pemeliharaannya











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
1. 1.1 Mendeskripsikan hubungan * Rangka - Menjelaskan kegunaan rangka - Mengamati model (torso) rangka manusia 4 Jp - Model rangka - Tes Tertulis
        antara struktur kerangka   manusia,   - Menyebutkan bagian-bagian rangka beserta     manusia - Tes Lisan
        tubuh manusia dengan   fungsi dan     fungsinya   - Buku sumber - Tes Perbuatan
        fungsinya   pemeliharaan   - Mengamati berbagai macam aktifitas manusia      
      nya          
      - Mempratekkan sikap tubuh - Memperagakan berbagai macam aktivitas      
          yang berhubungan dengan organ tubuh       
          (duduk, berdiri, tidur) yang baik      
        - Menyimpulkan cara kerja organ tubuh       
          secara baik      
               
  1.2 Menerapkan cara memeliha- * Rangka manu- - Menjelaskan cara memelihara kese- - Mengamati gambar orang yang menderita pe- 4 Jp - Model rangka - Tes tertulis
       ra kesehatan kerangka tubuh    sia, fungsi   hatan kerangka tubuh   nyakit yang berhubungan dengan rangka/tu-     manusia - Tes lisan
      dan pemeliha-     lang   - Buku sumber - Unjuk kerja
      raannya   - Membacakan deskripsi tentang penyakit yang       (Perbuatan)
          berkaitan dengan rangka      
               
      - Mempraktekkan cara memelihara ke- - Mengamati berbagai aktivitas cara memeliha-      
        sehatan kerangka tubuh   ra kesehatan kerangka tubuh      
        - Memberikan contoh cara mempraktekkan ca-      
          ra memelihara kesehatan kerangka tubuh      
               
  1.3 Mendeskripsikan hubungan * Alat indra  - Mengidentifikasi alat-alat indera ma- - Menyebutkan alat indera manusia berdasar- 4 Jp - Gambar - Tes tertulis
       antara struktur panca indra   manusia, fung-   nusia berdasarkan pengamatan   kan pengamatan pada gambar alat indera   - Buku sumber - Tes lisan
       dengan fungsinya   si dan peme-         - Unjuk kerja
      liharaannya - Menjelaskan kegunaan alat indera - Mendiskusikan kegunaan alat indera      
        - Menjelaskan hasil diskusi      
               








SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH




MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan





  1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia




      dengan fungsinya, serta pemeliharaannya











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
  1.4 Menerapkan cara memeliha- * Alat indera - Menjelaskan cara memelihara kese- - Mengamati berbagai aktivitas cara memeliha- 4 Jp - Gambar - Tes Tertulis
       ra kesehatan panca indera   manusia dan   hatan panca indera   ra kesehatan panca indera   - Buku sumber - Tes Lisan
      pemeliharaan-   - Menyimpulkan cara memelihara kesehatan     - Tes Perbuatan
      nya     panca indera      
               
      - Mempraktekkan cara memelihara ke- - Memberikan contoh cara merawat alat indera      
        sehatan panca indera - Membuat kesimpulan cara merawat panca      
          indera.      
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               













Jakarta, ………………………….




Guru Kelas IV



























(…………………………………)















SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH




MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian





      tumbuhan dengan fungsinya











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
2 2.1 Menjelaskan hubungan anta- * Bagian-bagian - Mengidentifikasikan bagian tumbuh- - Observasi lingkungan terdekat 4 Jp - Gambar - Tes tertulis
        ra struktur akar tumbuhan   tumbuhan   tumbuhan dan fungsinya bagi tum- - Melakukan identifikasi tentang ciri bagian   - Buku sumber - Tes lisan
        dengan fungsinya     buhan itu sendiri (akar)   tumbuh-tumbuhan (akar)     - Unjuk kerja
               
      - Menjelaskan fungsi struktur akar - Menjelaskan fungsi bagian tumbuh-tumbuhan      
        tumbuhan   (akar)      
               
  2.2 Menjelaskan hubungan anta- * Bagian-bagian - Mengidentifikasi dan menjelaskan ba- - Melakukan identifikasi tentang ciri-ciri batang 4 Jp    
       ra struktur batang tumbuhan   tumbuhan   gian tubuh tumbuhan (batang tumbu-   tumbuhan dan menjelaskan fungsi batang      
       dengan fungsinya     han)   tumbuhan         
               
  2.3 Menjelaskan hubungan anta- * Bagian-bagian - Mengidentifikasi dan menjelaskan ba- - Melakukan identifikasi dan menjelaskan ciri-      
        ra struktur daun tumbuhan   tumbuhan   gian tubuh tumbuhan (daun) dan fung-   ciri daun dan fungsinya      
       dengan fungsinya     sinya        
               
  2.4 Menjelaskan hubungan anta- * bagian-bagian - Mendidentifikasi ciri-ciri bunga - Melakukan observasi langsung di lingkungan 4 Jp    
       ra bunga dengan fungsinya   tumbuhan     sekitar      
        - Melakukan identifikasi bagian-bagian bunga      
               
      - Menjelaskan fungsi bunga - Menjelaskan fungsi bunga pada tumbuhan      
     
  yang berbeda      
               













Jakarta, ………………………….

Mengetahui, 

Guru Kelas IV

Kepala SDN Ciracas 15 Pg





















Drs. H. Arsyad Umar

(…………………………………)

NIP. 470 018 189












SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : i



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya










No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
3 3.1 Mengidentifikasikan jenis * Jenis makan- - Mengidentifikasi jenis makanan he- - Melakukan identifikasi jenis makanan hewan 4 Jp - Kartu nama- - Penilaian produk
       makanan hewan   an hewan   wan       nama hewan - Fortofolio
            - Buku sumber  
      - Menyebutkan jenis makanan hewan - Menyebutkan macam-macam makanan he-      
          wan      
               
  3.2 Menggolongkan hewan ber- * Jenis makan- - Menggolongkan hewan-hewan yang - Melakukan identifikasi dan klasifikasi hewan 2 Jp    
       dasarkan jenis makanannya   an hewan   termasuk pemakan tumbuhan, pema-   berdasarkan jenis makanannya      
        kan daging dan pemakan segala - Membuat daftar nama hewan berdasarkan      
          jenis makanannya      
        - Membandingkan jenis-jenis makanan hewan      
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               













Jakarta, ………………………….




Guru Kelas IV



























(…………………………………)























SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : S



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup










No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
4 4.1 Mendeskripsikan daur hidup * Daur hidup  - Mendeskripsikan urutan daur hidup  - Melakukan pengamatan gambar tentang pro- 2 Jp - Lingkungan - Tes tertulis
       beberapa hewan di lingkung-   hewan   kupu-kupu, nyamuk, kecoa secara   ses metamorfosa kupu-kupu, nyamuk, kecoa   - Model daur - Tes lisan
       an sekitar misal kecoa, nya-     sederhana - Membandingkan metamorfosis sempurna dan     kupu-kupu - Unjuk kerja
       muk, kupu-kupu, kucing       tidak sempurna   - Gambar proses  
        - Menyimpulkan perbedaan metamorfosis sem-     perkembang-  
          purna dan tidak sempurna     biakan  
               
  4.2 Menunjukkan kepedulian * Cara merawat - Mengidentifikasikan cara merawat  - Mengamati cara pemeliharaan hewan peliha- 4 Jp - Pengamatan - Tes tertulis
       terhadap hewan peliharaan   dan memeliha-   dan memelihara hewan peliharaan   raan di lingkungan sekitar     siswa - Tes lisan
       misalnya kucing, ayam, ikan   ra hewan peli-       - Lingkungan - Unjuk kerja
      haraan - Mendemonstrasikan cara merawat - Menceritakan cara merawat dan memelihara   - Buku sumber - Produk
        dan memelihara hewan pelaharaan   hewan peliharaan      
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               













Jakarta, ………………………….




Guru Kelas IV



























(…………………………………)























SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : SDN Ciracas 15 Pagi



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara




      makhluk hidup dengan lingkungannya











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
5 5.1 Mengidentifikasi beberapa * Saling keter- - Mengidentifikasi hubungan khas an- - Mengamati hubungan antar makhluk hidup 4 Jp - Lingkungan - Tes tertulis
       jenis hubungan khas (simbio-   gantungan an-   tar makhluk hiidup (simbiosis), misal   di sekitar   - Model daur - Tes lisan
       sis) dan hubungan "makan   tara makhluk   lebah, kupu-kupu dan bunga, tum- - Mengklasifikasi jenis makhluk hidup dan cara     kupu-kupu - Unjuk kerja
       dan dimakan " antara makh-   hidup   buhan parasit dan inangnya   aktivitasnya/kegiatannya   - Gambar proses  
       luk hidup (rantai makanan)     - Membedakan hubungan antara makhluk hidup     perkembang-  
              biakan  
      - Mengkomunikasikan manfaat dan ke- - Menjelaskan manfaat dari dua hubungan       
        rugian yang terjadi akibat hubungan   makhluk hidup yang berbeda (kupu-kupu      
        antar makhluk hidup   dengan bunga) dan yang merugikan (benalu      
          dengan pohon mangga)      
               
  5.2 Mendeskripsikan hubungan * Saling keter- - Mengamati bentuk-bentuk saling ke- - Mengamati gambar, mendiskusikan hasil 2 Jp - Kebun - Tes tertulis
       antara makhluk hidup dengan   gantungan an-   tergantungan antara hewan dan tum-   pengamatan   - Gambar - Tes lisan
       lingkungannya   tara makhluk   buhan yang terdekat di lingkungan - Membuat rangkuman   - Peristiwa ma- - Unjuk kerja
      hidup   misal : hewan memakan rumput, ca- - Menafsirkan manfaat dari hubungan saling ke-     kan dan minum  
        cing memakan daun-daun busuk dan   tergantungan hewan dan rumput serta cacing      
        berguana bagi kesuburan tanah   dan daun-daun busuk      
               
      - Menggambarkan hubungan makan - Menggambarkan bagian rantai kehidupan dan   - Gambar ling- - Tes tertulis
        dan di makan antar makhluk hidup   rantai makanan     kungan terce- - Tes lisan
        melalui rantai makanan sederhana - Menjelaskan gambar bagan rantai makanan     mar - Unjuk kerja
        - Memperagakan peristiwa makan di makan   - Gambar hutan  
              yang rusak  
               
               
               
               
               
               
















SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH : SDN Ciracas 15 Pagi



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara




      makhluk hidup dengan lingkungannya











No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
      - Menggambarkan hubungan makan - Menggambarkan bagian rantai kehidupan dan   - Gambar ling- - Tes tertulis
        dan di makan antar makhluk hidup   rantai makanan     kungan terce- - Tes lisan
        melalui rantai makanan sederhana - Menjelaskan gambar bagan rantai makanan     mar - Unjuk kerja
        - Memperagakan peristiwa makan di makan   - Gambar hutan  
              yang rusak  
      - Mendeskripsikan kemungkinan yang - Diskusi tentang jaring-jaring makanan      
        akan terjadi jika lingkungan berubah - Menganalisa akibat dari penyimpangan ling-      
        sebagai akibat dari pencemaran di   kungan      
        sungai, kebakaran di hutan, pene- - Memprediksi akibat penyimpangan lingkungan      
        bangan pohon - Menyimpulkan akibat dari penyimpangan      
          lingkungan      
               
               
               
               
               
               
               
               
               
               













Jakarta, ………………………….




Guru Kelas IV



























(…………………………………)























SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH :



MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 6. Benda dan Sifatnya :





      Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta




      berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya










No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
6 6.1 Mengidentifikasi wujud benda * Benda padat, - Mengidentifikasi sifat-sifat benda pa- - Melakukan percobaan tentang sifat-sifat ben- 4 Jp - Benda padat' - Tes tertulis
       padat, cair, gas yang memili-   cair, gas serta   dat, cair dan gas   da padat, cair dan gas     cair, gas - Tes lisan
       ki sifat tertentu   perubahannya   - Mencatat hasil percobaan tentang sifat-sifat   - Kit IPA - Unjuk kerja
          benda padat, cair dan gas      
        - Melaporkan hasil percobaan tentang sifat ben-      
          da padat, cair dan gas      
               
      - Menggolongkan benda-benda berda- - Mengelompokkan dan mengidentifikasi benda   - Lingkungan - Tes lisan
        sarkan wujudnya   berdasarkan wujudnya     sekitar/benda- - Produk
        - Membedakan berbagai benda berdasarkan     benda di seki-  
          wujudnya     tar  
               
  6.2 Mengidentifikasi terjadinya * Benda padat, - Mengidentifikasi perubahan wujud  - Melakukan percobaan tentang perubahan wu- 2 Jp - Kit IPA - Unjuik kerja
       perubahan bahan wujud cair-   cair, gas serta   benda yang dapat kembali ke wujud   jud benda yang dapat kembali ke wujud se-   - Air, lilin, es  
       padat-cair, cair-gas-cair, pa-   perubahannya   semula   mula     batu, gula pasir  
       dat-gas     - Menyimpulkan perubahan wujud benda yang      
          dapat kembali ke wujud semula      
               
      - Menjelaskan faktor yang mempenga- - Melakukan percobaan yang menunjukkan  4 Jp   - Tes tertulis
        ruhi perubahan wujud benda   pengaruh suhu terhadap perubahan wujud      - Tes lisan
          benda misal akibat pemanasan atau pendi-     - Unjuk kerja
          nginan      
               
      - Memberikan contoh perubahan wujud - Melakukan percobaan yang menunjukkan      
        benda   contoh perubahan wujud benda, misalnya air      
          di panaskan menjadi uap, air di dinginkan       
          menjadi es      
               
















SILABUS PEMBELAJARAN








NAMA SEKOLAH




MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam



KELAS/ SEMESTER : 4 ( empat ) / I




STANDAR KOMPETENSI : 6. Benda dan Sifatnya :





      Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta




      berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya










No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Aloksi Waktu Alat & Sumber Evaluasi/ Penilaian
  6.3 Menjelaskan hubungan anta- * Sifat bahan - Mengidentifikasi kesesuaian bahan - Menyebutkan macam-macam benda, sifat 6 Jp - Plastik - Tes tertulis
       ra sifat bahan dengan kegu-   dan kegunaan-   dan kegunaannya, misalnya plastik   dan kegunaannya   - Kain - Tes lisan
       naannya   nya   untuk jas hujan - Mengelompokkan benda berdasarkan sifat   - Kertas - Unjuk kerja
          dan kegunaannya      
               
      - Membandingkan berbagai bahan un- - Mengamati berbagai bahan berdasarkan sifat     - Tes tertulis
        tuk menentukan bahan yang paling   dan keguanaannya     - Tes lisan
        cocok untuk tujuan tertentu - Menjelaskan bahan yang paling cocok/baik     - Unjuk kerja
          untuk tujuan tertentu (membuat payung, jas      
          hujan)      
               
      - Cadangan        
               
               
               
               
               
               
               
               








Tidak ada komentar:

Posting Komentar