RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
Disampaikan secara lisan.
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon
2. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon
dengan benar dan jelas.
3. Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petunjuk
bertelepon.
4. Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
5. Siswa dapat memperagakan teks percakapan
III. Materi Pokok : Teks petunjuk melakukan sesuatu
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : * Tanya jawab materi yang akan diajarkan
* Mengajukan pertanyaan tentang alat komunikasi
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan petunjuk bertelepon
* Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar
dan jelas
* Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon
* Menyusun percakapan melalui telepon
* Memperagakan teks percakapan
C. Kegiatan Akhir : Menanggapi teks percakapan teman
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset, Teks Petunjuk, Bina Bahasa
Indonesia 3 A hal 2-3
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan/saran
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon
di depan kelas
2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di
depan kelas
3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon
dengan runtut dan sesuai
III. Materi Pokok : Teks percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang bertelepon yang baik
B. Kegiatan Inti : * Memperagakan percakapan melalui telepon di depan
kelas
* Menceritakan pengalaman secara lisan didepan kelas
* Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut
dan sesuai
C. Kegiatan Akhir : Memperagakan percakapan melalui telepon yang sudah
dilengkapi
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Demonstrasi, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A
hal 3 – 5, Telepon mainan
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal
dan intonasi yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan
intonasi yang tepat
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan
3. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks
bacaan
4. Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat
yang tepat
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang tempat umum
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang
tepat
* Menjawab pertanyaan secara lisan
* Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
* Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan bacaan bersama - sama
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode :Tanya jawab, penugasan, ceramah
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A
hal 5 - 8
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
II. Indikator : 1. Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf
yang disusun
3. Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya
4. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar
5. Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital
III. Materi Pokok : Teks paragraf
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang paragraf
B. Kegiatan Inti : * Menyusun paragraf acak dengan benar
* Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang
disusun
* Mencari kata sulit dan artinya
* Menulis paragraf berdasarkan gambar
* Memahami penggunaan huruf kapital
C. Kegiatan Akhir : Membaca paragraf yang telah disusun dengan benar
membaca kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode :
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 - 12
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, ................................
Kepala SDN Kebagusan 03 Pg Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan carita yang
dibacakan oleh guru
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita
yang didengarkan
3. Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh
4. Siswa dapat menentukan tokoh dan sifatnya
III. Materi Pokok : Teks cerita anak
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang nama-nama binatang
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh
guru
* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang
didengarkan
* Menyebutkan nama dan sifat tokoh
* Menentukan tokoh dan sifatnya
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan kembali dongeng yang didengar dari guru
dengan kata-kata sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan, tanya jawab
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006,kaset teks cerita, Bina Bahasa Indonesia
3 A hal 20 - 21
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon
didepan kelas
2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di
depan kelas
3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon
dengan runtut dan sesuai
III. Materi Pokok :
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang ciri – ciri rumah adat
B. Kegiatan Inti : * Memperagakan percakapan melalui telepon di depan
kelas
* Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
* Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut
dan sesuai
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan cara merawat lingkungan agar tetap sehat
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan, tanya jawab
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A
hal 3 - 5, telepon mainan
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan
intonasi yang tepat
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang dibaca
3. Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi
pernyataan
4. Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang
dibaca dengan runtut dan jelas
III. Materi Pokok : Teks cerita
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Menyanyi ”Lihat Kebunku”
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang
tepat
* Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang
dibaca
* Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
* Menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan
runtut dan jelas
C. Kegiatan Akhir : Tugas dirumah, anak membawa tanaman dalam pot buatan
sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 23-25
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompentensi Dasar : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
II. Indikator : 1. Siswa dapat membuat kalimat sesuai isi gambar
ilustrasi
2. Siswa dapat mengurutkan gambar dan membuat
paragrafnya
3. Siswa dapat menyusun karangan berdasarkan rangkaian
gambar seri
4. Siswa dapat memahami dan menulis kalimat dengan
tanda hubung ( - )
5. Siswa dapat memenggal kata yang didektekan
III. Materi Pokok : Gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : * Tanya jawab tentang gambar
* Penjelasan cara membuat kalimat yang benar
B. Kegiatan Inti : * Membuat kalimat sesuai isi gambar ilustrasi
* Mengurutkan gambar dan membuat paragrafnya
* Menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri
* Memahami dan menulis kalimat dengan tanda hubung
( - )
* Memenggal kata yang didektekan
C. Kegiatan Akhir : * Membacakan karangan yang telah dibuat
* Menyebutkan kata dasar misal : kedinginan = dingin
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, tugas
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 26-29
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, .........................
Kepala SDN Kebagusan 03 Pg Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompentensi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh yang disampaikan secara
lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan penjelasan kemudian
mencatat isi penjelasannya
2. Siswa dapat menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang didengar
3. Siswa dapat menulis kembali isi penjelasan
III. Materi Pokok : Teks berisi penjelasan untuk dilakukan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : * Tanya jawab tentang macam-macam permainan
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan penjelasan kemudian mencatat isi
penjelasannya
* Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang didengar
* Menulis kembali isi penjelasan
C. Kegiatan Akhir : * Membacakan penjelasan yang sudah ditulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan, demonstrasi
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset, teks petunjuk, Bina Bahasa
Indonesia 3 A hal 38
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompentensi Dasar : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca penjelasan kegiatan melakukan
sesuatu
2. Siswa dapat menjelaskan kembali urutan kegiatan
3. Siswa dapat melengkapi penjelasan melakukan sesuatu
kemudian menjelaskannya dengan lisan
III. Materi Pokok :
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab cara bermain yoyo
B. Kegiatan Inti : * Membaca penjelasan kegiatan melakukan sesuatu
* Menjelaskan kembali urutan kegiatan
* Melengkapi penjelasan melakukan sesuatu kemudian
menjelaskannya dengan lisan
C. Kegiatan Akhir : Memainkan permainan yoyo
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, penugasan, demonstrasi
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, yoyo mainan, Bina Bahasa Indonesia
3 A hal 38
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompentensi Dasar : 3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
II. Indikator : 1. Siswa dapat membacakan dongeng dengan suara
nyaring
2. Siswa dapat mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita
dongeng
3. Siswa dapat menentukan pesan dan amanat dalam
dongeng
4. Siswa dapat menceritakan kembali dongeng yang telah
dibaca secara lisan
III. Materi Pokok : Teks cerita dongeng
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang kancil yang cerdik
B. Kegiatan Inti : * Membacakan dongeng dengan suara nyaring
* Mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita dongeng
* Menentukan pesan dan amanat dalam dongeng
* Menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca secara
lisan
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan isi dongeng dan menyebutkan amanat
yang terkandung dalam dongeng
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 41-43
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompentensi Dasar : 4.4 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
II. Indikator : 1. Siswa dapat memahami pokok pikiran (topik) dan
mengubahnya menjadi paragraf berdasarkan gambar
2. Siswa dapat menentukan dan mengembangkan pokok
pikiran menjadi sebuah paragraf cerita berdasarkan
gambar
3. Siswa dapat memahami penggunaan tanda hubung (-)
4. Siswa dapat menggunakan tanda hubung (-) dalam
kalimat
III. Materi Pokok : Gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang pokok pikiran atau topik
B. Kegiatan Inti : * Memahami pokok pikiran (topik) dan mengubahnya
menjadi paragraf berdasarkan gambar
* Menentukan dan mengembangkan pokok
pikiran menjadi sebuah paragraf cerita berdasarkan
gambar
* Memahami penggunaan tanda hubung (-)
* Menggunakan tanda hubung (-) dalam kalimat
C. Kegiatan Akhir : * Membaca paragraf yang telah ditulis
* Menyebutkan kata-kata yang menggunakan tanda
hubung (-)
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Yoyo mainan, Bina Bahasa Indonesia
3 A hal 43-47
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, ..............................
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita
yang didengarkan
3. Siswa dapat memberikan pendapat dan alasan
mengenai peristiwa dalam cerita
4. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan
kata-katanya sendiri
III. Materi Pokok : Cerita Anak
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang jujur itu perbuatan yang terpuji
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan pembacaan cerita
* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
* Memberikan pendapat dan alasan mengenai peristiwa dalam
cerita
* Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-katanya sendiri
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan cerita yang didengar dari guru
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset, teks cerita anak, Bina Bahasa Indonesia
3A hal 56 – 57
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilhan kata yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat mengamati gambar dan mencatat ciri-ciri gambar
tersebut
2. Siswa dapat menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-
katanya sendiri
3. Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran mengenai isi
gambar dengan lisan
4. Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran terhadap
masalah yang terjadi
III. Materi Pokok : Gambar Ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang permaianan
B. Kegiatan Inti : * Mengamati gambar dan mencatat ciri-ciri gambar tersebut
* Menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri
* Memberikan tanggapan dan saran mengenai isi gambar
dengan lisan
* Memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang
terjadi
C. Kegiatan Akhir : Menjelaskan bahwa permainan yang membahayakan dapat
merugikan
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 57 – 58
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kata) dengan lafal dan
intonasi yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
2. Siswa dapat melengkapi pernyataan-pernyataan sesuai
dengan teks bacaan
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
4. Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
III. Materi Pokok : Gambar Ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang hutan dan banjir
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar
* Melengkapi pernyataan-pernyataan sesuai dengan teks bacaan
* Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
* Membuat kesimpulan
C. Kegiatan Akhir : Menyanyikan “Naik-naik ke puncak gunung”
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 58-59
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara
tertulis dalam bentuk paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.1 Melengkapi puisi berdasarkan gambar
Menulis dengan huruf kapital
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca dan mengamati contoh puisi yang
dibuat berdasarkan gambar
2. Siswa dapat melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-
kata yang tepat
3. Siswa dapat membacakan puisi yang telah lengkap dengan
penghayatan
4. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi
5. Siswa dapat memahami penulisan huruf kapital untuk judul
III. Materi Pokok : Gambar Ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang penulisan judul ( karangan, buku, lagu )
B. Kegiatan Inti : * Membaca dan mengamati contoh puisi yang puisi yang dibuat
berdasarkan gambar
* Melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-kata yang tepat
* Membacakan puisi yang telah lengkap dengan penghayatan
* Menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi
* Memahami penulisan huruf kapital untuk judul
C. Kegiatan Akhir : Membacakan puisi yang sudah dibuat sesuai gambar
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Tanya jawab, ceramah, demonstrasi
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 60-62
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, …………………………
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tantang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang
dibacakan guru kemudian mencatat hal-hal pentingnya
2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan petunjuk
melakukan sesuatu yang telah didengarkan
3. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk yang didengar
4. Siswa dapat mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu
III. Materi Pokok : Teks petunjuk melakukan sesuatu
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang permainan
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang dibacakan
guru
* Melengkapi pernyataan berdasarkan petunjuk melakukan
sesuatu yang telah didengarkan
* Menjelaskan kembali petunjuk yang didengar
* Mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan permainan bentengan yang telah dilakukan
dengan temannya
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia
3A hal 70
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks petunjuk melakukan sesuatu
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk
melakukan sesuatu
3. Siswa dapat menjelaskan kembali isi teks petunjuk
melakukan sesuatu
4. Siswa dapat mencatat dan menjelaskan teks petunjuk
melakukan sesuatu yang lain
III. Materi Pokok : Teks petunjuk melakukan sesuatu
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang permainan
B. Kegiatan Inti : * Membaca petunjuk melakukan sesuatu
* Menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk melakukan
sesuatu
* Menjelaskan kembali isi teks petunjuk melakukan sesuatu
* Mencatat dan menjelaskan teks petunjuk melakukan sesuatu
yang lain
C. Kegiatan Akhir : Memainkan permainan yang ada didaerah masing-masing
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan, demonstrasi
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 71-72
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan isi teks (100-150 kata ) melalui membaca
intensif
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan informasi dengan seksama
2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks
bacaan informasi
3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenai
pernyataan yang ada dalam teks bacaan informasi
4. Siswa dapat menyimpulkan teks bacaan informasi yang
dibaca
III. Materi Pokok : Teks bacaan informasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang pazel
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks bacaan informasi dengan seksama
* Melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks bacaan informasi
* Menyatakan perasaan atau pendapat mengenai pernyataan
yang ada dalam teks bacaan informasi
* Menyimpulkan teks bacaan informasi yang dibaca
C. Kegiatan Akhir : Bermain pazel melalui kelompok
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Tanya jawab, penugasan, demonstrasi
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 72-74
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
II. Indikator : 1. Siswa dapat melengkapi puisi rumpang yang dibuat
berdasarkan gambar ilustrasi
2. Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan
gambar ilustrasi
3. Siswa dapat membuat puisi berdasarkan gambar ilustrasi
III. Materi Pokok : Teks puisi dan gambar
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : * Memperhatikan gambar
* Tanya jawab tentang isi gambar
B. Kegiatan Inti : * Melengkapi puisi rumpang yang dibuat berdasarkan gambar
ilustrasi
* Menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan gambar
ilustrasi
* Membuat puisi berdasarkan gambar ilustrasi
C. Kegiatan Akhir : Membacakan puisi yang telah dibuat sesuai gambar
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 74-75
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, ……………………..
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan
oleh guru dan menjawab pertanyaannya
2. Siswa dapat mencatat tokoh cerita
3. Siswa dapat mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita
4. Siswa dapat mencari cerita lain kemudian mencatat dan
mengomentari tokoh-tokoh ceritanya
III. Materi Pokok : Teks cerita anak
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru
dan menjawabnya
* Mencatat tokoh cerita
* Mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita
* Mencari cerita lain kemudian mencatat dan mengomentari
tokoh-tokoh ceritanya
C. Kegiatan Akhir : Membacakan catatan tokoh dan sifatnya yang ditulis dari cerita
lain
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia
3A hal 88-89
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman orang lain
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita
pengalaman yang dibaca
3. Siswa dapat menceritakan kembali cerita pengalaman yang
dibacanya
4. Siswa dapat menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan
secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan mudah dipahami
III. Materi Pokok : Cerita pengalaman
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang pengalaman
B. Kegiatan Inti : * Membaca cerita pengalaman orang lain
* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman yang
dibaca
* Menceritakan kembali cerita pengalaman yang dibacanya
* Menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan
secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan mudah dipahami
C. Kegiatan Akhir : Menulis pengalaman sendiri
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 89-91
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca sekilas
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
3. Siswa dapat menjelaskan kembali teks bacaan
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang sahabat
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks bacan dengan lafal dan intonasi yang tepat
* Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
* Menjelaskan kembali teks bacaan
C. Kegiatan Akhir : Menuliskan sahabat-sahabat
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, demonstrasi, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 91-93
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
bentuk paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan
II. Indikator : 1. Siswa dapat melengkapi paragraf dengan kalimat yang sesuai
2. Siswa dapat menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya
dengan benar
3. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar seri
4. Siswa dapat menggunakan tanda baca koma dalam kalimat
5. Siswa dapat menulis cerita pendek dengan tanda baca dan
ejaan yang sesuai ejaan, menggunakan tanda baca koma
III. Materi Pokok : Teks paragraf
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab gambar
B. Kegiatan Inti : * Melengkapi paragraf dengan kalimat yang sesuai
* Menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya
dengan benar
* Menulis paragraf berdasarkan gambar seri
* Menggunakan tanda baca koma dalam kalimat
* Menulis cerita pendek dengan tanda baca dan
ejaan yang sesuai ejaan, menggunakan tanda baca koma
C. Kegiatan Akhir : Membacakan cerita yang telah dibuat sesuai paragraf
dibagian C
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, tanya jawab, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 93-97
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta,…………………….
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat
dalam dongeng yang didengarkan
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang
didengar
4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-
katanya sendiri
III. Materi Pokok : Teks cerita dongeng
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Menyanyi lagu ”Kasih Ibu”
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
* Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam
dongeng yang didengarkan
* Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar
* Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri
C. Kegiatan Akhir : Menulis kesimpulan dari dongeng yang di dengar
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, tanya jawab, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset/teks dongeng, Bina Bahasa Indonesia
3A hal 104
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat memperagakan percakapan didepan kelas
2. Siswa dapat menentukan kalimat yang merupakan tanggapan
dan saran
3. Siswa dapat memberikan pendapat dan saran terhadap isi
gambar ilustrasi secara lisan
4. Siswa dapat menangggapi benda atau karya seni secara lisan
III. Materi Pokok : Teks percakapan dan gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang ucapan kepada teman yang sedang ulang
tahun, sakit, menjadi juara, dsb
B. Kegiatan Inti : * Memperagakan percakapan didepan kelas
* Menentukan kalimat yang merupakan tanggapan
dan saran
* Memberikan pendapat dan saran terhadap isi
gambar ilustrasi secara lisan
* Menangggapi benda atau karya seni secara lisan
C. Kegiatan Akhir : Memberikan tanggapan terhadap tanggapan teman tentang karya
seni yang ada di kelas
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, demonstrasi, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 105-107
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca sekilas
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca sekilas cerita pengalaman
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita
pengalaman
3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenai
pernyataan yang ada dalam cerita pengalaman
4. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara
lisan
III. Materi Pokok : Teks cerita pengalaman
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Menyanyikan lagu ”Desaku”
B. Kegiatan Inti : * Membaca sekilas cerita pengalaman
* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman
* Menyatakan pendapat atau perasaan mengenai pernyataan yang
ada dalam cerita pengalaman
* Menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara lisan
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan pengalaman sendiri ketika liburan
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 107-109
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Membaca
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, menggunakan kata depan
di dan ke
II. Indikator : 1. Siswa dapat melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah
disediakan
2. Siswa dapat mengurutkan gambar seri kemudian membuat
karangan berdasarkan gambar seri
3. Siswa dapat membacakan karangan secara lisan didepan kelas
4. Siswa dapat menggunakan kata depan di dan ke
III. Materi Pokok : Gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang lingkungan
B. Kegiatan Inti : * Melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah disediakan
* Mengurutkan gambar seri kemudian membuat karangan
berdasarkan gambar seri
* Membacakan karangan secara lisan didepan kelas
* Menggunakan kata depan di dan ke
C. Kegiatan Akhir : Membaca kalimat teman yang paling banyak
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 109-111
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, …………………….
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat
dalam dongeng yang didengarkan
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang
didengar
4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-
katanya sendiri
III. Materi Pokok : Teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang kebersihan
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
* Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam
dongeng yang didengarkan
* Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar
* Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri
C. Kegiatan Akhir : Tugas mencuci kemeja putih (seragam sekolah) masing-masing di
rumah
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset / teks petunjuk, Bina Bahasa Indonesia
3A hal 118
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman teman
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita
pengalaman
3. Siswa dapat menceritakan kembali pengalaman teman
4. Siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri didepan
kelas
5. Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman temannya dengan
bertanya atau mengemukakan pendapat
III. Materi Pokok : Cerita tentang pengalaman
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang pengalaman yang menarik
B. Kegiatan Inti : * Membaca cerita pengalaman teman
* Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita pengalaman
* Menceritakan kembali pengalaman teman
* Menceritakan pengalamannya sendiri didepan kelas
* Menanggapi cerita pengalaman temannya dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat
C. Kegiatan Akhir : Menuliskan cara menjaga kebersihan diri sendiri
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 119-120
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif
dan membaca sekilas
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita
3. Siswa dapat mencari bacaan di surat kabar anak kemudian
membacakannya dengan nyaring
4. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang telah
disediakan
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang papan pajangan
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
* Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita
* Mencari bacaan di surat kabar anak kemudian membacakannya
dengan nyaring
* Melengkapi kalimat dengan kata yang telah disediakan
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata sendiri
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Ceramah, penugasan dan penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 120-122
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar menggunakan
tanda baca dan huruf kapital
II. Indikator : 1. Siswa dapat melengkapi puisi
2. Siswa dapat membuat puisi berdasarkan gambar
3. Siswa dapat mengunakan tanda koma (,)
4. Siswa dapat menulis huruf kapital dan tanda baca
III. Materi Pokok : Gambar seri
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Membaca puisi ”Menuntut Ilmu”
B. Kegiatan Inti : * Melengkapi puisi
* Membuat puisi berdasarkan gambar
* Menggunakan tanda koma (,)
* Menulis huruf kapital dan tanda baca
C. Kegiatan Akhir : Menyalin puisi ”Kebersihan” dengan tulisan tegak bersambung
dan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode :Ceramah, penugasan dan tanya jawab
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 12-124
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta,…………………………….
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
II. Indikator : 1. Siswa dapat mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil
menjawab pertanyaan
2. Siswa dapat mencatat tokoh-tokoh cerita dan latar
3. Siswa dapat menanggapi tokoh cerita
4. Siswa dapat menceritakan kembali cerita
5. Siswa dapat mencari teks cerita dibuku atau koran kemudian
menanggapi tokoh-tokohnya
III. Materi Pokok : Teks cerita anak
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Menyanyi lagu ”Paman Datang”
B. Kegiatan Inti : * Mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil menjawab
pertanyaan
* Mencatat tokoh-tokoh cerita dan latar
* Menanggapi tokoh cerita
* Menceritakan kembali cerita
* Mencari teks cerita dibuku atau koran kemudian
menanggapi tokoh-tokohnya
C. Kegiatan Akhir : Menarik kesimpulan perbedaan antara tokoh dengan latar
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia 3A
hal 132-133
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata
II. Indikator : 1. Siswa dapat menentukan hal-hal pokok dalam gambar
2. Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan
3. Siswa dapat menanggapi isi cerita secara lisan
III. Materi Pokok : Gambar dan cerita
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang gambar
B. Kegiatan Inti : * Menentukan hal-hal pokok dalam gambar
* Menceritakan isi gambar secara lisan
* Menanggapi isi cerita secara lisan
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan masalah yang ada dilingkungan lalu menanggapi
masalah tersebut
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab, penugasan
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 133-136
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif
dan membaca dongeng
Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kata) dengan lafal dan intonasi
yang tepat
II. Indikator : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan sesuai
pernyataan
4. Siswa dapat menyimpulkan isi teks bacaan
5. Siswa dapat mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang jerih payah petani
B. Kegiatan Inti : * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
* Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
* Menyatakan pendapat atau perasaan sesuai pernyataan
* Menyimpulkan isi teks bacaan
* Mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan
C. Kegiatan Akhir : Menceritakan bacaan dengan kata-kata sendiri
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, demonstrasi, tugas
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 136-137
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)
MENDENGARKAN
I. Kompetensi Dasar : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar, menggunakan
tanda koma (,), menggunakan huruf kapital
II. Indikator : 1. Siswa dapat melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah
disediakan
2. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar
3. Siswa dapat membacakan puisi dengan penuh penghayatan
4. Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi teman
5. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tanda baca koma (,)
III. Materi Pokok : Gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal : Tanya jawab tentang desa
B. Kegiatan Inti : * Melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah disediakan
* Menulis puisi berdasarkan gambar
* Membacakan puisi dengan penuh penghayatan
* Menanggapi pembacaan puisi teman
* Melengkapi kalimat dengan tanda baca koma (,)
C. Kegiatan Akhir : Menulis kalimat yang didektekan guru dengan menggunakan
tanda baca dan huruf kapital yang benar
V. Metode / Sumber Belajar :
A. Metode : Ceramah, tugas
B. Sumber Belajar : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 138-140
VI. Penilaian :
- Lisan :
- Perbuatan :
- Proyek :
- Produk :
- Tertulis :
VII. Skor Penilaian :
Mengetahui Jakarta, ………………………
Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi Guru Kelas III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar