Jumat, 29 April 2011

Manfaat Kentang

Belakangan, marak berita tentang kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Dampaknya pun tidak tanggung-tanggung, bisa menyebabkan kerusakan kulit secara permanen. Pasti, kabar ini bisa bikin Anda ragu untuk memakai produk perawatan kulit. Apalagi untuk kulit wajah yang sensitif. Anda tak perlu terlalu cemas. Anda bisa merawat kulit dari bahan-bahan alami. Salah satunya, bahan makanan yang ada di dapur Anda. Yaitu, kentang.
Ternyata, umbi satu ini tak hanya nikmat untuk diolah menjadi berbagai makanan. Nutrisinya pun tak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan kulit. Kentang tidak cuma mengandung karbohidrat, tetapi juga banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C ini, sangat baik untuk menangkal radikal bebas, yang bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan keriput. Anda bisa mengolah kentang untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Simak saja caranya dan cobalah membuat ramuannya sendiri di rumah.
Lingkaran Mata
Banyak wanita membeli berbagai produk perawatan untuk menghilangkan lingkaran hitam di daerah mata. Padahal dengan kentang, lingkaran hitam pada mata dapat berkurang.
Cara membuat: Kupas kulit kentang lalu iris dengan potongan yang agak lebar, letakkan dalam kain atau sapu tangan. Lalu tempelkan pada mata selama 15 – 20 menit. Lakukan hal itu secara teratur, lingkaran hitam pada mata akan semakin berkurang.
Noda Wajah
Noda hitam pada wajah pun bisa dipudarkan dengan peeling dari kentang.
Cara membuat: Haluskan beberapa buah kentang yang sudah dikupas kulitnya dengan menggunakan blender. Proses menghaluskan jangan terlalu lama. Buat ramuan yang tidak terlalu halus. Setelah itu usapkan kentang yang sudah diblender pada wajah, dan pijat perlahan. Lakukan peeling selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.
Mengangkat sel-sel kulit mati
Kentang juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Gunakan saja masker kentang. Cara membuat: parut dua buah kentang yang sudah di kupas. Setelah diparut segera tempelkan kentang pada wajah. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara teratur.


Pembersih Wajah
Kentang juga dapat dijadikan pembersih wajah. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah Anda. Kulit Anda akan menjadi lebih bersinar dan segar dengan menggunakan bahan alami.
Cara membuat: siapkan 1 buah kentang, dan 1 buah ketimun, potong ukuran sedang. Lalu siapkan 1 sendok teh baking soda. Masukkan ke dalam blender potongan kentang dan ketimun selama 20 detik. Jangan sampai kentang dan ketimun terlalu hancur. Keluarkan dari blender, lalu tambahkan 1 sendok teh baking soda, dan sedikit air pada campuran kentang dan ketimun.
Manfaat lain dari kentang








Kandungan dan Manfaat : Umbi kentang mengandung zat pati ( amilosa, amilopektin ), protein, lemak, kalsium, fosfar, besi, belerang, vitamin A, B, C.

Kegunaan :
1. Luka Bakar
1 buah kentang, dicuci, kupas, parut. Remas parutan kentang bersama 2 sendok makan minyak kelapa. Borehkan pada bagian luka bakar, lalu balut dengan kain bersih.
2. Wajah Berminyak
2 buah kentang dikupas, parut. Oleskan parutan kentang pada wajah hingga rata, biarkan selama ½ jam. Bersihkan dengan air bersih yang dingin
3. Bisul di Kepala Anak
Sebuah kentang cuci bersih, parut. Borehkan parutan kentang pada bisul, biarkan sampai kering dan lepas sendiri. Lakukan ini sampai bisul kelihatan mengecil. Bisul akan hilang tanpa meninggalkan noda
4. Jerawat
Sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan
5. Diabetes
Nasi yang kita makan sehari-hari diganti dengan kentang rebus, karena zat gula pada kentang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi.
6. Anemia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar