Minggu, 24 April 2011

RPP PKN KELAS IV SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                     : IPA
Hari / Tanggal                      : Rabu / 20 April 2011
Kelas / Semester                  : V / II
Alokasi  Waktu                    : 2 X 35 menit

I.  STANDAR KOMPETENSI
     Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
II. KOMPETENSI DASAR
     Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.
III. INDIKATOR
-          Mencari informasi tentang pentingnya air bagi manusia melalui berbagai sumber.
-          Menyarikan terjadinya daur air dari bacaan.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
            Melalui ceramah, tanya jawab dan penugasan  siswa dapat :
-          Menyebutkan manfaat air dalam kehidupan sehari-hari
-          Menyebutkan contoh olahraga air
-          Menyebutkan pengertian daur air
-          Menyebutkan daur air
V. MATERI PEMBELAJARAN
            Air sangat banyak manfaatnya bagi manusia,diantaranya :
-          Untuk minum dan memasak
-          Sebagai alat pembersih
-          Sebagai sarana olahraga seperti :arung jeram,sky air,selancar,dan renang.
-          Sebagai pembangkit listrik
-           
-          Sebagai sarana transportasi
-          Sebagai irigasi

            Daur air disebut juga siklus air. Daur adalah perubahan yang terjadi secara berulang dalam suatu pola tertentu. Daur air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu.

            Air yang ada di permukaan bumi mengalami penguapan yaitu berubah menjadi uap air. Penguapan air terjadi karena air terkena panas matahari. Uap air naik ke tempat tinggi dan dingin. Akhirnya uap air mengembun hingga membentuk awan. Di tempat yang amat tinggi dan dingin butiran air dapat membeku. Jika butiran air  di awan cukup besar butiran dapat jatuh ke tanah sebagai hujan. Biasanya butiran es sudah berubah menjadi air saat bersentuhan dengan udara lebih panas di bawahnya.

            Air hujan kembali mengisi permukaan bumi sebagai sungai,laut dll. Dari sini,daur air mengulangi   lagi tahap yang telah di jalaninya. Demikianlah seterusnya sehingga bumi tidak pernah kering.

VI. METODE PEMBELAJARAN
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Penugasan
VII.. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan awal ( 10 menit )
-          Mengkondisikan kelas
-          Berdo’a
-          Absensi
-          Apersepsi : Tanya jawab mengenai kegiatan mandi pagi.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan inti ( 50 menit )
-          Siswa memperhatikan gambar kegunaan air bagi manusia
-          Siswa mendengar penjelasan guru tentang manfaat air bagi kehidupam manusia
-          Siswa di bagi atas 4 kelompok
-          Masing-masing kelompok mendiskusikan soal yang di berikan guru
-          Hasil tugas kelompok di bacakan ke depan kelas
-          Siswa yang lain menanggapi kesimpulan kelompok
-          Siswa memperhatikan gambar daur air yang dipajang guru
-          Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang daur air
-          Siswa menceritakan daur air ke depan kelas

3.      Kegiatan akhir ( 10 menit )
-          Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran
-          Evaluasi
-          Penyampaian pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan
VIII. ALAT DAN SUMBER.
Alat :
-          Gambar daur air
-          Gambar kegunaan air sehari-hari
Sumber :
-          Silabus
-          Buku Erlangga hal 208-209 kelas V sains
-          Buku BSE Kelas V SAINS

IX. PENILAIAN
1.      Prosedur tes :
a.       Tes awal ( ditiadakan )
b.      Tes  proses ( di laksanakan )
c.       Tes akhir (di laksanakan )
2.      Jenis tes      : tulisan
3.      Bentuk tes  :  essay
4.      Alat tes       :
-          Lembar soal
-          Kunci jawaban





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran               : Pkn
Hari / Tanggal                : Rabu / 20 April 2011
Kelas / Semester             : IV / II
Alokasi  Waktu              : 2 X 35 menit

I. STANDAR KOMPETENSI
            Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
II. KOMPETENSI DASAR
            Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
III. INDIKATOR
-          Menyebutkan pengaruh positif globalisasi dalam masyarakat
-          Menyebutkan pengaruh negatif globalisasi dalam masyarakat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
            Melalui ceramah, tanya jawab dan penugasan  siswa dapat :
-          Menyebutkan pengertian globalisasi
-          Menyebutkan dampak positif globalisasi
-          Menyebutkan dampak negatif globalisasi
V. MATERI PEMBELAJARAN
            Globalisasi adalah suatu proses mendunia. Globalisasi merupakan kecendrungan masyarakat untuk menyatu dengan dunia. Globalisasi terjadi karena kemajuan IPTEK dan makin lancarnya informasi dari berbagai penjuru dunia.



Dampak positif globalisasi  :
1.      Komunikasi
Sekarang alat komunikasi semakin canggih seperti  :Hp, Telephone, TV, Komputer internet.Dengan menggunakan internet dan TV semua berita yang terjadi di dunia dapat diketahui secara langsung tanpa mendatangi asal peristiwa. Dengan Hp, kita dapat berkomunikasi dengan saudara yang jauh.
2.      Transportasi
Transportasi lancer memungkinkan orang segera sampai ketempat yang dituju. Bahan kebutuhan dari tempat yang jauh dapat dikirimkan dalam waktu yang cepat. Hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen.Pada era globalisasi, alat transportasi semakin canggih.. Seperti  : Sepeda Motor, mobil , kereta api, kapal laut dan kapal terbang.
3.      Makanan
Makanan dan minuman dikemas dengan kaleng atau kardus yang menarik dan siap saji.
Tersedianya makanan dan minuman siap saji tanpa membutuhkan waktu yang lama dalam mengolahnya
            Dampak negatif
1.      Komunikasi
·         Rusaknya moral siswa dengan tontonan kekerasan, dan tindak kriminal
2.      Transportasi
·         Padatnya arus lalu lintas di jalan raya
·         Terjadinya polusi udara
·         Banyak terjadi kecelakaan lalulintas
·         Mudahnya penjahat melarikan diri
3.      Makanan
·         Bahan kimia dan pengawet serta pewarna makanan yang terkandung dalam makanan siap saji dapat merusak kesehatan

VI. METODE PEMBELAJARAN
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Diskusi
VII.. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan awal ( 10 menit )
-          Mengkondisikan kelas
-          Berdo’a
-          Absensi
-          Apersepsi : Tanya jawab tentang ptransportasi yang digunakan sewaktu berangkat sekolah.
-          Penyampaian tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan inti ( 50 menit )
-          Siswa mendengar penjelasan guru tentang globalisasi
-          Siswa bertanya jawab tentang globalisasi
-          Siswa menyebutkan sebab terjadinya globalisasi
-          Siswa memperhatikan gambar alat komunikasi yang dipajang guru
-          Siswa bertanya jawab tentang alat komunikasi yang dipajang guru
-          Siswa membandingkan alat komunikasi yang dipajang guru
-          Siswa memperhatikan alat transportasi yang dipajang guru
-          Tanya jawab tentang gambar alat transportasi yang dipajang guru
-          Siswa membandingkan alat transportasi yang dipajang guru
-          Siswa berdiskusi tentang dampak positif dan negatif  globalisasi

3.      Kegiatan akhir ( 10 menit )
-          Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran
-          Evaluasi
-          Penyampaian pesan moral
-          Refleksi
-          Menginformasikan pembelajaran selanjutnya
VIII. ALAT DAN SUMBER.
Alat :
-          Gambar alat transportasi
-          Gambar alat komunikasi
-          Handphone
Sumber :
-          Kurikulum KTSP 2010
-          PKn BSE hal. 95 – 96
-          Buku Jayabangsa 60 – 64

IX. PENILAIAN
1.      Prosedur tes :
a.       Tes awal ( ditiadakan )
b.      Tes proses ( Dilaksanakan )
c.       Tes akhir ( dilaksanakan )

2.      Jenis tes      : tulisan
3.      Bentuk tes  :  essay
4.      Alat tes       : soal dan kunci jawaban ( terlampir )




                                                                                 

LAMPIRAN
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar :
1.      Apakah yang dimaksud dengan globalisasi ?
2.      Sebutkan dampak positif globalisasi dibidang makanan !
3.      Sebutkan 2 dampak positif globalisasi dibidang transportasi !
4.      Jelaskanlah dampak negatif dari globalisasi dibidang komunikasi !
5.      Sebutkan dampak negatif globalisasi dibidang transportasi!















Kunci jawaban
1.      Globalisasi adalah suatu proses mendunia atau  kecendrungan masyarakat untuk menyatu dengan dunia.
2.      Makanan siap saji tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengolahannya.
3.      Transportasi lancar memungkinkan orang segera sampai ke tempat yang dituju. Hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen.
4.      Rusaknya moral siswa dengan tontonan kekerasan, dan tindak kriminal.
5.      Padatnya arus lalu lintas di jalan rayaTerjadinya polusi udara. Banyak terjadi kecelakaan lalulintas. Mudahnya penjahat melarikan diri.












LAMPIRAN
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar :
1.      Sebutkanlah pengertian globalisasi!
2.      Sebutkanlah penyebab terjadinya globalisasi!
3.      Sebutkan dampak positif globalisasi dibidang makanan!
4.      Sebutkan dampak positif globalisasi dibidang transportasi!
5.      Sebutkan dampak negatif dari globalisasi dibidang komunikasi dan transportasi!
















Kunci jawaban
1.      Globalisasi adalah suatu proses mendunia atau  kecendrungan masyarakat untuk menyatu dengan dunia.
2.      Globalisasi terjadi karena kemasjuan IPTEK dan semakin lancarnya informasi.
3.      Makanan siap saji tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengolahannya.
4.      Transportasi lancar memungkinkan orang segera sampai ke tempat yang dituju. Hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen.
5.      Rusaknya moral siswa dengan tontonan kekerasan, dan tindak criminal. Padatnya arus lalu lintas di jalan rayaTerjadinya polusi udara. Banyak terjadi kecelakaan lalulintas. Mudahnya penjahat melarikan diri.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN   : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS /SEMESTER   :  V / II
UT
Disusun oleh  :
NAMA           : NOVA  DAHLENA
NIM              : 817683552

UNIVERSITAS TERBUKA
PROGRAM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
POKJAR HARAU
2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar