Kamis, 28 April 2011

SILABUS BAHASA KELAS III


SILABUS

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : 3 / I
Standar Kompetensi     : 1. Mendengarkan
                                         Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Melakukan
     sesuatu
     berdasarkan
     penjelasan yang
     disampaikan
     secara lisan


1.Siswa dapat mendengarkan
   petunjuk bertelepon
2.Siswa dapat menjelaskan
   kembali petunjuk  
   bertelepon dengan benar
   dan jelas
3.Siswa dapat menanggapi
   penjelasan tentang petujuk
   bertelepon
4.Siswa dapat menyusun
   percakapan melalui telepon
5.Siswa dapat
   memperagakan teks
   percakapan
Teks petunjuk melakukan sesuatu
* Mendengarkan
   petunjuk
   bertelepon
* Menjelaskan
   kembali
   petunjuk
   bertelepon
   dengan benar 
   dan jelas
* Menanggapi
   penjelasan
   tentang
   petunjuk  
   bertelepon
* Menyusun 
   percakapan
   melalui telepon
* Memperagakan
   teks percakapan
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset, teks, petunjuk.
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 2-3
1. Lisan
2. Tertulis


Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan    tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.   Berbicara
2.1 Menceritakan
      pengalaman
      yang
      mengesankan
      dengan
      menggunakan
      kalimat yang
      runtut dan
      mudah 
      dipahami
1.Siswa dapat
   memperagakan percakapan 
   melauli telepon di depan
   kelas
2.Siswa dapat menceritakan
   pengalaman secara lisan di
   depan kelas
3.Siswa dapat melengkapi
   percakapan melalui telepon
   dengan runtut dan sesuai

Teks percakapan
* Memperagakan
   percakapan
   melalui telepon
   di depan kelas
* Menceritakan
   pengalaman
   secara lisan di
   depan kelas
* Melengakapi
   percakapan
   melalui telepon
   dengan runtut
   dan sesuai
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 - 5
Telepon mainan
1.Pengam
   atan
2. Tertulis


Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.   Membaca
3.1 Membaca
      nyaring teks
      (20-25 kalmat)
      dengan lafal 
      dan
      intonasi yang
      tepat
1.Siswa dapat membaca teks
   bacaan dengan lafal dan
   intonasi yang tepat
2.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan secara lisan 
3.Siswa dapat melengkapi
   pernyataan berdasarkan
    teks bacaan
4. Siswa dapat meringkas
    teks bacaan dengan
    kalimat yang tepat

Teks bacaan
* Membaca teks
   bacaan dengan
   lafal dan
   intonasi yang
   tepat
* Menjawab
   pertanyaan
   secara lisan
* Melengakapi
   pernyataan
   berdasarkan
   teks bacaan
* Meringkas teks
   bacaan dengan
   kalimat yang
   tepat 
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 5 - 8

1.Penugas
   an
2.Tertulis


Standar Kompetensi                 :  4. Menulis
                                                       Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.   Menulis
4.1 Menyusun
      paragraf
      berdasarkan
      bahan yang
      tersedia dengan
      memperhatikan
      penggunaan
      ejaan
1.Siswa dapat menyusun
   paragraph acak dengan
   benar
2.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan berdasrkan
   paragraf yang disusun
3.Siswa dapat mencari kata
   sulit dan artinya
4.Siswa dapat menulis
   paragraf berdasarkan
   gambar
5.Siswa dapat memahami
   penggunaan huruf kapital
Teks paragraf
* Menyusun
   paragraf acak
   dengan benar
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   paragraf yang
   disusun
* Mencari kata
   sulit dan artinya
* Menulis
   paragraf
   berdasarkan
   gambar
* Memahami
   penggunaan
   huruf kapital
2X Pertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 - 12

1. Tertulis

SILABUS

Pelajaran                      :2
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :3 / I
Standar Kompetensi     :1. Mendengarkan
                                         Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
      cerita anak yang
      disampaikan
      secara lisan


1.Siswa dapat mendengarkan
   pembacaan cerita yang
   dibacakan oleh guru
2.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan berdasarkan
   cerita yang didengarkan
3.Siswa dapat menyebutkan
   nama dan sifat tokoh
4.Siswa dapat mentukan
   tokoh dan sifatnya
Teks cerita anak
* Mendengarkan
   pembacaan
   cerita yang
   dibacakan oleh
   guru
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   cerita yang
   didengarkan
* Menyebutkan
   nama dan sifat
   tokoh
* Menetukan
   tokoh dan
   sifatnya
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset, teks cerita.
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 20-21
1. Lisan
2. Tugas
Standar Kompetensi                 :2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan    tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.2 Menceritakan
      pengalaman
      yang
      mengesankan
      dengan
      menggunakan
      kalimat yang
      runtut dan
      mudah
      dipahami
1.Siswa dapat
  memperagakan percakapan
  melalui telepon di depan
  kelas
2.Siswa dapat menceritakan
  pengalaman secara lisan di
  depan kelas
3.Siswa dapat melengkapi
  percakapan melalui telepon
  dengan runtut dan sesuai

Teks percakapan
* Memperagakan
   percakapan
   melalui telepon
   di depan kelas
* Menceritakan
   pengalaman
   secara lisan di
   depan kelas
* Melengkap
   percakapan
   melalui telepon
   dengan runtut
   dan sesuai
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 – 5
Telepon mainan
1.Pengam
   atan
2.Tertulis

Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membsca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.2 Menjelaskan isi
      teks (100-150
      kata) melalui
      membaca
      intensif
1.Siswa dapat membaca teks
   cerita dengan lafal dan
   intonasi yang tepat
2.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan sesuai dengan
   isi cerita yang dibaca
3.Siswa dapat menyatakan
   pendapat mengenai isi
   pernyataan
4.Siswa dapat menceritakan
   kembali isi teks cerita yang
   dibaca dengan runtut dan
   jelas

Teks cerita
* Membaca teks
   cerita dengan
   lafal dan
   intonasi yang
   tepat
* Menjawab
   pertanyaan
   sesuai dengan
   isi
   cerita yang di
   baca
* Menyatakan
   pendapat
   mengenai isi
   pernyataan
* Menceritakan
   kembali isi teks
   cerita yang di
   baca dengan
   runtut dan jelas
1XPertem
 uan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 23-25

1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.   Menulis
4.1 Menyusun
      paragraf
      berdasarkan
      bahan yang
      tersedia dengan
      memperhatikan
      penggunaan
      ejaan
1.Siswa dapat membuat 
  kalimat sesuai isi gambar
  ilustrasi
2.Siswa dapat mengurutkan
  gambar dan membuat
  paragrafnya
3.Siswa dapat menyusun
  karangan berdasarkan
  rangkaian gambar seri
4.Siswa dapat memahami
  dan menulis kalimat dengan
  tanda hubung ( - )
5.Siswa dapat memenggal
  kata yang didektekan


Gambar ilustrasi
* Membuat
   kalimat sesuai
   isi gambar
   ilustrasi
* Mengurutkan
   gambar dan
   membuat
   paragrafnya
* Menyusun
   karangan
   berdasarkan
   rangkaian
   gambar seri
* Memahami dan
  menulis kalimat
  dengan tanda
  hubung ( - )
* Memenggal
   kata yang
  didektekan
2X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 26 - 29
1.Tertulis


SILABUS

Pelajaran                                  : 3
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
      cerita anak yang
      disampaikan
      secara lisan


1.Siswa dapat mendengarkan
  penjelasan kemudian
  mencatat isi penjelasannya
2.Siswa dapat menjelaskan
  petunjuk melakukan
  sesuatu berdasarkan
  penjelasan yang didengar
3.Siswa dapat menulis
   kembali isi penjelasan

Teks berisi penjelasan untuk dilakukan
* Mendengarkan
   penjelasan
   kemudian
   mencatat isi
   penjelasannya
* Menjelaskan
   petunjuk
   melakukan
   sesuatu
   berdasarkan
   penjelasan yang
  didengar
* Menulis
   kembali isi
   penjelasan
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset, teks petunjuk.
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38
1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan   tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.2 Menjelaskan
     urutan membuat
     atau melakukan
     sesuatu dengan
     kalimat yang
     runtut dan
     mudah dipahami
1.Siswa dapat membaca
   penjelasan kegiatan
   melakukan sesuatu
2.Siswa dapat menjelaskan
   kembali urutan kegiatan
3.Siswa dapat melengkapi
   penjelasan melakukan
   sesuatu kemudian
   menjelaskannya dengan
   lisan

Gambar ilustrasi
* Membaca
   penjelasan
   kegiatan
   melakukan
   sesuatu
* Menjelaskan
   kembali urutan
   kegiatan
* Melengkapi
   penjelasan
   melakukan
   sesuatu
   kemudian
   menjelaskannya
   dengan lisan
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Yoyo mainan
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38
1. Lisan
2.Demonstrasi




Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.3 Menceritakan
     isi dongeng yang
    dibaca
1.Siswa dapat membacakan
  dongeng dengan suara
  nyaring
2.Siswa dapat mencatat
   tokoh dan sifat tokoh
   dalam cerita dongeng
3.Siswa dapat menentukan
   pesan dan amanat dalam
  dongeng
4.Siswa dapat menceritakan
   kembali dongeng yang
   telah dibaca secara lisan

Teks cerita dongeng
* Membacakan
  dongeng dengan
  suara nyaring
* Mencatat tokoh
   dan sifat tokoh
   dalam cerita
   dongeng
* Menentukan  
   pesan dan  
   amanat dalam
   dongeng
* Menceritakan
    kembali
   dongeng yang
   telah dibaca
   secara lisan
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 41-43
1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.4 Menyusun
     paragraf
     berdasarkan
     bahan yang
     tersedia dengan
     memperhatikan
     penggunaan
     ejaan
1.Siswa dapat memahami  
   pokok pikiran (topik) dan
   mengubahnya menjadi
   paragraf  berdasarkan   
   gambar
2.Siswa dapat menentukan
  dan mengembangkan pokok
   pikiran menjadi sebuah
   paragraf cerita berdasarkan
   gambar
3.Siswa dapat memahami
   penggunaan tanda hubung
  (-)
4.Siswa dapat menggunakan
   tanda hubung (-) dalam
   kalimat
Gambar ilustrasi
* Memahami
   pokok pikiran
  (topik) dan
   mengubahnya
   menjadi
   paragraf
   berdasarkan
   gambar
* Memahami
   penggunaan
   tanda hubung (-
   )
* Menggunakan
   tanda hubung (-
   ) dalam kalimat
2X Pertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Yoyo mainan
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 43-47
1. Tertulis


SILABUS

Pelajaran                                  : 4
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
      cerita anak yang
      disampaikan
      secara lisan


1.Siswa dapat mendengarkan
   pembacaan cerita
2.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan berdasarkan
   cerita yang didengarkan
3.Siswa dapat memberikan
   pendapat dan alasan
   mengenai peristiwa dalam
   cerita
4.Siswa dapat menceritakan
   kembali isi cerita dengan
   kata-katanya sendiri
Cerita anak
* Mendengarkan
   pembacaan
   cerita
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   cerita yang
   didengarkan
* Memberikan
   pendapat dan
   alasan 
   mengenai
   peristiwa dalam
   cerita
* Menceritakan
   kembali isi
   cerita dengan
   kata-katanya
   sendiri
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset, teks cerita anak
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 56-57
1. Lisan
2. Tugas


Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkaokan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dam memberikan tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.3 Memberikan
     tanggapan dan
     saran sederhana
     terhadap suatu
     masalah dengan
     menggunakan
     kalimat yang
     runtut dan
     pilihan kata
     yang tepat
1.Siswa dapat mengamati
   gambar dan mencatat ciri-
   ciri gambar tersebut
2.Siswa dapat menceritakan
   keadaan isi gambar dengan
   kata-katanya sendiri
3.Siswa dapat memberikan
   tanggapan dan saran
   mengenai isi gambar
   dengan lisan
4.Siswa dapat memberikan
   tanggapan dan saran
   terhadap masalah yang
   terjadi
Gambar ilustrasi
* Mengamati
   gambar dan
   mencatat ciri-
   ciri gambar
   tersebut
* Menceritakan
   keadaan isi
   gambar dengan
   kata-katanya
   sendiri
* Memberikan
   tangapan dan
   saran mengenai
   isi gambar
   dengan lisan
* Memberikan
   tanggapan dan
   saran terhadap
   masalah yang
   terjadi
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 57-58
1. Lisan
2. Tertulis


Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.1 Membaca
      nyaring teks
      (20-25 kata)
     dengan lafal dan
     intonasi yang
     tepat
1.Siswa dapat membaca teks
   bacaan dengan lafal dan
   intonasi yang tepat
2.Siswa dapat melengkapi
   pernyataan-pernyataan
   sesuai dengan teks bacaan
3.Siswa dapat menjawab
   pertanyaan berdasarkan
   teks bacaan
4.Siswa dapat membuat
   kesimpulan berdasarkan
   teks bacaan
Gambar ilust
rasi
* Mengamati
   gambar dan
   mencatat ciri-
   ciri gambar
   tersebut
* Menceritakan
   keadaan isi
   gambar dengan
   kata-katanya
   sendiri
* Memberikan
   tangapan dan
   saran mengenai
   isi gambar
  dengan lisan
* Memberikan
   tanggapan dan
   saran terhadap
   masalah yang
   terjadi
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 58-59
1. Lisan
2.Pengamatan
3. Tugas

Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.1 Melengkapi
      puisi
      berdasarkan
      gambar
      Menulis dengan
      huruf kapital
1.Siswa dapat membaca dan
   mengamati contoh puisi
   yang dibuat berdasarkan
   gambar
2.Siswa dapat melengkapi
   puisi yang rumpang dengan
   kata-kata yang tepat
3.Siswa dapat membacakan
   puisi yang telah lengkap
   dengan penghayatan
4.Siswa dapat menulis puisi
   berdasarkan gambar
   ilustrasi
5.Siswa dapat memahami
   penulisan huruf  kapital
   untuk judul
Gambar ilustrasi
* Membaca dan
   mengamati
   contoh puisi
   yang dibuat
   berdasarkan
   gambar
* Melengkapi
   puisi yang
   rumpang
  dengan kata-kata
   yang tepat
* Membacakan
   puisi yang telah
   lengkap dengan
   penghayatan
* Menulis puisi
   berdasarkan
   gambar ilustrasi
* Memahami
   penulisan huruf
   kapital untuk
   judul
2XPertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 60-62
1. Tertulis
2. Tugas

SILABUS

Pelajaran                                  : 5
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Melakukan
     sesuatu
     berdasarkan
     penjelasan yang
     disampaikan
     secara lisan


1.Siswa dapat mendengarkan
   petunjuk melakukan
   sesuatu yang dibacakan
   guru kemudian mencatat
   hal-hal pentingnya
 2.Siswa dapat melengkapi
   pernyatan berdasarkan
   petunjuk melakukan
   sesuatu yang telah    
   didengarkan
3.Siswa dapat menjelaskan
   kembali petunjuk yang
  didengar
4.Siswa dapat
   mempraktekkan petunjuk
   melakukan sesuatu
Teks petunjuk melakukan sesuatu
* Mendengarkan
   petunjuk
   melakukan
   sesuatu yang
   dibacakan guru
* Melengkapi
   pernyataan
   berdasarkan
   petunjuk
   melakukan
   sesuatu yang
   telah
   didengarkan
* Menjelaskan
   kembali
   petunjuk yang
   didengar
* Mempraktekkan
   petunjuk
   melakukan  
   sesuatu
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks petunjuk
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 70
1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan , pengalaman, da petunjuk dengan bercerita, dan memberikan  tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.   Berbicara
2.2 Menjelaskan
     urutan membuat
     atau melakukan
     sesuatu dengan
     kalimat yang
     runtut dan
     mudah dipahami
1.Siswa dapat membaca teks
   petunjuk melakukan
   sesuatu
 2.Siswa dapat menjawab
    pertanyaan berdasarkan
   teks petunjuk melakukan               sesuatu
3.Siswa dapat menjelaskan
   kembali isi teks petunjuk
   melakukan sesuatu
4.Siswa dapat mencatat dan
   menjelaskan teks petunjuk
   melakukan sesuatu yang
   lain
Teks petunjuk melakukan sesuatu
* Membaca
   petunjuk
   melakukan
   sesuatu
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   teks petunjuk
   melakukan
   sesuatu
* Menjelaskan
   kembali isi teks
   petunjuk
   melakukan
   sesuatu
* Mencatat dan
   menjelaskan
   teks  petunjuk
   melakukan
   sesuatu
   yang lain
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 71-72
1. Lisan
2. Tugas
Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memehami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.3 Menjelaskan isi                      teks (100-150 kata)
melalui membaca
     intensif
  1. Siswa dapat membaca teks bacaan informasi dengan seksama
  2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks bacaan informasi
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenaipernyataan yang ada dalam teks bacaan informasi
  4. Siswa dapat menyimpulkann teks bacaan informasi yang dibaca
Teks bacaan informasi
* Membaca teks
   bacaan
   informasi
   dengan seksama
* Melengkapi
   pernyataan
   berdasarkan isi
   teks bacaan
   informasi
* Menyatakan
   perasaan atau
   pendapat 
   mengenai
   pernyataan yang
   ada dalam teks
   bacaan 
   informasi
* Menyimpulkan
   teks bacaan
   informasi
   yang dibaca
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 72-74
1. Lisan
2. Tertulis





Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.2 Melengkapi
      puisi anak
      berdasarkan
     gambar
  1. Siswa dapat melengkapi     puisi rumpang yang dibuat berdasarkan gambar ilustrasi
  2. Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan gambar ilustrasi
  3. Siswa dapat membuat puisi
  4. berdasarkan gambar    ilustrasi

Teks puisi dan gambar
* Melengkapi
    puisi
   rumpang yang
   dibuat
   berdasarkan
   gambar ilustrasi
* Menjelaskan isi
   puisi yang
   dibuat
   berdasarkan
   gambar ilustrasi
* Membuat puisi
   berdasarkan
   gambar ilustrasi
2X Pertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 74-75

1. Tertulis











SILABUS

Pelajaran                                  : 6
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
      cerita anak yang
      disampaikan
      secara lisan

  1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru dan menjawab pertanyaannya
  2. Siswa dapat mencatat tokoh cerita
  3. Siswa dapat mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita
  4. Siswa dapat mencari cerita lain kemudian mencatat dan mengomentari tokoh-tokoh ceritanya
Teks cerita anak
* Mendengarkan
   pembacaan
   cerita yang
   dibacakan oleh
   guru dan
   menjawab
   pertanyaannya
* Mencatat tokoh
   cerita
* Mengomentari
   sifat tokoh yang
   ada dalam cerita
* Mencari cerita
   lain kemudian
   mencatat dan
   mengomentari
   tokoh-tokoh
   ceritanya
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks petunjuk
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 88-89
1. Lisan
2. Tugas



Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
  1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman orang lain
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman yang dibaca
  3. Siswa dapat menceritakan kembali cerita pengalaman yang dibacanya
  4. Siswa dapat menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan mudah dipahami
Cerita pengalaman
* Membaca cerita
   pengalaman
  orang lain
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   cerita
   pengalaman
   yang dibaca
* Menceritakan
   kembali cerita
   pengalaman
   yang dibacanya
* Menceritakan
   pengalaman
   sendiri yang
   berkesan secara
   lisan dan runtut
   dengan
   menggunakan
   pilihan kata
   yang tepat dan
   mudah
   dipahami
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 89-91
1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.1 Membaca
     nyaring teks (20-
     25 kalimat)
    dengan lafal dan
     intonasi yang
     tepat
  1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  3. Siswa dapat menjelaskan kembali teks bacaan
Teks bacaan
* Membaca teks
   bacaan dengan   
   lafal dan
   intonasi yang
   tepat
* Melengkapi
   pernyataan   
   berdasarkan
   teks bacaan
* Menjelaskan
   kembali teks
   bacaan
1X Pertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 91-93
1. Lisan
2. Tugas

Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengugkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.1 Menyusun
      paragraf
      berdasarkan
      bahan yang
      tersedia dengan
      memperhatikan
      penggunaan
      ejaan
     Menggunakan
     tanda baca koma
  1. Siswa dapat melengkapi paragraf  dengan kalimat yang sesuai
  2. Siswa dapat menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya dengan benar
  3. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar seri
  4. Siswa dapat menggunakan tanda baca koma dalam kalimat
  5. Siswa dapat menulis cerita pendek dengan tanda baca dan ejaan yang sesuai
Teks paragraf
* Melengkapi
   paragraf dengan
   kalimat yang
   sesuai
* Menyusun
   paragraf acak
   kemudian
   menyalinnya
   dengan benar
* Menulis
   paragraf
   berdasarkan
   gambar seri
* Menggunakan
   tanda baca
   koma dalam
   kalimat
* Menulis cerita
   pendek dengan
   tanda baca dan
   ejaan yang
   sesuai
3X Pertemuan
6X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 93-97
1. Tertulis

SILABUS

Pelajaran                                  : 7
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
      cerita anak yang
     disampaikan
      secara lisan

  1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
  2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam dongeng yang didengarkan
  3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar
  4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri
Teks cerita dongeng
* Mendengarkan
   dongeng yang
   dibacakan oleh
    guru
* Menjelaskan
   tokoh dan sifat
   tokoh yang
   terdapat dalam
   dongeng yang
   didengarkan
* Menjawab  
   pertanyaan
   sesuai dengan
   dongeng yang
   didengar
* Menceritakan
   kembali isi
   dongeng dengan
   kata-katanya
   sendiri
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks dongeng
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 104
1. Lisan


Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.3 Memberikan
      tanggapan dan
      saran sederhana
      terhadap suatu  
      masalah dengan
      menggunakan
      kalimat yang
      runtut
     dan pilihan kata
     yang tepat
  1. Siswa dapat memperagakan percakapan didepan kelas
  2. Siswa dapat menentukan kalimat yang merupakn tanggapan dan saran
  3. Siswa dapat memberikan pendapat dan saran terhadap isi gambar ilustrasi secara lisan
  4. Siswa dapat menanggapi benda atau karya seni secara lisan
Teks percakapan dan gambar ilustrasi
* Memperagakan
   percakapan
  didepan kelas
* Menentukan
   kalimat yang
   merupakan
   tanggapan dan
   saran
* Memberikan
   pendapat dan
   saran terhadap  
   isi gambar
   ilustrasi secara
   lisan
* Menanggapi
   benda atau
   karya seni
   secara lisan
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks dongeng
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 105-107
1. Lisan
2. Tertulis
3.Ekspresi

Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.2 Menjelaskan isi
      teks (100-150
      kata) melalui
      membaca
      intensif
  1. Siswa dapat membaca sekilas cerita pengalaman
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenai pernyataan yang ada dalam cerita pengalaman
  4. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara lisan
Teks cerita pengalaman
* Membaca
   sekilas cerita
   pengalaman
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan
   cerita 
   pengalaman
* Menyatakan
   pendapat atau
   perasaan
   mengenai
   pernyataan yang
   ada dalam cerita
   pengalaman
* Menceritakan
   kembali isi
   cerita
   pengalaman
   secara lisan
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 107-109
1. Lisan
2. Tugas


Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.1 Menyusun
      paragraf
      berdasarkan
      bahan yang
      tersedia dengan
      memperhatikan
      penggunaan
      ejaan
      Menggunakan
      kata depan di
      dan ke
  1. Siswa dapat melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah disediakan
  2. Siswa dapat mengurutkan gambar seri kemudian membuat karangan berdasarkan gambar seri
  3. Siswa dapat membacakan karangan secara lisan didepan kelas
  4. Siswa dapat menggunakan kata depan di dan ke
Gambar ilustrasi
* Melengkapi
   paragraf dengan
   kata-kata yang
   telah disediakan
* Mengurutkan
   gambar seri
   kemudian
   membuat
   karangan
   berdasarkan
   gambar seri
* Membacakan
   karangan secara
   lisan didepan
   kelas
* Menggunakan
   kata depan di
   dan ke
2XPertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 109-111
1. Tertulis





SILABUS

Pelajaran                                  : 8
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Melakukan
      sesuatu
      berdasarkan
      penjelasan yang
      disampaikan
      secara lisan

  1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru
  2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam dongeng yang didengarkan
  3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar
  4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri
Teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
* Mendengarkan
   dongeng yang   
   dibacakan oleh
   guru
* Menjelaskan
   tokoh dan sifat
   tokoh yang
   terdapat dalam  
   dongeng yang
   didengarkan
* Menjawab
   pertanyaan
   sesuai dengan
  dongeng yang
  didengar
* Menceritakan
   kembali isi
   dongeng dengan
   kata-katanya sendiri
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks dongeng
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 118
1. Lisan


Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman da petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
2.1 Menceritakan
     pengalaman
     yang
     mengesankan
    dengan
     menggunakan
     kalimat yang
     runtut dan
     mudah dipahami
  1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman teman
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita pengalaman
  3. Siswa dapat menceritakan kembali cerita pengalaman teman
  4. Siswa dapat menceritakan pengalaman sendiri didepan kelas
  5.  Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman temannya dengan bertanya atau mengemukakan pendapat
Cerita tentang pengalaman
* Membaca cerita
   pengalaman
   teman 
* Menjawab
   pertanyaan
   sesuai dengan
   cerita
   pengalaman
* Menceritakan
   kembali cerita
   pengalaman
   teman
* Menceritakan
   pengalaman
   sendiri didepan
   kelas
* Siswa
   menanggapi  
   cerita
   pengalaman
   temannya
   dengan bertanya
   atau
   mengemukakan
   pendapat
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 119-120
1.Lisan
2.Pengamatan

Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.1 Membaca
     nyaring teks (20-
     25 kalimat)
     dengan lafal dan
     intonasi yang
     tepat
  1. Siswa dapat membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita
  3. Siswa dapat mencari bacaan di surat kabar anak kemudian membacakannya dengan nyaring
  4. Siswa dapat melengkapi kalmat dengan kata yang telah disediakan
Teks bacaan
* Membaca teks
  dengan lafal dan
   intonasi yang
   tepat
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan isi
   teks cerita
* Mencari bacaan
   disurat kabar
   anak kemudian
  membacakannya
   dengan nyaring
* Melengkapi
   kalimat dengan
   kata yang telah
   disediakan
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 120-122
1.Lisan
2.Tertulis










Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.2 Melengkapi
     puisi anak
     berdasarkan
     gambar
     Menggunakan
     tanda baca dan
     huruf kapital
  1. Siswa dapat melengkapi puisi
  2. Siswa dapat membuat puisi berdasarkan gambar
  3. Siswa dapat menggunakan tanda koma ( , )
  4. Siswa dapat menulis huruf kapital dan tanda baca
Gambar seri
* Melengkapi
   puisi
* Membuat puisi
   berdasarkan
   gambar
* Membuat tanda
   koma ( , )
* Menulis dengan
   huruf capital
   dan tanda baca
2XPertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 122-124

1.Tertulis


SILABUS

Pelajaran                                  : 9
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / I
Standar Kompetensi                 : 1. Mendengarkan
                                                      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.   Mendengarkan
1.1 Mengomentari
      tokoh-tokoh
     cerita anak yang
     disampaikan
     secara lisan

  1. Siswa dapat mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil menjawab pertanyaan
  2. Siswa dapat mencatat tokoh-tokoh cerita dan latar
  3. Siswa dapat menanggapi tokoh cerita
  4. Siswa dapat menceritakan kembali cerita
  5. Mencari teks cerita dibuku atau koran kemudian menanggapi tokoh-tokohnya
Teks cerita anak
* Mendengarkan
   cerita yang
   dibacakan guru
   sambil
   menjawab
   pertanyaan
* Mencatat tokoh-
   tokoh cerita dan
   latar
* Menanggapi
   tokoh cerita
* Menceritakan
   kembali cerita
* Mencari teks
   cerita di buku
   atau Koran kemudian menanggpai tokoh-tokohnya
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Kaset/ teks dongeng
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 132-133
1. Lisan
2. Tertulis

Standar Kompetensi                 : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.   Berbicara
2.3  Memberikan                                  tanggapan dan    saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
  1. Siswa dapat menentukan hal-hal pokok dalam gambar
  2. Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan
  3. Siswa dapat menanggapi isi cerita secara lisan

Gambar dan cerita
* Menentukan
   hal-hal pokok
   dalam gambar 
* Menceritakan
   isi gambar
   secara lisan 
* Menanggapi isi
   cerita secara
   lisan
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 133-136
1. Lisan
2. Tertulis
3.Pengamatan

Standar Kompetensi                 : 3. Membaca
                                                      Memehami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.  Membaca
3.1 Membaca
     nyaring teks (20-
    25 kata) dengan
    lafal dan intonasi
    yang tepat
  1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan 
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan sesuai pernyataan
  4. Siswa dapat menyimpulkan isi teks bacaan
  5. Siswa dapat mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan

Gambar dan cerita
* Membaca teks
   bacaan dengan
   lafal dan
   intonasi yang
   tepat 
* Menjawab
   pertanyaan
   berdasarkan isi
   teks bacaan 
* Menyatakan
   pendapat atau
   perasaan sesuai
   pernyataan
* Menyimpulkan
   isi teks bacaan
* Mencari kata-
   kata sulit dalam
   teks bacaan
1XPertemuan
2X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 136-137
1. Lisan
2.Pengamatan





Standar Kompetensi                 : 4. Menulis
                                                      Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi dlam bemtuk paragraf dan puisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Menulis
4.2. Melengkapi
      puisi anak
      berdasarkan
      gambar
      Menggunakan
      tanda koma ( , )
      Menggunakan   
      huruf kapital
  1. Siswa dapat melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah disediakan
  2. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar
  3. Siswa dapat membacakan puisi dengan penuh penghayatan
  4. Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi teman
  5. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tanda baca koma ( , )

Gambar ilustrasi
* Melengkapi
   puisi dengan
   kata-kata yang
   telah disediakan  
* Menulis puisi
   berdasarkan  
   gambar 
* Membacakan
   puisi dengan
   penuh
   penghayatan
* Menanggapi
   pembacaan
   puisi teman
* Melengkapi
   kalimat dengan
   tanda baca
   koma
2XPertemuan
4X35 Menit
Kurikulum 2006
Bina Bahasa Indonesia 3A hal 138-140
1. Tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar