SILABUS
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan | 1.Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon 2.Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas 3.Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petujuk bertelepon 4.Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon 5.Siswa dapat memperagakan teks percakapan | Teks petunjuk melakukan sesuatu | * Mendengarkan petunjuk bertelepon * Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas * Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon * Menyusun percakapan melalui telepon * Memperagakan teks percakapan | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset, teks, petunjuk. Bina Bahasa Indonesia 3A hal 2-3 | 1. Lisan 2. Tertulis |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | 1.Siswa dapat memperagakan percakapan melauli telepon di depan kelas 2.Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas 3.Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai | Teks percakapan | * Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas * Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas * Melengakapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 - 5 Telepon mainan | 1.Pengam atan 2. Tertulis |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalmat) dengan lafal dan intonasi yang tepat | 1.Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan 3.Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan 4. Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat | Teks bacaan | * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat * Menjawab pertanyaan secara lisan * Melengakapi pernyataan berdasarkan teks bacaan * Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 5 - 8 | 1.Penugas an 2.Tertulis |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | 1.Siswa dapat menyusun paragraph acak dengan benar 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasrkan paragraf yang disusun 3.Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya 4.Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar 5.Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital | Teks paragraf | * Menyusun paragraf acak dengan benar * Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun * Mencari kata sulit dan artinya * Menulis paragraf berdasarkan gambar * Memahami penggunaan huruf kapital | 2X Pertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 - 12 | 1. Tertulis |
SILABUS
Pelajaran :2
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :3 / I
Standar Kompetensi :1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan | 1.Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan 3.Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh 4.Siswa dapat mentukan tokoh dan sifatnya | Teks cerita anak | * Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru * Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan * Menyebutkan nama dan sifat tokoh * Menetukan tokoh dan sifatnya | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset, teks cerita. Bina Bahasa Indonesia 3A hal 20-21 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi :2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | 1.Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas 2.Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas 3.Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai | Teks percakapan | * Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas * Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas * Melengkap percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 – 5 Telepon mainan | 1.Pengam atan 2.Tertulis |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membsca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif | 1.Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang dibaca 3.Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan 4.Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas | Teks cerita | * Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat * Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang di baca * Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan * Menceritakan kembali isi teks cerita yang di baca dengan runtut dan jelas | 1XPertem uan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 23-25 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | 1.Siswa dapat membuat kalimat sesuai isi gambar ilustrasi 2.Siswa dapat mengurutkan gambar dan membuat paragrafnya 3.Siswa dapat menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri 4.Siswa dapat memahami dan menulis kalimat dengan tanda hubung ( - ) 5.Siswa dapat memenggal kata yang didektekan | Gambar ilustrasi | * Membuat kalimat sesuai isi gambar ilustrasi * Mengurutkan gambar dan membuat paragrafnya * Menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri * Memahami dan menulis kalimat dengan tanda hubung ( - ) * Memenggal kata yang didektekan | 2X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 26 - 29 | 1.Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan | 1.Siswa dapat mendengarkan penjelasan kemudian mencatat isi penjelasannya 2.Siswa dapat menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar 3.Siswa dapat menulis kembali isi penjelasan | Teks berisi penjelasan untuk dilakukan | * Mendengarkan penjelasan kemudian mencatat isi penjelasannya * Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar * Menulis kembali isi penjelasan | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset, teks petunjuk. Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | 1.Siswa dapat membaca penjelasan kegiatan melakukan sesuatu 2.Siswa dapat menjelaskan kembali urutan kegiatan 3.Siswa dapat melengkapi penjelasan melakukan sesuatu kemudian menjelaskannya dengan lisan | Gambar ilustrasi | * Membaca penjelasan kegiatan melakukan sesuatu * Menjelaskan kembali urutan kegiatan * Melengkapi penjelasan melakukan sesuatu kemudian menjelaskannya dengan lisan | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Yoyo mainan Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38 | 1. Lisan 2.Demonstrasi |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca | 1.Siswa dapat membacakan dongeng dengan suara nyaring 2.Siswa dapat mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita dongeng 3.Siswa dapat menentukan pesan dan amanat dalam dongeng 4.Siswa dapat menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca secara lisan | Teks cerita dongeng | * Membacakan dongeng dengan suara nyaring * Mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita dongeng * Menentukan pesan dan amanat dalam dongeng * Menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca secara lisan | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 41-43 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.4 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | 1.Siswa dapat memahami pokok pikiran (topik) dan mengubahnya menjadi paragraf berdasarkan gambar 2.Siswa dapat menentukan dan mengembangkan pokok pikiran menjadi sebuah paragraf cerita berdasarkan gambar 3.Siswa dapat memahami penggunaan tanda hubung (-) 4.Siswa dapat menggunakan tanda hubung (-) dalam kalimat | Gambar ilustrasi | * Memahami pokok pikiran (topik) dan mengubahnya menjadi paragraf berdasarkan gambar * Memahami penggunaan tanda hubung (- ) * Menggunakan tanda hubung (- ) dalam kalimat | 2X Pertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Yoyo mainan Bina Bahasa Indonesia 3A hal 43-47 | 1. Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan | 1.Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan 3.Siswa dapat memberikan pendapat dan alasan mengenai peristiwa dalam cerita 4.Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan kata-katanya sendiri | Cerita anak | * Mendengarkan pembacaan cerita * Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan * Memberikan pendapat dan alasan mengenai peristiwa dalam cerita * Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-katanya sendiri | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset, teks cerita anak Bina Bahasa Indonesia 3A hal 56-57 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkaokan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dam memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat | 1.Siswa dapat mengamati gambar dan mencatat ciri- ciri gambar tersebut 2.Siswa dapat menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri 3.Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran mengenai isi gambar dengan lisan 4.Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang terjadi | Gambar ilustrasi | * Mengamati gambar dan mencatat ciri- ciri gambar tersebut * Menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri * Memberikan tangapan dan saran mengenai isi gambar dengan lisan * Memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang terjadi | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 57-58 | 1. Lisan 2. Tertulis |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kata) dengan lafal dan intonasi yang tepat | 1.Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.Siswa dapat melengkapi pernyataan-pernyataan sesuai dengan teks bacaan 3.Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan 4.Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan | Gambar ilust rasi | * Mengamati gambar dan mencatat ciri- ciri gambar tersebut * Menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri * Memberikan tangapan dan saran mengenai isi gambar dengan lisan * Memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang terjadi | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 58-59 | 1. Lisan 2.Pengamatan 3. Tugas |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.1 Melengkapi puisi berdasarkan gambar Menulis dengan huruf kapital | 1.Siswa dapat membaca dan mengamati contoh puisi yang dibuat berdasarkan gambar 2.Siswa dapat melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-kata yang tepat 3.Siswa dapat membacakan puisi yang telah lengkap dengan penghayatan 4.Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi 5.Siswa dapat memahami penulisan huruf kapital untuk judul | Gambar ilustrasi | * Membaca dan mengamati contoh puisi yang dibuat berdasarkan gambar * Melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-kata yang tepat * Membacakan puisi yang telah lengkap dengan penghayatan * Menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi * Memahami penulisan huruf kapital untuk judul | 2XPertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 60-62 | 1. Tertulis 2. Tugas |
SILABUS
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan | 1.Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang dibacakan guru kemudian mencatat hal-hal pentingnya 2.Siswa dapat melengkapi pernyatan berdasarkan petunjuk melakukan sesuatu yang telah didengarkan 3.Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk yang didengar 4.Siswa dapat mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu | Teks petunjuk melakukan sesuatu | * Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang dibacakan guru * Melengkapi pernyataan berdasarkan petunjuk melakukan sesuatu yang telah didengarkan * Menjelaskan kembali petunjuk yang didengar * Mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks petunjuk Bina Bahasa Indonesia 3A hal 70 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan , pengalaman, da petunjuk dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | 1.Siswa dapat membaca teks petunjuk melakukan sesuatu 2.Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk melakukan sesuatu 3.Siswa dapat menjelaskan kembali isi teks petunjuk melakukan sesuatu 4.Siswa dapat mencatat dan menjelaskan teks petunjuk melakukan sesuatu yang lain | Teks petunjuk melakukan sesuatu | * Membaca petunjuk melakukan sesuatu * Menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk melakukan sesuatu * Menjelaskan kembali isi teks petunjuk melakukan sesuatu * Mencatat dan menjelaskan teks petunjuk melakukan sesuatu yang lain | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 71-72 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memehami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.3 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif |
| Teks bacaan informasi | * Membaca teks bacaan informasi dengan seksama * Melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks bacaan informasi * Menyatakan perasaan atau pendapat mengenai pernyataan yang ada dalam teks bacaan informasi * Menyimpulkan teks bacaan informasi yang dibaca | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 72-74 | 1. Lisan 2. Tertulis |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar |
| Teks puisi dan gambar | * Melengkapi puisi rumpang yang dibuat berdasarkan gambar ilustrasi * Menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan gambar ilustrasi * Membuat puisi berdasarkan gambar ilustrasi | 2X Pertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 74-75 | 1. Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan |
| Teks cerita anak | * Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru dan menjawab pertanyaannya * Mencatat tokoh cerita * Mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita * Mencari cerita lain kemudian mencatat dan mengomentari tokoh-tokoh ceritanya | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks petunjuk Bina Bahasa Indonesia 3A hal 88-89 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami |
| Cerita pengalaman | * Membaca cerita pengalaman orang lain * Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman yang dibaca * Menceritakan kembali cerita pengalaman yang dibacanya * Menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan mudah dipahami | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 89-91 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.1 Membaca nyaring teks (20- 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat |
| Teks bacaan | * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat * Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan * Menjelaskan kembali teks bacaan | 1X Pertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 91-93 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengugkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan Menggunakan tanda baca koma |
| Teks paragraf | * Melengkapi paragraf dengan kalimat yang sesuai * Menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya dengan benar * Menulis paragraf berdasarkan gambar seri * Menggunakan tanda baca koma dalam kalimat * Menulis cerita pendek dengan tanda baca dan ejaan yang sesuai | 3X Pertemuan 6X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 93-97 | 1. Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan |
| Teks cerita dongeng | * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru * Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam dongeng yang didengarkan * Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar * Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks dongeng Bina Bahasa Indonesia 3A hal 104 | 1. Lisan |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat |
| Teks percakapan dan gambar ilustrasi | * Memperagakan percakapan didepan kelas * Menentukan kalimat yang merupakan tanggapan dan saran * Memberikan pendapat dan saran terhadap isi gambar ilustrasi secara lisan * Menanggapi benda atau karya seni secara lisan | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks dongeng Bina Bahasa Indonesia 3A hal 105-107 | 1. Lisan 2. Tertulis 3.Ekspresi |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif |
| Teks cerita pengalaman | * Membaca sekilas cerita pengalaman * Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman * Menyatakan pendapat atau perasaan mengenai pernyataan yang ada dalam cerita pengalaman * Menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara lisan | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 107-109 | 1. Lisan 2. Tugas |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan Menggunakan kata depan di dan ke |
| Gambar ilustrasi | * Melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah disediakan * Mengurutkan gambar seri kemudian membuat karangan berdasarkan gambar seri * Membacakan karangan secara lisan didepan kelas * Menggunakan kata depan di dan ke | 2XPertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 109-111 | 1. Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan |
| Teks berisi petunjuk melakukan sesuatu | * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru * Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam dongeng yang didengarkan * Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar * Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks dongeng Bina Bahasa Indonesia 3A hal 118 | 1. Lisan |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman da petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami |
| Cerita tentang pengalaman | * Membaca cerita pengalaman teman * Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita pengalaman * Menceritakan kembali cerita pengalaman teman * Menceritakan pengalaman sendiri didepan kelas * Siswa menanggapi cerita pengalaman temannya dengan bertanya atau mengemukakan pendapat | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 119-120 | 1.Lisan 2.Pengamatan |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.1 Membaca nyaring teks (20- 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat |
| Teks bacaan | * Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat * Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita * Mencari bacaan disurat kabar anak kemudian membacakannya dengan nyaring * Melengkapi kalimat dengan kata yang telah disediakan | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 120-122 | 1.Lisan 2.Tertulis |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar Menggunakan tanda baca dan huruf kapital |
| Gambar seri | * Melengkapi puisi * Membuat puisi berdasarkan gambar * Membuat tanda koma ( , ) * Menulis dengan huruf capital dan tanda baca | 2XPertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 122-124 | 1.Tertulis |
SILABUS
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 3 / I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan |
| Teks cerita anak | * Mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil menjawab pertanyaan * Mencatat tokoh- tokoh cerita dan latar * Menanggapi tokoh cerita * Menceritakan kembali cerita * Mencari teks cerita di buku atau Koran kemudian menanggpai tokoh-tokohnya | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Kaset/ teks dongeng Bina Bahasa Indonesia 3A hal 132-133 | 1. Lisan 2. Tertulis |
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat |
| Gambar dan cerita | * Menentukan hal-hal pokok dalam gambar * Menceritakan isi gambar secara lisan * Menanggapi isi cerita secara lisan | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 133-136 | 1. Lisan 2. Tertulis 3.Pengamatan |
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memehami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca 3.1 Membaca nyaring teks (20- 25 kata) dengan lafal dan intonasi yang tepat |
| Gambar dan cerita | * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat * Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan * Menyatakan pendapat atau perasaan sesuai pernyataan * Menyimpulkan isi teks bacaan * Mencari kata- kata sulit dalam teks bacaan | 1XPertemuan 2X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 136-137 | 1. Lisan 2.Pengamatan |
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi dlam bemtuk paragraf dan puisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis 4.2. Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar Menggunakan tanda koma ( , ) Menggunakan huruf kapital |
| Gambar ilustrasi | * Melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah disediakan * Menulis puisi berdasarkan gambar * Membacakan puisi dengan penuh penghayatan * Menanggapi pembacaan puisi teman * Melengkapi kalimat dengan tanda baca koma | 2XPertemuan 4X35 Menit | Kurikulum 2006 Bina Bahasa Indonesia 3A hal 138-140 | 1. Tertulis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar