SILABUS PELAJARAN 1
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Tema : Kegiatan
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.1 Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar | Denah | * Membuat gam- bar/denah | * Mendengarkan petunjuk arah yang dibaca- kan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan * Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar * Menjawab pertanyaan sesuai dengan dena * Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat | Tertulis dan penam-pilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan tempat sesuai denah | 2.1 Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut | Denah | * Mendeskrifsikan tempat dengan kalimat runtut | * Menjelaskan tempat sesuai denah secara tertulis * Menjelaskan denah secara lisan tentang cara menuju rumah teman * Menjelaskan denah perjalanan menuju rumah sendiri | Penampil-an dan produk | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 3 |
3. | Membaca Memahami teks agak panjang (150-200 kata) | 3.1 Menemukan pikiran pokok teks (150-200 kata) dengan memba ca sekilas | Teks bacaan tentang kegiatan | * Membaca seki- las teks agak panjang | * Membaca sekilas teks bacaan * Menjawab pertanyaan bacaan * Menemukan pikiran pokok teks bacaan | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal 4 & 5 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikir an, perasaan, dan informasi secara tertu lis dlm bentuk percakapan | 4.1 Melengkapi percakap- an dengan memperhati kan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda petik) | Teks percakapan | * Melengkapi teks percakapan rum- pang | * Membaca teks percakapan * Melengkapi percakapan dengan kata/ kalimat yang sesuai * Memerankan tokoh dalam dialog/ percakapan | Tertulis dan penam Pilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 6 – 8 |
5. | Latihan ulangan | 1.1 sampai dengan 4.1 | Variatif | Semua indikator | Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 | Buku Paket |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Melengkapi percakapan dan menjelaskan denah | Teks dialog | * Melengkapi percakapan | * Melengkapi percakapan disertai ejaan * Menjelaskan denah | Tertulis & Penampiln | 2 x 35 | Surat undangan |
SILABUS PELAJARAN 2
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / I
Tema : Peristiwa
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps | 1.2 menjelaskan kembali secara lisan atau tertu lis penjelasan tentang simbol daerah/lam- bang korps | Lambang | * Menjelaskan se- cara lisan arti lambang | * Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka. * Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka. * Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci * Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka. | Tertulis, penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal.18 – 19 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat | 2.3 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Teks berisi petunjuk | * Menjelaskan pe tunjuk penggu- naan alat | * Membaca contoh petunjuk penggunaan alat. * Mengungkapkan secara lisan cara menggu nakan alat. * Mendiskusikan petunjuk penggunaan alat. | Penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4ª hal. 19 – 21. |
3. | Membaca Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata) | 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150 – 200 kata). | Teks bacaan | * Menemukan po- kok pikiran teks bacaan | * Membaca teks ”Terkunci di Kamar” dengan cermat. * Menjawab pertanyaan bacaan. * Menemukan pikiran pokok teks bacaan. * Meringkas teks bacaan. | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina bahasa 4A hal. 20 – 22. |
4. | Menulis Mengungkapkan pikir an, perasaan, dan in-formasi secara tertu-lis dalam bentuk cerit | 4.1 Melengkapi bagian ce rita (rumpang) meng- gunakan kata/ kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yg padu | Cerita rumpang | * Melengkapi ceri ta rumpang | * Membaca cerita rumpang * Melengkapi cerita rumpang. * Membacakan cerita yang sudah lengkap di depan kelas. * Menjawab pertanyaan cerita yang lengkap. | Tertulis dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4ª hal. 22 – 24. |
5. | Ulangan | 1.2 sampai dengan 4.1 | Variatif | Semua indikator | Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Bina Bahasa 4a hal 24- 28 |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Menemukan kata dan menyusun kalimat | Format teka-teki | Membuat kalimat | * Menyusun kalimat. * Menjelaskan arti lambang sekolah. | Tertulis | 2 x 35 menit | Bina Bahasa 4A hal. 29. |
SILABUS PELAJARAN 3
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Kesenian
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Menedengarkan Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah | 1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah | Gambar simbol daerah | Menjelaskan simbol daerah | * Mendengarkan penjelasan tentang simbol. * Mencatat pokok-pokok penjelasan ten- tang simbol. * Menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan yang didengar. * Menuliskan penjelasan tentang simbol secara rinci. * Menjelaskan kembali simbol daerah. | Tertulis dan produk | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 32 dan gambar simbol daerah Kalimantan |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk pengunaan suatu alat | 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Percakapan tentang Pengguna an alat | Menjelaskan petunjuk penggunaan | * Memperagakan percakapan * Menjawab pertanyaan * Menjelaskan kembali petunjuk pengguna- an alat sesuai teks percakapan | Tertulis dan penampil-an | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33 – 34. |
3. | Membaca Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata) | 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak pan- jang dengan cara membaca sekilas | Teks panjang | Menemukan pikiran pokok teks | * Membaca sekilas teks bacaan yang berju dul ”Pensil Ajaib” * Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks. * Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf * Membuat kalimat permintaan sesuai con- toh yang terdapat pada teks bacaan | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 34 – 37. |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk surat | 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan ejaan (huruf besar, tanda baca titik, koma, dll.) | Naskah surat pribadi | Menulis surat untuk teman | * Membaca contoh surat pribadi/surat untuk teman. * Mengenal bagian-bagian surat. * Menentukan bagian-bagian surat. * Menulis surat untuk teman. | Tertulis dan produk | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 38 – 40. |
5. | Latihan ulangan | 1.2 sampai 4.4 | variatif | Semua indikator | Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4ª hal. 40 – 42. |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Menjelaskan penggunaan alat dan menemukan pikiran pokok teks bacaan agak panjang | Teks bacaan dan gambar pengguna-an alat | Menjelaskan penggunaan alat dan menemukan pikiran pokok | * Menjelaskan cara memainkan alat musik biola. * Menuliskan pikiran pokok bacaan | Tertulis dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 43 – 44 |
SILABUS PELAJARAN 4
Nama Sekolah : ..........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Transportasi
No. | Standrar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.1 Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang dide- ngar | Gambar denah | Membuat gambar denah | * Menyimak penjelasan guru tentang petun juk membuat denah * Membuat denah sesuai petunjuk * Menjelaskan kembali denah yang telah dibuat | Tertulis dan produk | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 46 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat | 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan alat de- ngan bahasa yang baik dan benar | Teks berisi petunjuk | Menjelaskan petunjuk penggunaan alat | * Menyimak atau membaca petunjuk cara menumpang kendaraan umum * Melengkapi pernyataan sesuai petunjuk * Menjelaskan kembali petunjuk cara menaiki kendaraan umum | Penampil an | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 46 – 47 |
3. | Membaca Membaca memindai teks dan menemukan makna kata dalam kamus | 3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui membaca memindai | Kamus/en-siklopedia anak nasional | Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus/ensiklope-dia | * Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu dan Sekarang” * Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan * Menjelaskan cara menggunakan kamus * Membuat daftar kata sukar dan menemu- kan artinya dalam kamus | Tertulis dan penampil-an | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 48 – 49 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan | 4.1 Melengkapi percakap- an yang belum selesai dengan memperhati- kan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda petik) | Percakap an rum-pang | Melengkapi percakapan rumpang | * Membaca teks percakapan yang berjudul ”Calon Ilmuan” * Menjawab pertanyaan sesuai isi percakap an * Melengkapi percakapan rumpang. * Memberi tanggapan terhadap pokok per- masalahan * Menggunakan tanda titik dua ( : ) dan tanda titik dalam kalimat | Tertulis | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 50 – 54. |
5. | Latihan ulangan | 1.1 sampai dengan 4.1 | variatif | Semua indikator | Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 54 – 58 |
6. | Lembar tugas portofolio | Melengkapi percakapan dan membuat percakapan berdasarkan pengamatan gambar | Teks percakapan rumpang | Melengkapi percakapan | * Menyelesaikan percakapan * Membuat percakapan berdasarkan pengamatan gambar | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4ª hal. 59 - 60 |
SILABUS PELAJARAN 5
Nama Sekolah : ...........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Olahraga
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan dari narasumber | 1.1 Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar | Teks penjelasan | Membuat gambar / denah | * Mendengarkan penjelasan dari narasum- ber * Menjawab pertanyaan * Mencatat hal-hal penting dari penjelasan narasumber * Membuat denah berdasarkan penjelasan narasumber | Tertulis dan produk | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 62 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat | 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Teks petunjuk pengguna-an | Menjelaskan petunjuk penggunaan alat | * Mengamati gambar alat-alat olahraga * Menjelaskan penggunaan alat-alat sesuai gambar | Penam-pilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 63 |
3. | Membaca Memahami teks agak panjang ( 150 – 200 kata ) | 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak pan- jang (150 – 200 kata) dengan cara memba- ca sekilas | Teks bacaan ”Badmini Dulu Baru Badmin-ton” | Menemukan pikiran pokok teks bacaan | * Membaca sekilas ”Badmini Dulu Baru Badminton” * Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan * Menemukan pikiran pokok teks bacaan * Membuat ringkasan bacaan | Tertulis dan Penampil-an | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 63 - 64 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan | 4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda petik) | Percakapan rumpang | Melengkapi percakapan rumpang | * Membaca teks cerita ”Pemain Cadangan” * Menjawab pertanyaan sesuai cerita * Mengubah teks cerita “Pemain Cadangan ke dalam bentuk percakapan * Memperagakan percakapan sesuai teks yang dibuat. | Tertulis dan penampil-an | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4ª hal.65 – 67 |
5. | Latihan Ulangan | 1.1 sampai dengan 4.1 | variatif | Semua indikator | * Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4ª hal 67 – 70 |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Membuat percakapan berdasarkan narasi | Naskah percakapan | Naskah percakapan | * Mengembangkan narasi menjadi naskah percakapan | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4ª hal. 71 – 72 |
7. | Latihan Ulangan Tengah Semester 1 | 5 tema pembelajaran | Variatif | Semua indikator kelima tema | * Semua kegiatan pembelajaran dalam 5 tema pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bena Bahasa Indonesia 4A hal. 73 – 78 |
SILABUS PELAJARAN 6
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Pertanian
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.1 Membuat gambar de nah berdasarkan penje lasan yang didengar | Teks berisi petunjuk denah | Membuat gambar denah | * Mendengarkan penjelasan ”Petunjuk ke Toko Trubus.” * Mencatat isi petunjuk yang didengar * Menjelaskan isi petunjuk * Membuat denah arah perjalanan * Menulis petunjuk arah ke suatu tempat dan menggambar denahnya | Tertulis dan Produk | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan tempat sesuai denah | 2.1 Mendeskrifsikan tem pat sesuai dengan de nah atau gambar deng an kalimat yang runtut | Denah lokasi | Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | * Mengamati gambar denah * Menjelaskan tempat berdasarkan denah | Tertulis dan penampil-an | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 – 81 |
3. | Membaca Membaca untuk memahami petunjuk pemakaian | 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang diba- ca | Teks berisi petunjuk | Melakukan sesuatu sesuai petunjuk | * Membaca sekilas * Menjawab pertanyaan * Mencatat petunjuk dalam bacaan * Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca | Proses dan produk | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 81 – 82 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita | 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan ten- tang cara membuat se suatu | Petunjuk melakukan sesuatu | Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu | * Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan * Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar * Menulis petunjuk melakukan sesuatu | Tertulis | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 83 – 86 |
5. | Latihan Ulangan | 1.1 sampai dengan 4.2 | Variatif | Semua indikator | * Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 86 – 90 |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Menulis petunjuk cara kerja alat-alat | Petunjuk melakukan sesuatu | Menulis petunjuk cara melakukan sesuatu | * Menuliskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan gambar alat-alat | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 91 – 92 |
SILABUS PELAJARAN 7
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Lingkungan
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan Penjelasan tentang lambang | 1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tertu- lis penjelasan tentang lambang | Gambar lambang | Menjelaskan kembali penjelas-an tentang lam-bang | * mendengarkan penjelasan tentang lam- bang lingkungan kalpataru * Mencatat hal-hal penting * Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kalpataru * Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis tentang lambang kalpataru | Penampil-an | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 94 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunan alat | 2. 2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Teks petunjuk pengguna an alat | Menjelaskan pe-tunjuk pengguna-an alat | * Memperagakan percakapan ”Mesin Tetas dari Kardus Bekas” * Melengkapi pernyataan sesuai percakap- an * Menjelaskan petunjuk penggunaan alat secara lisan * Menjelaskan cara menggunakan alat | Penampil-an | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 94 – 96 |
3. | Membaca Membaca petunjuk pemakaian | 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang diba- ca | Teks bacaan berisi pe-tunjuk pe-makaian | Melakukan sesua tu berdasarkan petunjuk | * Membaca teks ”Penggunaan Stiker atau Kertas untuk Mengukur Kotor atau Tidak- nya Udara di Rumah” * Membuat ringkasan bacaan * Menjelaskan petunjuk cara mengetahui tingkat kebersihan udara * Memperagakan petunjuk pemakaian sesuatu sesuai teks yang dibaca * Menanggapi penjelasan secara lisan | Tertulis dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 96 – 98 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertlis dalam bentuk surat | 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita- cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll) | Contoh surat pribadi | Menulis surat untuk teman sebaya | * Membaca contoh surat untuk teman sebaya * Menggunakan tanda koma untuk memi- sahkan kata-kata dalam suatu pemerin- cian * Membubuhkan tanda koma dalam kalimat * Menulis bagian-bagian surat * Menulis surat untuk teman sebaya ten- tang pengalaman | Tertulis | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 98 – 100 |
5. | Latihan Ulangan | 1.2 sampai dengan 4.4 | Variatif | Semua indikator | * Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 101 – 104 |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Menulis surat untuk teman sebaya tentang lingkungan tempat tinggal | Format surat | Menulis surat untuk teman sebaya | * Menulis surat untu teman sebaya tentang lingkungan tempat tinggal | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 105 - 106 |
SILABUS PELAJARAN 8
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Hidup Hemat
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.3 Membuat gambar / de nah berdasarkan penje lasan yang didengar | Petunjuk denah | Membuat gambar / denah | * Mendengarkan penjelasan untuk mem- buat denah * Membuat denah perjalanan ke Bank Makmur berdasarkan penjelasan * Menjelaskan petunjuk denah yang telah kita buat secara tertulis | Tertulis dan perbuatan | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 108 |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | 2.2 Mendeskrifsikan tem- pat sesuai dengan de- nah atau gambar deng an kalimat yang runtut | Denah lokasi | Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | * Mengamati gambar denah * Menjelaskan tempat sesuai gambar * Menjelaskan denah buatan sendiri | Produk dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 109 |
3. | Membaca Memahami makna kata dalam kamus / ensiklopedia | 3.1 menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia | Kamus Bahasa Indonesia | Menemukan informasi dalam kamus / ensiklopedia | * Membaca memindai ”Menjadi Nasabah Bank.” * Menemukan makna dan informasi dalam kamus * Menggunakan kata sulit dalam kamlimat * Menjawab pertanyaan sesuai teks baca- an | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 109 – 110 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk petunjuk | 4.2 Menulis petunjuk atau penjelasan tentang ca- ra membuat sesuatu | Teks petunjuk | Menulis petunjuk cara melakukan sesuatu | * Membaca contoh petunjuk tentang cara membuat kincir angin * Memperagakan pembuatan kincir angin berdasarkan petunjuk * Menulis petunjuk menghias celengan * Memperagakan cara menghias celeng- an sesuai petunjuk yang telah dibuat | Tertulis dan penampilan dan produk | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4ª hal. 111 – 112 |
5. | Latihan Ulangan | 1.3 sampai dengan 4.2 | Variatif | Semua indikator | * Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 113 – 118 |
6 | Lembar Tugas Portofolio | Membuat denah dan menjelaskan secara lisan | Denah lokasi | Membuat denah lokasi | * Membuat denah sesuai petunjuk denah * Menjelaskan petunjuk denah secara li- san | Produk dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 119 – 120 |
SILABUS PELAJARAN 9
Nama Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Tempat Umum
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps | 1.4 Menjelaskan kembali secara lisan atau tertu- lis penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps | Lambang daerah | Menjelaskan simbol / lambang korps | * Mendengarkan penjelasan tentang sim- bol / lambang Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat * Mencatat hal-hal penting dari penjelas- an lambang Daerah Provinsi Nusa Teng gara Barat * Menjawab pertanyaan yang berhubung- an dengan lambang Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat * Menjelaskan kembali secara tertulis ten- tang lambang Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 122. |
2. | Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan alat | 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Teks petunjuk pengguna-an alat | Menjelaskn petunjuk penggu-naan alat | * Membaca ”Petunjuk Penggunaan Cair- an Penghapus.” * Menjelaskan kembali ”Petunjuk Penggu- naan Cairan Penghapus” secara lisan di depan teman-teman. | Perbuatan dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 122 – 123 |
3. | Membaca Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata) | 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak pan- jang (150 – 200 kata) dengan cara membaca sekilas | Teks agak panjang ( 150 – 200 kata) | Menemukan pikiran pokok teks bacaan | * Membaca sekilas teks ”Pembagian yang Adil” * Menjawab pertanyaan sesuai teks baca- an * Menemukan pikiran pokok teks bacaan “Pembagian yang Adil” * Meringkas teks bacaan ”Pembagian yang Adil.” | Tertulis | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 124 – 126 |
4. | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita | 4.3 Melengkapi bagian ce- rita yang hilang (rum- pang) dengan menggu nakan kata atau kali- mat yang tepat sehing- ga menjadi cerita yang padu | Cerita rumpang | Melengkapi cerita rumpang | * Membaca cerita yang rumpang ”Celeng- an Beni” * Melengkapi cerita “Celengan Beni” deng an kata atau kalimat yang tepat. * Menggunakan tanda titik dan tanda ba- ca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan. | Tertulis | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 126 – 129 |
5. | Latihan Ulangan | 1.2 sampai dengan 4.3 | Variatif | Semua indikator | * Semua kegiatan pembelajaran | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 128 – 132 |
6. | Lembar Tugas Portofolio | Membuat gambar lambang daerah dan menjelaskan artinya | Lambang daerah | Menggambar dan menjelaskan arti lambang daerah | * Menggambar lambang daerah yang su- dah dikenal * Menjelaskan makna lambang daerah yang sudah dikenal | Tertulis dan penampilan | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 133 – 134 |
7. | Latihan Ulangan Akhir Semester I | Semua kompetensi dasar semester satu | Variatif | Semua indikator semester I | * Semua kegiatan pembelajaran yang di- sajikan pada semester I | Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 135 – 139 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar