Jumat, 29 April 2011

MANFAAT BENGKOANG untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Selain bisa dimakan untuk campuran rujak manis, ternyata bengkoang atau juga disebut bengkuang memilik beragam khasiat yang dapat kita peroleh jika kita rajin mengkonsumsinya. Bengkuang yang dalam bahasa latinnya Pachyrhizuserosus dapat mencapai panjang 4-5 meter dengan menjalar. Umbinya mengandung gula, fosfor, pati dankalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasl dari suatu oligosakorida yang di sebut inulin ( pati sayuran )

Inulin telah digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan seperti es krim, produduk susu dan roti. komponen ini tidak dapat dicerna enzim dalam usus manusia, sehingga melewati mulut dan usus tanpa di metabolisme. dalam usus besar barulah insulin mengalami fermentasi oleh mikroflora usus menjadi asam lemak dan laktat, dengan hasil samping berupa biomassa bakteri dan gas. Karena sifat yang tidak tercerna ini inulin cocok dikonsumsi penderita diabetes. Sifat penting dari inulin adalah sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah.

Inulin mempengaruhi fungsi usus dengan meningkatkan massa feses dan meningkatkan frekuensi defekasi terutama pada penderita konstipasi. Perbaikan parameter lemak dalam darah, antara lain penurunan kadar triliserida serum dan kolesterol darah pada penderita hypercholerolemia.

Manfaat Bengkoang Untuk Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Selain mempunyai kandungan inulin yang dapat memberikan dampak positif bagi usus kita, bengkoang  juga dapat kita olah untuk menjadi masker yang dapat kita gunakan sebagai penghilang flek hitam di wajah. Berikut cara mengolah bengkoang untuk menjadi masker wajah :

  1. Parutlah bengkuang secara halus agak banyak.
  2. Lalu gunakan parutan bengkuang tersebut dan balurkan ke bagian wajah/yang bernoda atau bisa juga dijadikan bahan campuran pada scrub. Usapkan perlahan dan diamkan 30 menit.
  3. Lalu bilas hingga bersih, wajah terlihat bersih dan cerah.
Selain itu Bengkoang juga Untuk Menjaga Kelembaban Kulit, dan tentunya tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita mengalihkan perhatian ke bengkoang untuk menjaga kecantikan wajah dan kulit kita. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar