RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH :
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS/SEMESTER : II/II
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
I. STANDAR KOMPETENSI
Ø MATEMATIKA
Geometri : Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
Ø BAHASA INDONESIA : Mendeskripsikan benda di sekitar
Ø SBK : Mengekspresikan diri melalui seni rupa
II. INDIKATOR
MATEMATIKA
Geometri : - Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
- Membuat tiga macam bangun datar
BAHASA INDONESIA : - Mendeskripsikan ciri-ciri benda yang ada di lingkungan
Berbicara - Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda
SBK : Menggambar bangun datar
III. HASIL BELAJAR/TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan penjelasan guru, Tanya jawab, dan penugasan, siswa dapat :
1. Menyebutkan nama-nama bangun datar
2. Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
3. Menggambar bangun datar sederhana
4. Menyebutkan contoh-contoh alat rumah tangga yang sisinya berbentuk bangun datar sederhana
IV. MATERI PEMBELAJARAN
1. Nama bangun datar sederhana antara lain
a. Lingkaran
b. Segitiga
c. Segi empat
2.
|
|
|
|
|
|
|
LINGKARAN SEGITIGA SEGI EMPAT
3. a. Pada bangun datar garis yang membatasi bangun disebut sisi
Contoh : - Pada segitiga di atas, jumlah sisinya tiga buah yaitu sisi AB, sisi BC, dan CA
- Jumlah sudutnya 3 buah yaitu sudut A, sudut B, dan sudut C
- Segi empat mempunyai 4 sisi yaitu KL, LM, MN dan NK.
Sudutnya 4 buah, sudut K, sudut L, sudut M, dan sudut N
- Lingkaran mempunyai 1 sisi tidak mempunyai sudut
Contoh alat-alat rumah tangga yang sisinya berbentuk bangun datar :
· Permukaan meja
· Tutup taperwer
· Permukaan TV
· Gambar dinding
· Jam dinding
· Dinding kulkas
· Dan lain-lain
V. METODA PEMBELAJARAN
Ø Tanya jawab
Ø Ceramah
Ø Tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Kegiatan awal (10 menit)
- Pengelolaan kelas
- Mengabsen siswa
- Berdo’a
- Tanya jawab
- Memotivasi
- Appersepsi : Guru menanyakan kepada siswa tentang kue lopis atau kue pancung, godok, dan tanya jawab tentang kotak rokok ayah di rumah, kemudian menghubungkan dengan pelajaran baru.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti (55 menit)
- Siswa mengamati alat peraga yang ditampilkan di depan kelas
- Tanya jawab tentang alat peraga yang ditampilkan tersebut
- Siswa disuruh secara bergantian menuliskan nama bangun datar yang diragakan guru
- Siswa mengidentifikasi tentang contoh-contoh bangun datar sederhana yang ada di dalam ruangan kelas
- Siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
- Siswa membuat atau melukis tiga jenis bangun datar yang berbentuk lingkaran, segitiga dan segiempat.
3. Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
Kesimpulan (terlampir pada materi)
- Pemberian tugas atau PR
- Pesan moral yang menghubungkan pelajaran dengan imtaq (iman dan taqwa)
- Do’a penutup
VII. ALAT/SUMBER
Alat
- Chart / macam-macam bentuk bangun datar dari karton yang telah digunting
Sumber
- Kurikulum KTSP
- Buku penunjang Matematika Kelas II Erlangga, hal 143-145
- Buku Matematika II Yudistira, hal 129 – 135
- Buku Super Matematika Kelas II, hal 105 – 108
VIII. PENILAIAN
A. Prosedur Test
- Test awal (Preetest) : Tidak dilaksanakan
- Test Proses : Dilaksanakan
- Test akhir (Post test) : Dilaksankan
B. Jenis Test : Tulisan
C. Bentuk Test : - Isian
- Esay
D. Alat Test : - Soal (terlampir)
- Kunci jawaban (terlampir)
- Pedoman penskoran penilaian (terlampir)
PEDOMAN PENSKORAN PENILAIAN
No | Keterangan | Skor | Keterangan |
1 - 5 | Untuk kelompok I soal no 1 s/d 5 Jawaban benar | 1 | |
| Skor maksimum soal no 1 s/d 5 | 5 | |
6 | Soal no 6 Jawaban benar / sempurna Jawaban kurang tepat Jawaban sedikit kebenarannya | 3 2 1 | |
| Skor maksimum soal no 6 | 3 | |
7 | Jawaban benar | 1 | |
| Skor maksimum soal no 7 | 1 | |
8 | Jawaban lengkap dan benar Jawaban hanya tiga yang benar Jawaban hanya dua yang benar Jawaban hanya satu yang benar | 4 3 2 1 | |
| Skor maksimum soal no 8 | .4 | |
9 | Jawaban lengkap dan benar Jawaban hanya tiga yang benar Jawaban hanya dua yang benar Jawaban hanya satu yang benar | 4 3 2 1 | |
| Skor maksimum soal no 9 | 4 | |
10 | Jawaban lengkap dan benar Jawaban hanya dua yang benar Jawaban hanya satu yang benar | 3 2 1 | |
| Skor maksimum soal no 10 | 3 | |
Jumlah skor maksimum untuk seluruh soal 20
Nilai = skor perolehan x 10
Skor maksimum
Kepala Sekolah Guru Kelas II
, S.Pd
NIP. 131142202 NIP. 131435005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar