Kamis, 28 April 2011

RPP LINGKUNGAN II/II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                           : 
TEMA                                  :  LINGKUNGAN
KELAS/SEMESTER            :  II/II
ALOKASI WAKTU            :  2 X 35 MENIT

I.                   STANDAR KOMPETENSI
Ø      MATEMATIKA                  
Geometri                               :  Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
Ø      BAHASA INDONESIA       :  Mendeskripsikan benda di sekitar  
Ø      SBK                                     :  Mengekspresikan diri melalui seni rupa

II.                INDIKATOR
MATEMATIKA                        
Geometri                                     :  - Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
                                                      - Membuat tiga macam bangun datar
BAHASA INDONESIA             :  -  Mendeskripsikan ciri-ciri benda yang ada di lingkungan
Berbicara                                       - Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda
SBK                                           :  Menggambar bangun datar

III.             HASIL BELAJAR/TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan penjelasan guru, Tanya jawab, dan penugasan, siswa dapat :
1.      Menyebutkan nama-nama bangun datar
2.      Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
3.      Menggambar bangun datar sederhana
4.      Menyebutkan contoh-contoh alat rumah tangga yang sisinya berbentuk bangun datar sederhana

IV.              MATERI PEMBELAJARAN
1.      Nama bangun datar sederhana antara lain
a.       Lingkaran
b.      Segitiga
c.       Segi empat
2.     
C
 
Gambar bangun sederhana :




L
 
K
 
                                                                                                 












A
 

B
 

N
 

M
 



       LINGKARAN                         SEGITIGA                                  SEGI EMPAT

3.      a.   Pada bangun datar garis yang membatasi bangun disebut sisi
            Contoh : - Pada segitiga di atas, jumlah sisinya tiga buah yaitu sisi AB, sisi BC, dan CA
-   Jumlah sudutnya 3 buah yaitu sudut A, sudut B, dan sudut C
-   Segi empat mempunyai 4 sisi yaitu KL, LM, MN dan NK.
   Sudutnya 4 buah, sudut K, sudut L, sudut M, dan sudut N
-   Lingkaran mempunyai 1 sisi tidak mempunyai sudut



Contoh alat-alat rumah tangga yang sisinya berbentuk bangun datar :
·        Permukaan meja
·        Tutup taperwer
·        Permukaan TV
·        Gambar dinding
·        Jam dinding
·        Dinding kulkas
·        Dan lain-lain

V.                 METODA PEMBELAJARAN
Ø      Tanya jawab
Ø      Ceramah
Ø      Tugas

VI.              LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1.      Kegiatan awal (10 menit)
-         Pengelolaan kelas
-         Mengabsen siswa
-         Berdo’a
-         Tanya jawab
-         Memotivasi
-         Appersepsi : Guru menanyakan kepada siswa tentang kue lopis atau kue pancung, godok, dan tanya jawab tentang kotak rokok ayah di rumah, kemudian menghubungkan dengan pelajaran baru.
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan inti (55 menit)
-         Siswa mengamati alat peraga yang ditampilkan di depan kelas
-         Tanya jawab tentang alat peraga yang ditampilkan tersebut
-         Siswa disuruh secara bergantian menuliskan nama bangun datar yang diragakan guru
-         Siswa mengidentifikasi tentang contoh-contoh bangun datar sederhana yang ada di dalam ruangan kelas
-         Siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
-         Siswa membuat atau melukis tiga jenis bangun datar yang berbentuk lingkaran, segitiga dan segiempat.
3.      Kegiatan akhir (10 menit)
-     Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
Kesimpulan (terlampir pada materi)
-         Pemberian tugas atau PR
-         Pesan moral yang menghubungkan pelajaran dengan imtaq (iman dan taqwa)
-         Do’a penutup

VII.           ALAT/SUMBER
            Alat
-     Chart / macam-macam bentuk bangun datar dari karton yang telah digunting

Sumber
-         Kurikulum KTSP
-         Buku penunjang Matematika Kelas II Erlangga, hal 143-145
-         Buku Matematika II Yudistira, hal 129 – 135
-         Buku Super Matematika Kelas II, hal 105 – 108

VIII.        PENILAIAN
A.     Prosedur Test
-     Test awal (Preetest)               :     Tidak dilaksanakan
-     Test Proses                           :     Dilaksanakan
-     Test akhir (Post test)              :     Dilaksankan
B.     Jenis Test               :     Tulisan
C.     Bentuk Test            :     -     Isian
                                          -     Esay
D.    Alat Test                :     -     Soal (terlampir)
-         Kunci jawaban (terlampir)
-         Pedoman penskoran penilaian (terlampir)

PEDOMAN PENSKORAN PENILAIAN

No
Keterangan
Skor
Keterangan
1 - 5
Untuk kelompok I soal no 1 s/d 5
Jawaban benar
1


      Skor maksimum soal no 1 s/d 5
5

6

Soal no 6
Jawaban benar / sempurna
Jawaban kurang tepat
Jawaban sedikit kebenarannya

3
2
1


      Skor maksimum soal no 6
3

7
Jawaban benar
1


      Skor maksimum soal no 7
1

8
Jawaban lengkap dan benar
Jawaban hanya tiga yang benar
Jawaban hanya dua yang benar
Jawaban hanya satu yang benar
4
3
2
1


      Skor maksimum soal no 8
.4

9
Jawaban lengkap dan benar
Jawaban hanya tiga yang benar
Jawaban hanya dua yang benar
Jawaban hanya satu yang benar
4
3
2
1


      Skor maksimum soal no 9
4

10
Jawaban lengkap dan benar
Jawaban hanya dua yang benar
Jawaban hanya satu yang benar
3
2
1


      Skor maksimum soal no 10
3


            Jumlah skor maksimum untuk seluruh soal 20
               Nilai        =    skor perolehan x 10
                                       Skor maksimum



            Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas II





                                                                     , S.Pd
           NIP. 131142202                                                                      NIP. 131435005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar