SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : | ||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan | ||||||
yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1 | 1.1 Mempraktekkan gerak dasar | * Kasti, roundes | Siswa mampu melukakan : | 2 Jp | *KTSP 2006 | * Dilakukan selama | |
salah satu permainan bola | dan kipers | * Lempar bola kasti/rounders/kipers | * Lempar bola kasti/rounders/kipers | * Buku sumber | proses belajar me- | ||
kecil dengan koordinasi dan | * Menangkap bola kasti/rounders/kiper | * Menangkap bola kasti/rounders/kippers | ngajar berlangsung | ||||
kontrol yang baik dengan per- | * Memukul bola kasti/rounders/kippers | * Memukul bola kasti/rounders/kippers | (praktek) | ||||
aturan yang dimodifikasi ser- | * Melakukan permainan kasti/rounders/ | * Melakukan permainan kasti/rounders/kippers | |||||
ta nilai kerjasama, sportifitas, | kippers | ||||||
dan kejujuran | |||||||
1.2 Mempraktekan gerak dasar | * Sepakbola | Siswa mampu melakukan : | |||||
salah satu permainan bola | * Permainan sepakbola | * Permainan sepakbola | 2 Jp | * Dilakukan selama | |||
besar dengan koordinasi dan | * Bola basket | * Menendang dengan bola mendatar | * Menendang dengan bola mendatar | proses belajar me- | |||
kontrol yang baik dengan per- | * Menendang dengan bola melambung | * Menendang dengan bola melambung | ngajar berlangsung | ||||
aturan yang dimodifikasi ser- | * Menendang bola dengan kaki bagian | * Menendang bola dengan kaki bagian dalam | (praktek) | ||||
ta nilai kerja sama sportifitas | dalam | ||||||
dan kejujuran | * Menendang bola dengan kaki bagian | * Menendang bola dengan kaki bagian luar | |||||
* Melakukan permainan bola | luar | ||||||
basket/mendrible bola | * Menendang bola secara berpasangan | * Menendang bola secara berpasangan | |||||
* Operan dengan dua tangan | * Menggiring bola secara bergantian | * Menggiring bola secara bergantian kaki kiri | |||||
atau satu tangan | kaki kiri dan kaki kanan | dan kaki kanan | |||||
* Mengoper bola dengan satu | * Mengontrol bola dengan telapak kaki | * Mengontrol bola dengan telapak kaki | |||||
tangan | * Mengontrol bola dengan punggung ka- | * Mengontrol bola dengan punggung kaki | |||||
* Menangkap bola dengan sa- | ki | ||||||
tu tangan atau dua tangan | * Sepakbola | * Mengontrol bola dengan paha | * Mengontrol bola dengan paha | 2 Jp | * Dilakukan selama | ||
* Shooting bola ke arah ring | * Mengontrol bola dengan dada | * Mengontrol bola dengan dada | proses belajar me- | ||||
dan pantulan ke papan | * Bola basket | * Mengontrol bola dengan dahi | * Mengontrol bola dengan dahi | ngajar berlangsung | |||
* Bermain dengan permainan | * Permainan sederhana sepakbola de- | * Permainan sederhana sepakbola dengan per- | (praktek) | ||||
yang dimodifikasi | ngan peraturan yang dimodifikasi | aturan yang dimodifikasi | |||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : | ||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan | ||||||
yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
1.3 Mempraktekan gerak dasar | * Atletik | Siswa mampu melakukan : | |||||
salah satu permainan atletik | * Star jongkok | * Star jongkok | 1 Jp | * Dilakukan selama | |||
dengan koordinasi dan kon- | * Lari dengan jarak 50 - 100 meter | * Lari dengan jarak 50 - 100 meter | proses belajar me- | ||||
trol yang baik dengan peratu- | * Lompat jauh estafet | * Lompat jauh estafet | ngajar berlangsung | ||||
ran yang dimodifikasi serta | * Teknik dasar tolak peluru | * Teknik dasar tolak peluru | (praktek) | ||||
nilai kerjasama, sportifitas | * Lompat jauh | * Lompat jauh | |||||
dan kejujuran | * Latihan tri lomba | * Latihan tri lomba | |||||
* Lempar melambung | * Lempar melambung | ||||||
* Lempar datar | * Lempar datar | ||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas VI | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) | ||||||
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
2 | 2.1 Mengidentifikasi anggota tu- | * Komponen | Siswa mampu melakukan : | ||||
buh yang perlu dilatih untuk | kebugaran jas- | * Posisi duduk | * Posisi duduk | 2 Jp | * KTSP 2006 | * Dilakukan selama | |
memperbaiki postur | mani | * Posisi berdiri | * Posisi berdiri | * Buku sumber | proses belajar me- | ||
* Melakukan latihan otot tungkai lengan | * Melakukan latihan otot tungkai lengan | ngajar berlangsung | |||||
* Latihan otot-otot | * Latihan otot-otot | (praktek) | |||||
* Melakukan latihan kekuatan dengan | * Melakukan latihan kekuatan dengan beban | ||||||
beban | |||||||
* Latihan kekuatan | * Latihan kekuatan | ||||||
* Melakukan latihan-latihan kelenturan | * Melakukan latihan-latihan kelenturan togok | ||||||
togok dan kekuatan otot-otot besar | dan kekuatan otot-otot besar | ||||||
2.2 Mempraktekan berbagai lati- | * Budaya hidup | * | Siswa mampu melakukan : | ||||
han untuk memperbaiki cacat | sehat | * Merencanakan program latihan daya | * Merencanakan program latihan daya tahan se- | 1 Jp | * Dilakukan selama | ||
jasmani bukan bawaan serta | tahan secara individu | cara individu | proses belajar me- | ||||
nilai keselamatan, disiplin | * Latihan meningkatkan daya tahan | * Latihan meningkatkan daya tahan | ngajar berlangsung | ||||
dan kerja keras | * Melakukan aktivitas fisik dalam wak- | * Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu | (praktek) | ||||
tu tertentu | |||||||
* Melakukan lari jarak menengah me- | * Melakukan lari jarak menengah menempuh | ||||||
nempuh jarak 1 Km | jarak 1 Km | ||||||
* Menjelaskan pengaruh latihan daya | * Menjelaskan pengaruh latihan daya tahan ter- | ||||||
tahan terhadap kesehatan | hadap kesehatan | ||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : i | ||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) | ||||||
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
2.3 Mempraktekan jenis latihan | * Budaya hidup | Siswa mampu melakukan : | |||||
yang sesuai untuk memper- | sehat | * Melakukan latihan otot besar (push | * Melakukan latihan otot besar (push up, pull | 1 Jp | * Dilakukan selama | ||
tahankan dan memperbaiki | up, pull up, latihan menarik dan men- | up, latihan menarik dan mendorong) | proses belajar me- | ||||
postur tubuh serta nilai kese- | dorong) | ngajar berlangsung | |||||
hatan, disiplin dan kerja keras | (praktek) | ||||||
* Melakukan latihan kekuatan otot ta- | * Melakukan latihan kekuatan otot tangan, tung- | ||||||
ngan, tungkai perut dan bahu (duduk | kai perut dan bahu (duduk bersemedi, jalan | ||||||
bersemedi, jalan jongkok, melempar | jongkok, melempar ke depan dan belakang, | ||||||
ke depan dan belakang, sit up, back | sit up, back up) | ||||||
up) | |||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas VI | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana | ||||||
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
3 | 3.1 Mempraktekan pemanasan | * Senam lantai | Siswa mampu melakukan : | ||||
dan pendinginan sebelum | dan senam | * Permainan sederhana | * Permainan sederhana | 2 Jp | * KTSP 2006 | * Pengamatan | |
dan sesudah melakukan ak- | ketangkasan | * Melakukan berjalan dengan kedua | * Melakukan berjalan dengan kedua tangan, si- | * Buku sumber | |||
tivitas senam | tangan, sikap kaki diangkat teman | kap kaki diangkat teman | |||||
* Loncat-loncat di tempat dengan varia- | * Loncat-loncat di tempat dengan variasi di uda- | ||||||
si di udara melenting | ra melenting | ||||||
* Melakukan sikap gerakan keseimba- | * Melakukan sikap gerakan keseimbangan | ||||||
ngan | |||||||
3.2 Mempraktekan rangkaian se- | * Senam lantai | Siswa mampu melakukan : | |||||
nam lantai dan senam ke- | * Berguling ke depan dengan permula- | * Berguling ke depan dengan permulaan ber- | 1 Jp | * Pengamatan | |||
tangkasan dengan gerakan | an jongkok | jongkok | |||||
yang halus, jelas dan lancar | * Berguling ke depan dengan permula- | * Berguling ke depan dengan permulaan ber- | |||||
serta nilai percaya diri, disip- | an berdiri | diri | |||||
lin dan estetika | * Loncat kangkang tanpa awalan | * Loncat kangkang tanpa awalan | |||||
* Loncat kangkang dengan awalan | * Loncat kangkang dengan awalan | ||||||
* Loncat kangkang di atas peti lompat | * Loncat kangkang di atas peti lompat | ||||||
* Loncat jongkok di atas peti lompat | * Loncat jongkok di atas peti lompat | ||||||
* Berdiri bertumpu dengan kedua tela- | * Berdiri bertumpu dengan kedua telapak tang- | ||||||
pak tangan (hand stand) | an ( hand stand ) | ||||||
* Latihan sikap lilin | * Latihan sikap lilin | ||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas VI | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | : | ||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Mempraktekan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan dan beregu | ||||||
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
4 | 4.1 Mempraktekan rangkaian ge- | * Senam ritmik | Siswa mampu melakukan : | ||||
rak ritmik sederhana menggu- | * Menerapkan pola gerak lokomotor | * Menerapkan pola gerak lokomotor dan non lo- | 2 Jp | * KTSP 2006 | * Dilakukan selama | ||
nakan gerak jalan dan lompat | dan non lokomotor ke dalam gerak | komotor ke dalam gerak ritmik dengan baik | * Buku sumber | proses belajar me- | |||
secara berpasangan dan be- | ritmik dengan baik secara beregu | secara beregu | ngajar berlangsung | ||||
regu | * Mengkombinasikan pola gerak ritmik | * Mengkombinasikan pola gerak ritmik | (praktek) | ||||
4.2 Mempraktekan rangkaian ge- | * Senam lantai | Siswa mampu melakukan : | |||||
rak ritmik sederhana beregu | * Melakukan rangkaian senam SKJ | * Melakukan rangkaian senam SKJ | 2 Jp | * Dilakukan selama | |||
dengan kompak serta nilai | * Melakukan rangkaian senam AYO | * Melakukan rangkaian senam AYO BANGKIT | proses belajar me- | ||||
kerjasama dan estetika | BANGKIT | ngajar berlangsung | |||||
* Menyesuaikan gerak dengan irama | * Menyesuaikan gerak dengan irama | (praktek) | |||||
* Senam Bandung sehat | * Senam Bandung sehat | ||||||
* Senam Bandung bermartabat | * Senam Bandung bermartabat | ||||||
Jakarta, …………………………. | |||||||
Guru Kelas VI | |||||||
(…………………………………) | |||||||
SILABUS PEMBELAJARAN | |||||||
NAMA SEKOLAH | |||||||
MATA PELAJARAN | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | ||||||
KELAS/ SEMESTER | : 6 (Enam) / I | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | : Menerapkan budaya hidup sehat | ||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Aloksi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi/ Penilaian |
5 | 5.1 Mengenal bahaya narkoba | * Budaya hidup | Siswa mampu melakukan : | ||||
sehat | * Mengetahui obat-obatan terlarang | * Mengetahui obat-obatan terlarang | 1 Jp | * KTSP 2006 | * Tanya jawab | ||
* Arti narkoba | * Arti narkoba | * Buku sumber | * Tes tertulis | ||||
* Menuliskan jenis-jenis narkoba | * Menuliskan jenis-jenis narkoba | ||||||
* Menjelaskan bahaya pemakaian nar- | * Menjelaskan bahaya pemakaian narkoba | ||||||
koba | |||||||
5.2 Mengenal cara menghindari | * Budaya hidup | Siswa mampu melakukan : | |||||
bahaya narkoba | sehat | * Gejala-gejala pemakai narkoba | * Gejala-gejala pemakai narkoba | 1 Jp | * KTSP 2006 | * Tes tertulis | |
* Menjelaskan bahaya narkoba | * Menjelaskan bahaya narkoba | * Buku sumber | * Tes lisan | ||||
* Melaksanakan pemeliharaan hidup | * Melaksanakan pemeliharaan hidup sehat | ||||||
sehat | |||||||
* Melakukan pemeriksaan kesehatan | * Melakukan pemeriksaan kesehatan secara | ||||||
secara berkala | berkala | ||||||
* Menghindari pemakaian bersama alat | * Menghindari pemakaian bersama alat jarum | ||||||
jarum suntik | suntik | ||||||
* Bimbingan dan penyuluhan bahaya | * Bimbingan dan penyuluhan bahaya narkoba | ||||||
narkoba lewat media elektronik, me- | lewat media elektronik, media cetak dan ling- | ||||||
dia cetak dan lingkungan | kungan | ||||||
Kamis, 28 April 2011
SILABUS OLAHRAGA KELAS VI / I
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar