Kamis, 28 April 2011

RPP Matematika III / II Uang


RENCANA PEMBELAJARAN III

Mata pelajaran                   :     Matematika
Pokok Bahasan                  :     Uang
Sub Pokok Bahasan           :     Mengenal Mata Uang Sampai
                                                dengan 10.000
Kelas/Semester                  :     III/II
Alokasi Waktu                   :     2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Hari/tanggal                        :    


  I.            TUJUAN PEMBELAJARAN
A.           TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Siswa mampu menggunakan bilangan bulat sampai dengan 10.000 dalam perhitungan uang.
B.           TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Melalui penjelasan, tanya jawab, demonstrasi, serta penugasan siswa diharapkan dapat:
1.      Menyebutkan berbagai nilai mata uang sampai 10.000
2.      Menghitung nilai sekelompok mata uang yang beragam nilainya
3.      Menyelesaikan  soal cerita yang berhubungan dengan uang
4.      Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari tentang uang

II.            PROSES PEMBELAJARAN
A.           MATERI
·        Uang ada 2 macam yaitu uang kertas dan uang logam.
·        Berbagai nilai mata uang
Misalnya : Rp. 50,00 , Rp. 100,00, Rp. 500,00, Rp. 1.000,00, Rp 5.000,00, Rp.10.000,00
·        Menghitung jumlah sekelompok mata uang rupiah sampai Rp. 10.000,00
Misalnya :

                     500      +    5.000         +    1.000 = Rp. 7.500,00

B.           MEDIA / SUMBER
MEDIA               :     Berbagai jenis nilai uang rupiah (uang asli)
SUMBER           :     -     GBPP
-         Buku Matematika 3 Erlangga, hal 130-133
-         Buku-buku yang relevan



C.           METODA           :     -     Ceramah
-         Tanya Jawab
-         Demonstrasi
-         Penugasan

D.           CARA MEMOTIVASI SISWA
Non Verbal         :     Dengan isyarat seperti : memberikan senyuman, elusan, acungan jempol, anggukan, dll.
Verbal                 :     Dengan mengucapkan / kata-kata :
                                 Bagus, pintar, ya, tepat sekali, dll.

E.            PENGATURAN TEMPAT DUDUK
Berbanjar seperti biasa

F.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1.      Pra KBM (5 menit)
·        Memeriksa kesediaan alat tulis
·        Memeriksa kehadiran siswa
·        Memeriksa kebersihan
2.      Kegiatan Awal (5 menit)
A.     Appersepsi
·        Tanya jawab tentang gambar yang diperagakan guru
-         Apa yang dilakukan oleh Rina dan Andi
-         Rina ingin membeli 1 kg jeruk dengan harga Rp. 6.500,00, sedangkan uang Rina Rp. 10.000,00. Berapa kembalinya uang Rina?
B.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
-         Menyebutkan berbagai nilai mata uang  sampai 10.000
-         Menghitung nilai sekelompok mata uang yang beragam nilainya
-         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan uang.
-         Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari tentang uang.
3.      Kegiatan Inti (50 menit)
·        Siswa memperhatikan bermacam-macam nilai mata uang yang diperagakan guru.
·        Siswa membacakan serta menuliskan mata uang itu di papan tulis
·        Dua orang siswa disuruh maju ke depan
Yang satu mengambil berbagai macam nilai mata uang dan meletakkan dalam satu kelompok, sedangkan siswa yang satu lagi menghitung jumlah uang tersebut.
·        Tanya jawab tentang :
-         Sebutkan ciri-ciri masing-masing mata uang !
-         Nilai 3 lembar uang ratusan + 3 lembar uang ribuan. Berapakah jumlah uang semuanya ?
-         Mencongak :
Ahmad mempunyai uang Rp. 5.000,00 ia membeli rambutan 1 kg dengan harga Rp. 3.000,00
Berapakah sisa uang Ahmad?
·        Siswa mengerjakan LKS.               Terlampir
·        Mengoreksi LKS
·        Mengulang kembali menjelaskan materi yang masih kurang dipahami siswa.
4.      Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa dan guru menyimpulkan pelajaran (kesimpulan terlampir)
·        Evaluasi (terlampir pada materi)
·        Guru memberikan PR, serta informasi pelajaran yang akan datang.
·        Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan pesan moral
Anak-anak Ibuk semua, rajin-rajinlah belajar ! Tinggikan cita-citamu setinggi bintang di langit dan rendahkan lah hatimu, serendah mutiara di dasar lautan.
·        Do’a penutup

III.            EVALUASI
A.           Prosedur Test
-     Test awal (Preetest)            :     Tidak dilaksanakan
-     Test Proses                        :     Dilaksanakan
-     Test akhir (Post test)           :     Dilaksankan
B.           Jenis Test            :     Tulisan
C.           Bentuk Test         :     -     Isian
                                          -     Esay
D.           Alat Test             :     -     Soal (terlampir)
-         Kunci jawaban (terlampir)
-         Pedoman penskoran penilaian (terlampir)

                                                                                             Tanjung Pati, 19  Oktober 2010
                           Mengetahui                                                             Guru Kelas III
                        Kepala Sekolah



                     (                           )                                                       ACI ARLENI
                                                                                                                    
LAMPIRAN I

LAMPIRAN KERJA SISWA



  1.  Nilainya
        Rp………….




2.           Sebutkan nilai mata uang yang ada pada kolom di bawah ini!
Berapa rupiah nilainya?
       

3.     Sebutkan nilai mata uang di bawah ini!
Berapa rupiahkah nilainya?


  1.   Nilainya
        Rp…………


  1. Ani mempunyai tabungan sebanyak Rp. 6.000,00, kemudian Ayah memberinya sebanyak 6 keping uang seratusan, 3 keping uang ribuan. Berapa rupiahkah jumlah tabungan Ani semuanya ?


LAMPIRAN II

EVALUASI



1.         A. Sebutkan nilai mata uang yang ada pada kolom sebelah ini!
B.    Berapa rupiahkan jumlah nilai semuanya?

2.         Jumlah nilai uang keseluruhan pada gambar disamping adalah ………..

3.           Jumlah nilai uang keseluruhan pada gambar disamping adalaha …………

4.         Tomi diberi oleh ibunya 5 lembar uang ratusan dan 3 lembar uang ribuan. Berapa rupiahkah uang Toni semuanya?

  1. Sepulang dari pasar kakak menghitung uangnya ternyata tersisa  1 lembar  Rp. 5.000,00 dan 2 lembar Rp. 1.000,00, dan 7 keping Rp. 100,00. Berapa rupiahkah sisa uang kakak semuanya?

LAMPIRAN III

KUNCI JAWABAN

  1. a.   1 lembar uang 50, 100, 500, 1.000, 5.000
b.   Rp. 6.700,00

  1. Rp. 7.700,00
  2. Rp. 8.100,00
  3. Diketahui
5 lembar uang ratusan                  =                   500
3 lembar uang ribuan                    =                3.000
                                                          Rp. 3.500,00
Jadi uang Tomi semua                        Rp. 3.500,00
  1. Diketahui
1 lembar uang Rp. 5.000,00        =    Rp. 5.000,00
2 lembar uang Rp. 1.000,00        =    Rp. 2.000,00
7 keping uang Rp. 100,00            =       Rp. 700,00
                                                          Rp. 7.700,00
Jadi sisa uang kakak adalah                Rp. 7.700,00

LAMPIRAN IV

PEDOMAN PENSKORAN PENILAIAN
No
Keterangan
Skor
Ket
1
a. Jawaban yang lengkap dan benar
b. Jawaban kurang lengkap
2
1


            Skor maksimum soal no.1
2

2
a. Jawaban lengkap dan benar
b. Jawaban kurang lengkap
2
1


            Skor maksimum soal no. 2
2

3
a. Jawaban lengkap dan benar
b. Jawaban kurang lengkap
2
1


            Skor maksimum soal no. 3
2

4
a. Jawaban lengkap dan benar
b. Jawaban kurang lengkap
2
1


            Skor maksimum soal no. 2
2

5
a. Jawaban lengkap dan benar
b. Jawaban kurang lengkap
2
1


            Skor maksimum soal no. 2
2


            Jumlah skor maksimum untuk seluruh soal 10
           
               Nilai        =    skor perolehan x 10
                                       Skor maksimum



            Kepala Sekolah                                                                           Guru Kelas




          (                          )                                                                      ACI ARLENI
                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar