RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
II. Indikator :
- Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
- Siswa dapat menanggapi pernyataan.
- Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
- Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
III. Materi Pokok : Teks Penjelasan nara sumber
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Mendengarkan penjelasan.
o Menananggapi pernyataan.
o Menanggapi. penjelasan nara sumber.
o Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o Menceriterakan penjelasan nara sumber.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes lisan dan tertulis ( diserahkan ke guru sekolah)
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : I
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasa anggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
II. Indikator :
- Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
- Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi percakapan.
- Siswa dapat mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
- Siswa dapat memberikan saran dan pendapat terhadap persoalan dengan bahasa yang benar.
III. Materi Pokok : Teks percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Memperagakan percakapan.
o Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
o Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : I
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
II. Indikator :
- Siswa dapat membaca teks percakapan dengan lancer.
- Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
- Siswa dapat melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat.
III. Materi Pokok : Teks Percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas.
o Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes tertulis, lisan dan perbuatan
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : I
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar :
Menulis surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan serta menggunakan kata depan pada,sejak dan selama.
II. Indikator :
o Siswa dapat mengenal surat undangan.
o Siswa dapat melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan .
o Siswa dapat menulis surat undangan dengan benar.
o Siswa dapat menggunakan kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar.
o Sisswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan.
o Siswa dapat membuat kalimat dengan kata depan.
III. Materi Pokok : Teks Surat Undangan
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Mengenal surat undangan ulang tahun
o Melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan.
o Menulis surat undangan dengan benar.
o Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama.
o Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama.
o Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes tertulis dan portofolio
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
o Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
o Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
o Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar
III. Materi Pokok : Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Mendengarkan cerita rakyat.
o Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
o Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
o Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes lisan, tetlis dan portofolio
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.
II. Indikator :
o Siswa dapat menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar.
o Siswa dapat menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan.
III. Materi Pokok : Gambar ilustrasi
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan gambar ilustrasi.
o Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o Menceritakan isi gambar secara lisan.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes tertulis, lisan, portofolio/produk
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat..
II. Indikator :
o Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.
o Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan yang benar.
o Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat.
III. Materi Pokok : Teks puisi
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat.
o Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat.
o Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 2
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan.
II. Indikator :
o Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan gambar seri.
o Siswa dapat mengurutkan gambar seri yang benar.
o Siswa dapat menulis cerita yang utuh dan padu.
o Siswa dapat mengungkapkan kalimat harapan.
o Siswa dapat menentukan kalimat harapan.
III. Materi Pokok : Gambar Seri
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Memahami penulisan karangan berdasarkan gambar seri.
o Mengurutkan gambar seri dengan benar.
o Menulis cerita yang utuh dan padu berdasarkan gambar seri.
o Memahami kalimat yang mengungkap harapan.
o Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan.
o Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber yang benar.
o Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan penjelasan nara sumber yang didengar.
o Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o Siswa dapat melengkapi penjelasan dari nara sumberr.
III. Materi Pokok : Teks penjelasan nasa sumber
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o Melengkapi pernyataan berdasarkan nara sumber yang didengar.
o Menentukan atau memilihhal penting dari penjelasan nara sumber yang didengar.
o Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o Menanggapi penjelasan dari nara sumber.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar.
o Siswa dapat menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan.
o Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
- Siswa dapat menanggapi persoalan dengan memberikan pendapat dan saran berdasarkan gambar.
III. Materi Pokok : Teks percakapan dan gambar
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Memperagakan percakapan di depan kelas.
o Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks percakapan.
o Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit
II. Indikator :
o Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepatt.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
o Siswa dapat melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Membaca teks bacaan dengan cepat.
o Menjawab pertanyaan.
o Melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o Membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 3
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
Memahami penggunaan awalan ber-.
II. Indikator :
o Siswa dapat mengurutkan gambar dengan benar.
o Siswa dapat menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar.
o Siswa dapat mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita.
o Siswa dapat memahami arti awalan ber-.
o Siswa dapat membuat kalimat yang berawalan ber-.
III. Materi Pokok : Gambar Seri
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut.
o Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri.
o Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita.
o Memahami arti awalan ber-.
o Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang berawalan ber-.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Mengarang dan melaporkan hasil karangan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya..
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita.
o Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita yang didengar.
o Siswa dapat menjelaskan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
III. Materi Pokok : Teks cerita rakyat
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o Melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o Menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita rakyat yang didengar.
o Menentukan latar dan amanat cerita yang didengar.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara..
o Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
o Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
- Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.
III. Materi Pokok : Teks wawancara
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
o Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Melaporkan hasil kegiaan wawancara secara lisan dan tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat.
II. Indikator :
o Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
o Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
o Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.
III. Materi Pokok : Teks Percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Membaca teks percakapan secara berpasangan.
o Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
o Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Melaporkan isi percakapan tertulis dan lisan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 4
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan..
II. Indikator :
o Siswa dapat membaca surat pribadi secara cermat.
o Siswa dapat menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o Siswa dapat melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o Siswa dapat menulis surat pribadi.
III. Materi Pokok : Surat pribadi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Membaca surat pribadi dengan cermat.
o Menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o Melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan ejaan yang tepat.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Menulis surat undangan ulang tahun sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan :
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami alur cerita dalam cerita rakyat.
o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o Siswa dapat mengisi table alur cerita secara kelompok.
- Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri
III. Materi Pokok : Teks Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami unsure alur dalam cerita rakyat.
o Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o Menjawab pertanyaan secara lisan.
o Mengisi table alur cerita rakyat secara kelompok.
o Menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan :
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
o Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
o Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
o Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.
III. Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Kunjungan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami laporan hasil kunjungan.
o Membuat laporan hasil kunjungan.
o Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
o Menanggapi isi laporan kunjungan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membacakan laporan hasil kunjungan/pengamatan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
II. Indikator :
o Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
o Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
- Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
III. Materi Pokok : Teks Puisi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Mencari puisi yang bertemakan pahlawan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 5
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.
Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar.
o Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai.
o Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas.
o Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
o Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ).
III. Materi Pokok : Teks dialog
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami dialog atau percakapan.
o Melengkapi dialog yang belum selesai.
o Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o Memperagakan dialog di depan kelas.
o Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
o Menggunakan tanda titik dua ( : ).
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membacakan dialog yang ditulisnya
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang dibacakan
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o Siswa dapat mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o Siswa dapat menceriterakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri.
III. Materi Pokok : Teks Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o Menjaawab pertanyaan secara lisan.
o Mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o Menceriterakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk : v
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat memperagakan percakapan.
o Siswa dapat hal-hal yang penting yang dibacakan.
o Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
III. Materi Pokok : Teks Wawancara
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Memperagakan wawancara.
o Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan.
o Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o Melakukan wawancara dengan nara suber.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Melakukan wawancara dengan narasumber
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
II. Indikator :
o Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan .
o Siswa dapat meringkas teks bacaan.
o Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.
III. Materi Pokok : Teks Bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Membaca bacaan dengan lafal dan informasi yang tepat.
o Menjawab pertanyaan.
o Meringkas teks bacaan.
o Menentukan gagasan utama bacaan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan :
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 6
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : . Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.sertam menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat
II. Indikator :
o Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
o Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
o Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
o Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! )
III. Materi Pokok : Teks Dialog
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
o Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
o Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o Memperagakan dialog yang dibuat.
o Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o Membuat kalimat seru.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan :
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis :
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan nara sumber.
o Siswa dapat hal-hal pentingdari penjelasan yang didengarkan.
o Siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o Siswa dapat menanggapi isi penjelasan.
III. Materi Pokok : Teks penjelasan nara sumber
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o Mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan nara sumber.
o Mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o Menanggapi isi penjelasan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat memperagakan wawancara dengan benar.
o Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o Siswa dapat wawancara dengan nara sumber.
o Siswa dapat melaporkan hasil wawancara dengan baik..
III. Materi Pokok : Teks wawancara
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memperagakan wawancara.
o Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membacakan hasil wawancara dengan narasumber
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
II. Indikator :
o Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
o Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
- Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
III. Materi Pokok : Teks Puisi
IV. Pengalaman Belajar :
A .Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
A. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 7
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.
Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar.
o Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai.
o Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas.
o Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
o Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ).
III. Materi Pokok : Teks dialog
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami dialog atau percakapan.
o Melengkapi dialog yang belum selesai.
o Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o Memperagakan dialog di depan kelas.
o Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
o Menggunakan tanda titik dua ( : ).
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Menuliskan dialog dan mempergakan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan : v
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan nara sumber.
o Siswa dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o Siswa dapat menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.
III. Materi Pokok : Teks Penjelasan Nara Sumber
IV. Pengalaman Belajar :
- Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
- Kegiatan Inti :
o Mendengarkan penjelasan dari nara sumber.
o Menjaawab pertanyaan berdasarkan penjelasan dari nara sumber.
o Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o Menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.
- Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa.
II. Indikator :
o Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas.
- Siswa dapat menjelaskan masalah atau peristiwa dengan menjawab pertanyaan.
III. Materi Pokok : Teks Percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
Kegiatan Inti :
o Memperagakan percakapan di depan kelas.
o Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Memperagakan dialog secara berpasangan /kelompok
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A Lisan : V
B Perbuatan : V
C Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : V
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
II. Indikator :
o Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib.
o Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tata tertib.
o Siswa dapat menulis teks tata tertib sekolah.
o Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.
III. Materi Pokok : Teks Tata Tertib Sekolah
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Membaca sekilas tata tertibt.
o Menjawab pertanyaan berdasarkan tata tertib.
o Menjelaskan isi tata tertib.
o Menulis tata tertib sekolah.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : V
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : V
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 8
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
II. Indikator :
o Siswa dapat menentukan judul karangan.
o Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o Siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
o Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.
III. Materi Pokok : Teks Karangan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Menentukan judul karangan.
o Melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o Membaca karangan yang dibuat sendiri.
o Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membacakan hasil karangan di depan kelas
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : V
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : V
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENDENGARKAN
1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.
II. Indikator :
o Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o Siswa dapat menentukan unsure-unsur cerita.
o Siswa dapat menyampaikan amanat/pesan cerita secara lisan.
- Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.
o Siswa dapat menulis tanggapan mengenai isi cerita rakyat.
III. Materi Pokok : Teks Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar :
Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
Kegiatan Inti :
Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
Menentukan unsure-unsur cerita.
Menyampaikan amanat/pesan cerita yang didengar.
Menceriterakan kembali cerita yang didengar.
Menulis tanggapan mengenai cerita rakyat yang didengar.
Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
V. Metode/Sumber Belajar :
Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan : v
B. Perbuatan :
C. Proyek : v
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
BERBICARA
1. Kompetensi Dasar : Menanggapi persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
II. Indikator :
o Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
o Siswa dapat menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o Siswa dapat memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.
III. Materi Pokok : Teks Percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
C. Kegiatan Inti :
o Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas.
o Menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.
D. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Memperagakan percakapan secara berpasangan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
Lisan : v
Perbuatan :
Proyek :
Produk :
Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MEMBACA
1. Kompetensi Dasar : Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat.
II. Indikator :
o Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat.
o Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o Siswa dapat membuat puisi dan membacanya.
o Siswa dapat menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.
III. Materi Pokok : Teks Puisi Anak
IV. Pengalaman Belajar :
Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o Membuat puisi dan membacanya.
o Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Membacakan puisi hasil karangan sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
Lisan : v
Perbuatan : v
Proyek :
Produk :
Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 9
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
MENULIS
1. Kompetensi Dasar : Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
II. Indikator :
o Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
III. Materi Pokok : Teks Undangan Resmi
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal :
o Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti :
o Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o Melengkapi surat undangan dengan tepat.
C. Kegiatan Akhir :
o Mengerjakan soal-soal latihan
o Menulis surat undangan
V. Metode/Sumber Belajar :
A. Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B. Sumber Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
VI. Penilaian :
A. Lisan :
B. Perbuatan :
C. Proyek :
D. Produk :
E. Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi Guru Kelas V
Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd CAECILIA SUJILAH
NIP : 130 474 859 NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar