Kamis, 28 April 2011

RPP BAHASA V / I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

II.  Indikator                              :          
          • Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
          • Siswa dapat menanggapi pernyataan.
          • Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
          • Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.

III. Materi Pokok                      :  Teks Penjelasan nara sumber

IV. Pengalaman Belajar :

A.     Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :


o        Mendengarkan penjelasan.
o        Menananggapi pernyataan.
o        Menanggapi. penjelasan nara sumber.
o        Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o        Menceriterakan penjelasan nara sumber.

C.     Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :  Tes lisan dan tertulis ( diserahkan ke guru sekolah)

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : I
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                :   Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran  pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasa anggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

II.  Indikator                              :
          • Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
          • Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi percakapan.
          • Siswa dapat mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
          • Siswa dapat memberikan saran dan pendapat terhadap persoalan dengan bahasa yang benar.  

III. Materi Pokok                      :  Teks percakapan


IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Memperagakan percakapan.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o        Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
o        Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan.

  1. Kegiatan Akhir  :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             : Tes lisan dan tertulis

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : I
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                       :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :   Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

II.  Indikator                              :
          • Siswa dapat membaca teks percakapan dengan lancer.
          • Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
          • Siswa dapat melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat.

III. Materi Pokok                      :  Teks Percakapan


IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o        Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun
  1. Kegiatan Akhir  :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             : Tes tertulis, lisan dan perbuatan

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  I
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  
Menulis surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan serta menggunakan kata depan  pada,sejak dan selama.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mengenal surat undangan.
o        Siswa dapat melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan .
o        Siswa dapat menulis surat undangan dengan benar.
o        Siswa dapat menggunakan kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar.
o        Sisswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan.
o        Siswa dapat membuat kalimat dengan kata depan.          
III. Materi Pokok                      :  Teks Surat Undangan
IV. Pengalaman Belajar             :
  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Mengenal surat undangan ulang tahun
o        Melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan.
o        Menulis surat undangan dengan benar.
o        Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama.
o        Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama.
o        Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar.

  1. Kegiatan Akhir  :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :  Tes tertulis dan portofolio

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V




Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 2
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar

II.  Indikator                              :          
o        Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
o        Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
o        Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
o        Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar      
III. Materi Pokok                      : Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Mendengarkan cerita rakyat.
o        Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
o        Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
o        Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.


  1. Kegiatan Akhir  :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             : Tes lisan, tetlis dan portofolio

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 2
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                :  menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar.
o        Siswa dapat menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o        Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan.
           

III. Materi Pokok                      :  Gambar ilustrasi


IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan gambar ilustrasi.
o        Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o        Menceritakan isi gambar secara lisan.

  1. Kegiatan Akhir  :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :  Tes tertulis, lisan, portofolio/produk

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 2
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat..
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.
o        Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan yang benar.
o        Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat.

III. Materi Pokok                      : Teks   puisi


IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat.
o        Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat.
o        Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat.
  1. Kegiatan Akhir  :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  2
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis karangan berdasarkan pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan  penggunaan  ejaan. Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan gambar seri.
o        Siswa dapat mengurutkan gambar seri yang benar.
o        Siswa dapat menulis cerita yang utuh dan padu.
o        Siswa dapat mengungkapkan kalimat harapan.
o        Siswa dapat menentukan kalimat harapan.
III. Materi Pokok                      : Gambar Seri
IV. Pengalaman Belajar             :
  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Memahami penulisan karangan berdasarkan gambar seri.
o        Mengurutkan gambar seri dengan benar.
o        Menulis cerita yang utuh dan padu berdasarkan gambar seri.
o        Memahami kalimat yang mengungkap harapan.
o        Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan.
o        Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan.
  1. Kegiatan Akhir  :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V





Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 3
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan   memperhatikan santun berbahasa.



II.  Indikator                              :          
o        Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber yang benar.
o        Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan penjelasan nara sumber yang didengar.
o        Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o        Siswa dapat melengkapi penjelasan dari nara sumberr.    
III. Materi Pokok                      : Teks penjelasan nasa sumber
IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o  Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o  Melengkapi pernyataan berdasarkan nara sumber yang didengar.
o  Menentukan atau memilihhal penting dari penjelasan nara sumber yang didengar.
o  Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o        Menanggapi penjelasan dari nara sumber.
  1. Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             : Tes lisan dan tertulis

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 3
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                :  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar.
o        Siswa dapat menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan.
o        Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
          • Siswa dapat menanggapi persoalan dengan memberikan pendapat dan saran berdasarkan gambar.

III. Materi Pokok                      :  Teks percakapan dan gambar


IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Memperagakan percakapan di depan kelas.
o        Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks percakapan.
o        Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.

  1. Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 3
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepatt.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
o        Siswa dapat melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o        Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca
III. Materi Pokok                      : Teks   bacaan

IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Membaca teks bacaan dengan cepat.
o        Menjawab pertanyaan.
o        Melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o        Membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca.
  1. Kegiatan Akhir  :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  3
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan  penggunaan  ejaan.
                                                         Memahami penggunaan awalan ber-.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mengurutkan gambar dengan benar.
o        Siswa dapat menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar.
o        Siswa dapat mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita.
o        Siswa dapat memahami arti awalan ber-.
o        Siswa dapat membuat kalimat yang berawalan ber-.
III. Materi Pokok                      : Gambar Seri
IV. Pengalaman Belajar             :
  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut.
o        Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri.
o        Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita.
o        Memahami arti awalan ber-.
o        Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang berawalan ber-.

  1. Kegiatan Akhir  :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Mengarang dan melaporkan hasil karangan

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V





Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 4
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya..



II.  Indikator                              :          
o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita.
o        Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita yang didengar.
o        Siswa dapat menjelaskan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.    
III. Materi Pokok                      : Teks cerita rakyat
                                
IV. Pengalaman Belajar :

A.     Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                                                                 :
o        Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o        Menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita rakyat yang didengar.
o        Menentukan latar dan amanat cerita yang didengar.

C.     Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 4
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara..
o        Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
          • Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.

III. Materi Pokok                      : Teks wawancara

IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
o        Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
o        Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o         Melaporkan hasil kegiaan wawancara secara lisan dan tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 4
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
o        Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
o        Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.

III. Materi Pokok                      : Teks   Percakapan

IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Membaca teks percakapan secara berpasangan.
o        Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
o        Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Melaporkan isi percakapan tertulis dan lisan

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  4
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll)   dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan..

II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat membaca surat pribadi secara cermat.
o        Siswa dapat menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o        Siswa dapat melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o        Siswa dapat menulis surat pribadi.
III. Materi Pokok                      :  Surat pribadi
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Membaca surat pribadi dengan cermat.
o        Menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o        Melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o        Menulis surat pribadi dengan memperhatikan ejaan yang tepat.
C.     Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Menulis surat undangan ulang tahun sendiri

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            :
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V






Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 5
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                       :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami alur cerita dalam cerita rakyat.
o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Siswa dapat mengisi table alur cerita secara kelompok.
          • Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri
III. Materi Pokok                      : Teks Cerita Rakyat     
IV. Pengalaman Belajar :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami unsure alur dalam cerita rakyat.
o        Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o        Menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Mengisi table alur cerita rakyat secara kelompok.
o        Menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.

C.     Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan    :
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 5
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
o        Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
o        Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
o        Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.

III. Materi Pokok                      : Teks Laporan Hasil Kunjungan
IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami laporan hasil kunjungan.
o        Membuat laporan hasil kunjungan.
o        Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
o        Menanggapi isi laporan kunjungan.
C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membacakan  laporan hasil  kunjungan/pengamatan

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 5
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
o        Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
          • Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
III. Materi Pokok                      : Teks   Puisi
IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
o        Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Mencari puisi yang bertemakan pahlawan

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  5
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.
 Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.


II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar.
o        Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas.
o        Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
o        Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ).
III. Materi Pokok                      : Teks dialog
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami dialog atau percakapan.
o        Melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Memperagakan dialog di depan kelas.
o        Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
o        Menggunakan tanda titik dua ( : ).

C.     Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membacakan dialog yang ditulisnya

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V



Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 6
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang dibacakan



II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Siswa dapat mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o        Siswa dapat menceriterakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri.
           
III. Materi Pokok                      :  Teks Cerita Rakyat    
IV. Pengalaman Belajar :

A.     Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Menjaawab pertanyaan secara lisan.
o        Mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o        Menceriterakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca.

C.     Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          : v
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 6
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memperagakan percakapan.
o        Siswa dapat hal-hal yang penting yang dibacakan.
o        Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o        Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.


III. Materi Pokok                      : Teks Wawancara

IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal  :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Memperagakan wawancara.
o        Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan.
o        Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o        Melakukan wawancara dengan nara suber.

  1. Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Melakukan wawancara  dengan narasumber

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 6
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                : Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan .
o        Siswa dapat meringkas teks bacaan.
o        Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.
III. Materi Pokok                      : Teks   Bacaan
IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Membaca bacaan dengan lafal dan informasi yang tepat.
o        Menjawab pertanyaan.
o        Meringkas teks bacaan.
o        Menentukan gagasan utama bacaan.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            :
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  6
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                   : . Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.sertam menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat

II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
o        Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
o        Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o        Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
o        Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! )

III. Materi Pokok                      : Teks Dialog
IV. Pengalaman Belajar             :
  1. Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
o        Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
o        Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o        Memperagakan dialog yang dibuat.
o        Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Membuat kalimat seru.

  1. Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            :
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         :

VII.Skor Penilaian                     :

Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                                               Guru Kelas V


Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                                      CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                                       NIP  :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 7
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                :  Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mendengarkan nara sumber.
o        Siswa dapat hal-hal pentingdari penjelasan yang didengarkan.
o        Siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o        Siswa dapat menanggapi isi penjelasan.  
III. Materi Pokok                      :  Teks penjelasan nara sumber  
IV. Pengalaman Belajar :

A.     Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o        Mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan nara sumber.
o        Mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o        Menanggapi isi penjelasan.

C.     Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 7
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memperagakan wawancara dengan benar.
o        Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o        Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Siswa dapat wawancara dengan nara sumber.
o        Siswa dapat melaporkan hasil wawancara dengan baik..

III. Materi Pokok                      : Teks wawancara

IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memperagakan wawancara.
o        Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o        Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membacakan hasil wawancara dengan narasumber

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 7
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
o        Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
          • Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
III. Materi Pokok                      : Teks   Puisi
IV. Pengalaman Belajar             :

 A .Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B. Kegiatan Inti                   :
o        Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
o        Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

A.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  7
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta  perannya.
Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.


II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar.
o        Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas.
o        Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
o        Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ).
III. Materi Pokok                      : Teks dialog
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal                                                              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami dialog atau percakapan.
o        Melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Memperagakan dialog di depan kelas.
o        Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
o        Menggunakan tanda titik dua ( : ).

C.     Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Menuliskan dialog dan mempergakan

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     : v
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                                               Guru Kelas V



Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                                      CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                                       NIP  :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 8
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                : Menanggapi penjelasan nara sumber  (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o        Siswa dapat menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.
          
III. Materi Pokok                      :  Teks Penjelasan Nara Sumber
IV. Pengalaman Belajar             :

  1. Kegiatan Awal              :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
  1. Kegiatan Inti                 :
o        Mendengarkan penjelasan dari nara sumber.
o        Menjaawab pertanyaan berdasarkan penjelasan dari nara sumber.
o        Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o        Menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.

  1. Kegiatan Akhir              :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 8
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas.
          • Siswa dapat menjelaskan masalah atau peristiwa dengan menjawab pertanyaan.


III. Materi Pokok                      : Teks Percakapan

IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
Kegiatan Inti                       :
o        Memperagakan percakapan di depan kelas.
o        Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Memperagakan dialog secara berpasangan /kelompok

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.   Metode                                    :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.   Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A   Lisan                                  : V
B    Perbuatan                           : V
C  Proyek                                 :
D.   Produk                               :
E.   Tertulis                               : V

VII.Skor Penilaian                     :















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 8
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Menemukan gagasan  utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tata tertib.
o        Siswa dapat menulis teks tata tertib sekolah.
o        Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.

III. Materi Pokok                      : Teks   Tata Tertib Sekolah
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Membaca sekilas tata tertibt.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan tata tertib.
o        Menjelaskan isi tata tertib.
o        Menulis tata tertib sekolah.
C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : V
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : V

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  8
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.


II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat menentukan judul karangan.
o        Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o        Siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o        Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
o        Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.

III. Materi Pokok                      : Teks Karangan
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Menentukan judul karangan.
o        Melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o        Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o        Membaca karangan yang dibuat sendiri.
o        Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
C.     Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membacakan hasil karangan di depan kelas

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : V
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : V

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V




Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 9
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENDENGARKAN
1.  Kompetensi Dasar                : Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.

II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menentukan unsure-unsur cerita.
o        Siswa dapat menyampaikan amanat/pesan cerita secara lisan.
          • Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.
o        Siswa dapat menulis tanggapan mengenai isi cerita rakyat.
          
III. Materi Pokok                      : Teks Cerita Rakyat
IV. Pengalaman Belajar :

Kegiatan Awal                    :
     
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
Kegiatan Inti                       :
Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
Menentukan unsure-unsur cerita.
Menyampaikan amanat/pesan cerita yang didengar.
Menceriterakan kembali cerita yang didengar.
Menulis tanggapan mengenai cerita rakyat yang didengar.

Kegiatan Akhir                    :
                                   
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

V.  Metode/Sumber Belajar       :

Metode                               :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
Sumber Belajar                   :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            : v
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          : v
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :
                                                           








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  9
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


BERBICARA
1.  Kompetensi Dasar                : Menanggapi persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
o        Siswa dapat menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o        Siswa dapat memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.


III. Materi Pokok                      : Teks Percakapan

IV. Pengalaman Belajar             :

A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
C.   Kegiatan Inti                 :
o        Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas.
o        Menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o        Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.
     
D.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Memperagakan percakapan secara berpasangan

V.  Metode/Sumber Belajar       :

A.   Metode                                    :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.   Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

Lisan                                  : v
Perbuatan               :
Proyek                                :
Produk                                :
Tertulis                               : v

VII.Skor Penilaian                     :














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 9
Mata pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MEMBACA
1.  Kompetensi Dasar                :  Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat.
II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat.
o        Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o        Siswa dapat membuat puisi dan membacanya.
o        Siswa dapat menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.

III. Materi Pokok                      : Teks   Puisi Anak
IV. Pengalaman Belajar             :
Kegiatan Awal                    :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                                                                             :
o        Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o        Membuat puisi dan membacanya.
o        Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.

C.     Kegiatan Akhir              :
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Membacakan puisi hasil karangan sendiri

V.  Metode/Sumber Belajar       :  

A.     Metode                         :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.     Sumber Belajar             :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

Lisan                                  : v
Perbuatan                           : v
Proyek                                :
Produk                                :
Tertulis                               : v

VII.Skor Penilaian                     :
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      :  9
Mata pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  5 / Pertama
Standar Kompetensi      :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )


MENULIS
1.  Kompetensi Dasar                :  Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.


II.  Indikator                              :
o        Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o        Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.

III. Materi Pokok                      : Teks Undangan Resmi
IV. Pengalaman Belajar             :
A.     Kegiatan Awal              :
o        Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
o        Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
B.     Kegiatan Inti                 :
o        Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o        Melengkapi surat undangan dengan tepat.


C.     Kegiatan Akhir              :  
o        Mengerjakan soal-soal latihan
o        Menulis surat undangan

V.  Metode/Sumber Belajar       :
A.      Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
B.      Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

VI. Penilaian                             :

A.     Lisan                            :
B.     Perbuatan                     :
C.     Proyek                          :
D.     Produk                          :
E.      Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian                     :


Jakarta,………….2007
Mengetahui
Ka. SDN Cilandak Barat 14 Pagi                                                                       Guru Kelas V





Drs. SANUSI BUDI Ar,M. Pd                                                                          CAECILIA SUJILAH
NIP  :  130 474 859                                                                                           NIP  :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar