Kamis, 27 Oktober 2011

RPP SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                           : SMA N 1 Kecamatan Harau
Kelas / semester : X (sepuluh) /semester  1
Mata Pelajaran                : Fisika

Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisa besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Indikator
1.      Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
2.      Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
3.      Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding laju konstan


A.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian gerak melingkar
2.      Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mendeskripsikan besaran-besaran dalam gerak melingkar
4.      Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Berubah (GMB)
5.      Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
6.      Membedakan Gerak Melingkar Berubah (GMB) dengan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
7.      Menganalisis aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari
8.      Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar



B.     Materi Pembelajaran
Gerak melingkar dengan laju konstan

C.     Metode Pembelajaran
1.      Model              :  - Direct Intruction (DI)
   - Cooperative Learning
2.      Metode            : - Diskusi Kelompok
  - Observasi
  - Eksperimen

D.    Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.      Kegiatan Pendahuluan
·        Motivasi dan Apersepsi
- Sebutkan beberapa contoh gerak melingkar berubah dalam kehidupan sehari-hari.
- Sebutkan ciri - ciri gerak melingkar

·        Prasyarat pengetahuan
- Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
- Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?

b.      Kegiatan Inti
·        Guru membimbing peserta didik dalam membentuk kelompok
·        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak melingkar.
·        Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai gerak melingkar
·        Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·        Guru menanggapi hasil kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar
·        Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·        Guru menanggapi hasil kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·        Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
·        Peserta didik memperhatikan contoh soal kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
·        Guru memberikan beberapa soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut.
·        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudahb benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.       Kegiatan Penutup
·        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
·        Peserta didik(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
·        Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.      Kegiatan Pendahuluan
·        Motivasi dan Apersepsi
- Sebutkan beberapa contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengapa ketika kendaraan melewati jalanan yang melengkung,supir harus hati-
  hati dan       mengurangi kecepatan mobilnya??
·        Prasyarat pengetahuan
- Apa syarat terjadinya gerak melingkar beraturan?
- Berapakah batas kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang melengkung?
b.      Kegiatan Inti
·        Guru membimbing peserta didik dalam membentuk kelompok
·        Peserta didik (dibimbing oieh guru) mendiskusikan gerak melingkar beraturan.
·        Peserta didik dalam setiap kelompoknya mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya mengenai gerak melingkar beraturan
·        Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·        Guru menanggapi hasil kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·        Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru.
·        Peserta didik memperhatikan contoh soal percepatan sentripetal yang disampaikan oleb guru
·        Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan sentripental
·        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·        Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi, laju kendaraan dijalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru
·        Guru memberikan beberapa soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi laju kendaraan dijalan yang melengkung.
·        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.       Kegiatan Penutup
·        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
·        Peserta didik(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
·        Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA
a.      Kegiatan Pendahuluan
·        Motivasi dan Apersepsi
-         Sebutkan beberapa contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari- hari.
-         Sebutkan dua percepatan yang dimiliki benda yang mengalami gerak melingkar berubah beraturan?
·        Prasyarat pengetahuan
-          Apa syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan?
-         Apakah perbedaan antara percepatan sentripental dan percepatan tangensial?
b.      Kegiatan Inti
·        Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak melingkar berubah beraturan.
·        Peserta didik dalam setiap kelompoknya mendiskusikan karakteristlk dan syarat terjadinya mengenai gerak melingkar berubah beraturan
·        Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
·        Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara gerak melingkar beraturan dengan gerak melingkar berubah beraturan.
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·        Guru menanggapi hasil kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·        Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru.
·        Peserta didik memperhatikan contoh soal percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang disampaikan oleh guru
·        Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut.
·        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.       Kegiatan Penutup
·        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
·        Peserta didik(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
·        Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KEEMPAT

a.      Kegiatan Pendahuluan
·        Motivasi dan Apersepsi
-         Sebutkan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.

·        Prasyarat pengetahuan
-         Bagaimana penerapan gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari?

·        Pra eksperimen
-         Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium
b.      Kegiatan Inti
         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar